PEMBANGUNAN SELATAN DIY: Gunungkidul minta uang untuk perbaikan jalan menuju Pantai Ngobaran - WisataHits
Yogyakarta

PEMBANGUNAN SELATAN DIY: Gunungkidul minta uang untuk perbaikan jalan menuju Pantai Ngobaran

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan mengusulkan penggunaan dana keistimewaan DIY untuk membangun jalan menuju destinasi wisata Pantai Ngobaran yang merupakan kawasan selatan DIY. APBD murni Gunungkidul tidak mampu menanggung beban ini karena besarnya anggaran yang harus mencapai puluhan miliar.

Irawan Jatmiko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul mengatakan, kelanjutan pembangunan jalur wisata Kepek dari Saptosari hingga Pantai Ngobaran diakui tidak bisa dilanjutkan tahun depan. Menurutnya, kapasitas anggaran masih sangat terbatas sementara penyelesaian rute tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 50 miliar.

“Saat ini kami sedang mengusulkan kesepakatan tentang dana hak istimewa. Mudah-mudahan tahun 2024 bisa disetujui penyelesaiannya,” ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Sementara itu, Gunungkidul akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp 15 miliar pada 2023, menutup batas tersebut untuk perbaikan dua ruas jalan. Namun diakuinya, penggunaan pada 2023 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena cap fokus pada pengembangan sektor pariwisata.

“Memang ada pedoman dan harus diikuti,” katanya.

Menurut Irawan, cap DAC fisik sebesar Rp 15 miliar akan digunakan untuk mendukung pembangunan jalan wisata di Nglanggeran, Patuk. Ruas lainnya untuk perbaikan ruas menuju destinasi wisata Kalisuci di Desa Polarejo, Semanu.

“Sudah disiapkan dan akan siap dikembangkan pada 2023,” katanya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button