Tiket dan aktivitas Museum Kereta Api - WisataHits
wisatahits

Tiket dan aktivitas Museum Kereta Api

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa: Rp 10.000 – Rp 100.000 Jam Buka: 08:00 – 16:00 Telp. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50614

Ambarawa, ibu kota kuno Semarang, menawarkan wisata edukasi yang menarik. Artinya Museum Kereta Api Ambarawa, tempat belajar sejarah perkeretaapian. Tak heran museum ini menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah.

Awalnya, tempat ini adalah stasiun kereta api yang berfungsi. Namun karena banyaknya jalur yang rusak, stasiun ini diubah menjadi museum kereta api. Jadi, selain liburan, pengunjung juga bisa menimba banyak ilmu.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung harus membayar tiket masuk sesuai dengan usia mereka.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa
Tiket masuk dewasa Rp20.000
Tiket masuk anak usia 3-12 tahun dan pelajar Rp 10.000
Tiket masuk turis internasional Rp 30.000
Tiket masuk kereta wisata reguler Rp 100.000

Baca: Wisata Sejarah Lengkap Monumen Palagan Ambarawa

Informasi pengunjung harus memperhatikan:

  • Hormati protokol kesehatan yang berlaku di ruang museum.
  • Tunjukkan sertifikat vaksinasi kepada staf.
  • Anak-anak di bawah 12 tahun dapat mengunjungi asalkan orang tua atau wali mereka telah divaksinasi.

Jam Buka Museum Kereta Api Ambarawa

Jam buka tempat wisata ini mulai pukul 08:00 hingga 16:00 setiap hari. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari, weekdays dan weekend.

Jam buka
Senin minggu 08.00 – 16.00 WIB

Aktivitas Tamasya di Museum Kereta Api Ambarawa

Halaman depan Museum Kereta Api AmbarawaHalaman depan gedung museum. Foto: google.maps/Cahyo Nugroho

Wisatawan yang datang ke sini bisa belajar banyak tentang sejarah perkeretaapian. Apalagi bagi yang menyukai moda transportasi kereta api, pasti akan menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas wisata menarik yang tersedia.

Baca: Tiket Masuk KOPENG TOURIST PARK dan Aktivitas Seru

1. Wisata Kereta Edukasi

Karena berlibur di tempat-tempat bersejarah, pengunjung pasti akan menambah pengetahuannya setelah kembali dari sini. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah kereta api Indonesia, trek dan replika kereta api. Tak hanya itu, Museum Kereta Api Ambarawa juga memajang alat kereta putar.

Objek ini juga memiliki berbagai pemberhentian yang datang dari berbagai daerah. Hal ini untuk memastikan bahwa tempat penampungan lama tetap dipertahankan. Dengan demikian, pengunjung akan semakin mencintai kereta api Indonesia.

Karena identik dengan sejarah, museum ini juga menawarkan perpustakaan. Ini disebut kereta perpustakaan. Dengan suasana yang sangat nyaman dipenuhi dengan buku-buku dari berbagai genre.

Baca: Tiket Masuk ICE CREAM WORLD Semarang dan 10 Spot Foto Unik

2. Koleksi lokomotif uap

Lokomotif uapLokomotif uap klasik. Foto: google.maps/Setyo Nugroho

Karena pada dasarnya museum, pasti identik dengan benda-benda masa lalu. Museum Kereta Api Ambarawa juga menampilkan beberapa lokomotif uap tua.

Lokomotif yang populer adalah lokomotif bernomor B2502, B 2503 dan B 5112. Selain itu, ada juga lokomotif seri B, C, D hingga tipe terbesar yaitu CC.

Baca: Keindahan Eling Bening Ambarawa Tiket Masuk dan Aktivitas

3. Kereta Api Antik

Di museum ini terdapat mesin pembuat tiket penumpang tua yang terlihat sangat besar. Diciptakan oleh Thomas Edmunson dan digunakan sejak tahun 1840. Di Indonesia, mesin ini digunakan untuk mencetak tiket kereta api kelas ekonomi hingga tahun 2009.

Selain itu, ada mesin hitung yang digunakan untuk mengetahui keuntungan kereta api. Ada juga beberapa jenis ponsel dari era yang berbeda. Dan ada juga telegraf, bel dan peluit kereta api untuk pejabat kereta api.

Baca: Tiket Masuk Museum Seni 3D Kota Tua Semarang dan Spot Foto Unik

Salah satu yang juga merupakan peninggalan masa lalu adalah roda gigi. Karena merupakan salah satu dari hanya tiga yang tersisa di dunia, itu unik. Dua di antaranya berada di Swiss dan India.

Rel bergigi juga menjadi salah satu hal yang menarik di sini. Bagaimana tidak, rel bergigi ini adalah satu-satunya yang masih aktif di Indonesia. Dan sekarang kereta masih berjalan dari museum kereta api.

4. Menara Ambarawa-Bendono

kereta uap wisataKereta uap digunakan untuk wisata tamasya. Foto: google.maps/wijayanto sh

Wisata Gunung Ambarawa Railway ini merupakan paket wisata menggunakan kereta uap. Rutenya adalah Ambarawa-Bedono (pp) dengan jarak 35 km. Dan Ambarawa-Tuntang (pp) dengan jarak 7 km.

Tentunya anda tidak akan bosan karena pemandangan alam yang sangat indah di sepanjang jalan. Ditemani dengan pemandangan Gunung Merbabu, Ungaran dan Telomoyo. Karena menggunakan kereta api tua, maka jalur yang digunakan juga merupakan jalur bergerigi.

Pengunjung dapat memesan tiket terlebih dahulu, untuk memastikan keberangkatan wisata ini. Karena wisata ini hanya akan dilakukan pada saat hari libur saja. Dan harganya juga bervariasi sesuai dengan fasilitasnya.

5. Tempat Foto Klasik

Museum Kereta Api Lokomotif C2001 AmbarawaLokomotif tua C2001 dari koleksi museum. Foto: google.maps/Reza Syahputra

Di museum ini juga terdapat berbagai tempat untuk selfie. Dengan desain yang unik, pengunjung dapat memilih versi foto terbaik. Beberapa tempat terbaik di sini adalah gerbong kereta, rel kereta api, perpustakaan, dan halte bus.

6. Belanja oleh-oleh

Apalagi di sini juga ada toko oleh-oleh yang wajib dikunjungi setelah puas mengunjungi Museum. Pengunjung dapat membeli kereta model sebagai oleh-oleh di Museum Kereta Api Ambarawa. Di sekitar museum ini terdapat hotel dan hostel dengan harga terjangkau.

Apalagi karena museum ini sudah terkenal, sering disewa untuk kegiatan. Diantaranya, pameran, rapat, pemotretan, pemotretan, festival, bazaar dan workshop.

Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas di sini cukup lengkap. Ada restoran untuk makan dan istirahat. Parkir mobil besar. Dan juga terdapat mushola serta toilet bagi pengunjung yang ingin beribadah.

Lokasi dan kontak

Museum ini tepatnya berada di Jalan Stasiun, Jl.Panjang Selatan No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan dengan menghubungi 0813 2570 9010 atau (0298) 591035.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button