Pantai Mesra Gunung Kidul, pantai yang indah dengan tebing karang yang indah - WisataHits
wisatahits

Pantai Mesra Gunung Kidul, pantai yang indah dengan tebing karang yang indah

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Selama berwisata ke Yogyakarta, perhatian Anda akan langsung tertuju pada candi Borobudur, Prambanan, dan Malioboro. Padahal masih banyak destinasi wisata menarik selain 3 tempat tersebut. Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan dengan koleksi pantai terbanyak di Yogyakarta.

Salah satu pantainya yang indah adalah Pantai Mesra Gunung Kidul atau dikenal juga dengan Pantai Ngrawe. Pantai ini kini menjadi tujuan wisata favorit untuk berlibur.

Banyak wisatawan berbicara tentang keindahan alam dan keunikan pantai yang indah ini. Saking banyaknya wisatawan yang merekomendasikan pantai ini hingga Pantai Mesra Gunung Kidul baru-baru ini viral di media sosial.

Daya Tarik Pantai Mesra

Atraksi Pantai MesraKredit gambar: Google Maps Sidiq Firmanto

Keindahan alam yang dihadirkan destinasi wisata viral ini memang mampu menyilaukan mata semua orang yang melihatnya. Tak hanya panorama alam, pantai hits ini juga menawarkan konsep pantai yang berbeda dari pantai pada umumnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

1. Keindahan panorama pantai

Pantai Mesra Gunung Kidul telah menjadi primadona wisata pantai di antara sebagian besar koleksi wisata pantai milik Gunung Kidul. Keindahan alam yang ditawarkan pantai ini tidak ada duanya.

Pemandangan laut biru seluas mata memandang dengan hamparan pasir putih halus di sepanjang pantai tentunya menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Bebatuan di sekitar pantai semakin menambah nilai estetika pantai ini.

Pengunjung akan betah mengolah panorama alam yang indah ini. Pepohonan dan daun pandan-pandan tampaknya melengkapi kesempurnaan lukisan alam ini.

2. Gelombang Tenang

Bagi anda yang suka bermain air di pantai, pantai yang sejuk ini sangat cocok untuk anda. Ombak di pantai cantik ini cukup tenang sehingga sangat aman untuk bermain air bersama keluarga. Ombaknya yang tidak terlalu kuat bisa Anda gunakan sebagai tempat berendam dan bersantai di pantai ini.

3. Parkir di pantai

Berbeda dari yang lain, pantai ini memiliki konsep tersendiri yang semakin mempercantik panorama alam yang dimilikinya. Sebagian orang, saat diajak berlibur ke pantai, membayangkan pasir putih dan ombak pantai. Ketika Anda mengunjungi pantai, itu adalah pemandangan lain yang akan Anda temui.

Anda tidak hanya akan menjumpai pasir putih dan deburan ombak, namun Anda akan disuguhkan dengan pemandangan taman tepi pantai yang indah, hamparan rumput hijau yang luas seperti pemandangan taman pada umumnya.

Rerumputan hijau seperti karpet yang terbentang semakin dipercantik dengan bangku-bangku putih yang terhampar di taman. Adanya beberapa gazebo yang mengelilingi taman menambah kesan asri kawasan ini.

4. Tebing karang yang indah

Pantai Mesra tergolong objek wisataKredit gambar: Google Maps Ipong Kezia

Salah satu faktor yang membuat pantai ini viral di media sosial adalah besarnya tebing pantai ini. Tebing yang menjulang tinggi ini seolah memiliki lukisan yang begitu indah. Garis-garis itu tidak lain adalah sapuan ombak yang menghantam sisi-sisinya menciptakan karya seni yang indah.

Keunikan batu karang ini menjadikannya ikon Pantai Mesra. Tak heran jika pengunjung tetap berduyun-duyun mengabadikan momen dengan batu karang ini.

5. Temukan Foto Instagrammable

Keindahan dan keunikan pantai kecil ini tentu sayang jika tidak diabadikan. Pemandangan menakjubkan yang mengelilinginya tentu menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang mencari foto saat berkunjung ke pantai keren ini.

