10 Wisata Pantai Terindah di Gorontalo - WisataHits
wisatahits

10 Wisata Pantai Terindah di Gorontalo

10 Wisata Pantai Terindah di Gorontalo

Temukan berbagai pilihan wisata pantai yang indah di Gorontalo. Obyek wisata bahari eksotis, terindah dan terpopuler bisa Anda jelajahi untuk liburan yang lebih berkesan.

Bermain di pantai menjadi pilihan liburan yang sangat cocok, karena destinasi wisata bahari selalu menjadi favorit hampir semua orang. Sebuah daerah yang memiliki wisata tepi laut dengan pemandangan yang indah dan menawarkan aktivitas seru yaitu Gorontalo.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang memiliki deretan pantai indah dan menawan yang tak kalah dengan daerah lainnya. Selain indah, destinasi wisata bahari di Gorontalo ini juga menawarkan banyak aktivitas seru dengan fasilitas yang memadai. Berikut daftar wisata pantai di gorontalo yang tidak boleh anda lewatkan.

1. Pantai Olele

Pantai OleleFoto: Google Maps/Ari Anto

Pantai pertama yang tidak boleh Anda lewatkan selama berlibur di Gorontalo adalah Pantai Olele. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya, bahkan kawasan tersebut dinamai Taman Laut Olele karena keindahannya. Dimana salah satu daya tarik utamanya adalah karang endemiknya.

Karang endemik dari Pantai Olele ini berbentuk seperti lukisan karya Salvador Dali. Inilah mengapa karang itu disebut karang Salvador Dali. Untuk melihat semua keindahan ini, banyak pengunjung yang melakukan snorkeling dan diving. Anda tidak perlu khawatir karena alat sudah disediakan dan bisa disewa di Pantai Olele.

Jika Anda tidak ingin menyewa peralatan snorkeling atau menyelam, Anda bisa berenang di dekat pantai. Ombak di Pantai Olele cenderung cukup tenang, sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya. Pemandangan dari atas lautan pun tidak kalah indahnya, dengan hamparan pasir putih yang lembut pantai ini menjadi objek wisata yang sangat bagus.

Harga tiket: Rp250.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Olele, Kec. Kabila Tulang, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

2. Pantai Kurenai

Pantai KurenaiFoto: Google Maps/Orang Alo (Endhy)

Berada tak jauh dari pusat kota Gorontalo, menjadikan Pantai Kurenai sebagai destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Selain lokasinya yang sangat strategis dan akses yang mudah, pemandangan pantai tunggal ini juga sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Pasir pantainya lembut, putih bersih, terbentang di sepanjang garis pantai yang cukup panjang untuk anak-anak berlari dari satu sisi ke sisi lain. Lalu ada juga beberapa pohon besar yang berdiri kokoh di pinggirnya, pohon ini sering digunakan pengunjung untuk mendirikan hammock sebagai tempat peristirahatan.

Selain hammock, terlihat juga banyak pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Kurenai. Pemandangan matahari terbenam dengan bayang-bayang merah jingga di atas laut di Pantai Kurenai sungguh menakjubkan. Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana matahari menghilang di balik laut lepas.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Botubarani, Kec. Kabila Tulang, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

3. Pantai Dunu

Pantai DunuFoto: Google Maps/Iskandar Bobihu

Pantai selanjutnya yang wajib anda kunjungi dan lihat keindahannya adalah Pantai Dunu. Pantai ini berada di kawasan Monano dan menjadi salah satu favorit kunjungan masyarakat setempat. Mirip dengan Pantai Kurenai, Pantai Dunu juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan ombak yang tidak terlalu besar dan cenderung tenang.

Sehingga disini anda bisa mengajak anak-anak anda untuk puas berenang, bermain air, bermain pasir, dan berlarian di sekitar pantai tanpa takut berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Selain itu, keindahan Pantai Dunu tidak lepas dari perbukitan yang ada di sekitar pantai. Bukit ini memberikan kesan pantai yang sejuk dan rindang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Monono, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

4. Pantai Tenilo

Pantai TenilaFoto: Instagram/Ciashu

Pantai Ratu Tenilo atau lebih sering disebut dengan Pantai Tenilo ini berada di kawasan Desa Tenilo dan merupakan salah satu tempat wisata bahari Gorontalo yang harus anda kunjungi. Tempat wisata yang dikelola oleh Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa ini menawarkan berbagai pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari panorama alam sekitar yang begitu indah, hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, hingga deretan pohon bakau di pinggir pantai. Semua keindahan ini menjadikan Pantai Tenilo sebagai salah satu tujuan wisata utama di kawasan ini. Apalagi dengan ombaknya yang cenderung tenang, pantai ini semakin terdesak.

Selain itu, Pantai Tenilo juga dikelola dengan sangat baik, di sini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini antara lain tempat pemancingan, persewaan perahu, villa untuk menginap yang tidak jauh dari pantai, toilet yang memadai dan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tenilo, Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo, Gorontalo.

5. Pantai Mananggu

Foto: Twitter/Windahtsu

Pantai Mananggu terletak di kawasan Desa Mananggu, dimana pantai ini belum begitu terkenal seperti pantai lainnya dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Meski keindahan yang ditawarkan destinasi yang satu ini tidak main-main, namun dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat wisata tersebut. Masyarakat sekitar merupakan pengunjung tetap pantai ini.

Nah, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata pantai yang memiliki suasana tenang dengan pemandangan yang indah, maka Pantai Mananggu adalah pilihan yang tepat. Selain itu di Pantai Mananggu sudah ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan dan minuman, jadi anda tidak perlu khawatir jika lapar atau haus di pinggir pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Mananggu, Kec. Mananggu, Kab. Boalemo, Gorontalo.

6. Pantai Bolihutuo

Pantai BolihutuoFoto: Facebook/Verawaty.mohi

Pantai selanjutnya yang tak kalah indah adalah Pantai Bolihutuo yang berada di kawasan Botumoito, sekitar 130 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Meski cukup terpencil, Anda tidak akan pernah menyesal mengunjungi pantai ini karena pemandangan dan keseruan yang ditawarkannya mungkin membuat Anda tidak ingin pergi.

Pasalnya selain memiliki suasana yang asri dan asri, Pantai Bolihutuo juga dilengkapi dengan fasilitas yang super lengkap. Mulai dari tempat makan, menginap dan permainan air yang bisa anda coba seperti perahu, perahu motor, sepeda air, dll. Jangan lewatkan tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut yang eksotis.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Trans Sulawesi, Bolihutuo, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo.

7. Pantai Botubarani

Foto: Instagram/Rachmad Hadjarati

Pantai Botubarani terletak di kawasan desa Botubarani, tidak jauh dari pusat kota Gorontalo, sekitar 30-40 menit. Destinasi ini dikenal dengan wisata bahari hiu paus karena di sini pengunjung bisa merasakan sensasi berlibur dan berenang bersama hiu paus. Meski cukup ekstrim, wisata ini memiliki peminat yang sangat banyak.

Hiu paus di Pantai Botubarani cukup jinak dan merupakan jenis hiu paus tutul. Selain dijinakkan, ada pemancing masyarakat setempat yang bersedia menjadi pemandu sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin merasakan serunya berenang bersama hiu paus. Untuk bertemu hiu paus ini, Anda harus menyewa perahu, karena hewan ini berjarak sekitar 200-300 meter dari bibir pantai.

Harga tiket: Rp45.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

8. Pantai Pasir Putih Leato

Pantai Pasir Putih LeatoFoto: Twitter/jagalaut

Destinasi wisata bahari di gorontalo berikutnya yang wajib anda kunjungi adalah pantai pasir putih Leato. Pantai ini berada di kawasan Leato dan memiliki segudang daya tarik yang mampu memikat hati siapapun yang melihatnya. Dari eksotisme pasir putih yang terbentang sejauh mata memandang, hingga air laut yang kontras dengan warna biru muda.

Selain jernih, ombak laut di Pantai Pasir Putih relatif tenang sehingga aktivitas snorkeling bisa dilakukan dengan santai. Banyak pengunjung yang melakukan aktivitas snorkeling dan diving, karena biota laut yang terdapat di objek wisata ini sangat indah. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving dari petugas yang ada di pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Leato Selatan, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo.

9. Rentang skala 2000

rentang skala 2000Foto: Facebook/Majid.godowiardjo

Pantai Tangga 2000 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rekreasi keluarga saat Anda berkunjung ke Gorontalo. Pantai ini tidak jauh dari pusat kota, bahkan Anda bisa menyewa kendaraan bento dan menempuh perjalanan hanya 20 menit. Kemudian anda akan sampai di kawasan Pantai Tangga 2000 yang menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Di Pantai Tangga 2000, selain menikmati keindahan yang ada di sekitar, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Seperti memancing, melihat panorama sunset yang sangat eksotis dan romantis, menyewa perahu untuk berkeliling kawasan, serta menikmati jagung bakar dan jajanan lainnya yang dijual di sekitar pantai bagi wisatawan yang datang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pohe, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo.

10. Pantai Boalemo yang Indah

Foto: Google Maps/Bang Nanstro

Terakhir ada Pantai Indah Boalemo yang menjadi salah satu andalan kunjungan di kawasan Boalemo. Pantai ini sangat indah dan memiliki panorama alam yang sangat menawan, dengan pasir lembut berwarna coklat eksotis yang terbentang di garis pantai yang sangat luas, Anda dan keluarga bisa bermain sepuasnya sepanjang hari sesuka hati.

Selain itu, jernihnya air laut yang biru bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain air dan berenang di waktu senggang, karena ombak di Pantai Indah Boalemo relatif tenang. Berbagai fasilitas juga disediakan untuk menambah keseruan kunjungan Anda ke objek wisata ini seperti sepeda air, perahu motor, alat snorkeling, rumah makan seafood, penginapan dengan fasilitas yang memadai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tapada, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo.

Bagi Anda penggemar wisata pantai, sayang sekali jika sederet pantai eksotik di Gorontalo belum pernah Anda kunjungi. Provinsi ini terkenal memiliki berbagai wisata alam yang indah termasuk wisata bahari. Selain indah, pantai ini juga dikelola dengan baik dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk Anda nikmati.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button