Anda akan menemukan berbagai spot foto yang siap memperindah hasil jepretan Anda, mulai dari pemandangan pantai biru, bebatuan eksotis hingga taman cantik. Pesona alam pantai hits ini pasti akan membuat foto Anda semakin estetik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit Gambar: Dolan Instagram

Lokasi destinasi wisata bahari ini cukup strategis karena cukup dekat dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron. Anda bahkan bisa singgah dulu di Pantai Kukup sebelum tiba di Pantai Mesra.

Pantai naik ini terletak di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari pantai sejuk ini ke pusat kota Gunungkidul tidak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 22 km saja. Sedangkan jarak dari pantai ke pusat kota Yogyakarta sekitar 62 km.

Jalan menuju destinasi wisata keren ini cukup mudah. Anda bisa mengendarai sepeda motor atau mobil untuk berkunjung ke sini.

Jika menggunakan mobil, perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Mesra memakan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan untuk pengendara sepeda roda dua membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1 jam 28 menit untuk mencapai tempat wisata tersebut.

Rute yang bisa anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta yaitu dari Imogiri lalu menuju ke Wonosaei, setelah itu anda menuju ke Panggang. Setibanya di Panggang, ikuti saja jalan Pantai Selatan menuju kawasan Ngepung.

Untuk memasuki kawasan pantai, Anda harus terlebih dahulu melewati gerbang pengambilan Pantai Baron dan membayar tiket di sana. setelah itu anda tinggal mengikuti rambu-rambu jalan yang membawa anda ke pantai indah ini.

Harga tiket masuk wisata pantai

Kredit Gambar: Google Maps yusfrie virgianto

Keindahan Pantai Mesra yang mempesona bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 untuk masuk dan menikmati keindahan alam di sini. Namun, harga tersebut belum termasuk fasilitas lainnya di pantai.

Anda tetap harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk sepeda motor. Dengan total Rp 15.000 atau Rp 13.000 Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas dan eksotisme yang ditawarkan pantai kecil ini, tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan harga murah.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Mesra

Aktivitas di Pantai MesraKredit gambar: Google Maps Ipong Kezia

1. Bermain pasir dan air

Hal yang paling seru saat berwisata pantai adalah bermain pasir dan air laut, membuat bangunan kerajaan dari pasir putih di laut pastinya sangat mengasyikkan, apalagi ditambah dengan bermain air bersama teman atau keluarga pasti akan menambah keseruan untuk liburan Anda.

Meski pantai cantik di Mesra ini cukup aman untuk aktivitas pantai, Anda tetap harus berhati-hati. Memang, ombak besar kadang terjadi saat kondisi laut sedang pasang, yang bisa membahayakan pengunjung.

2. Bersantai di taman

Bagi Anda yang tidak ingin basah kuyup, Anda juga bisa bersantai di taman yang ada di pantai ini. Bangku putih yang tersedia siap menemani momen relaksasi Anda. Angin sepoi-sepoi dari pantai akan membuat Anda semakin nyaman dan betah saat bersantai di tempat ini.

Gazebo yang mengelilingi taman sangat cocok untuk bersantai dan menikmati makanan ringan bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati makanan dan minuman ringan pasti akan menambah kehangatan disana.

Bagi Anda yang menyukai ketenangan, Anda bisa mencoba duduk di bangku taman sambil menikmati hijaunya rerumputan dan birunya pantai. Bersantai di taman hijau yang disuguhi keindahan laut yang begitu menawan, sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

3. Ambil foto Ria

Aktivitas Seru di Pantai MesraKredit gambar: Google Maps Nurhana Tri Utami

Eksotisme Pantai Mesra membuat wisatawan yang berkunjung berbondong-bondong untuk berfoto di sini. Setiap sudut pantai keren ini bisa kamu jadikan spot foto yang keren.

Selain pemandangan pantai yang indah, maskot pantai berupa tebing batu juga bisa Anda jadikan spot foto. Berpose dengan ikon wisata pantai yang sedang viral ini tentu akan membuat postingan Anda semakin sempurna.

Tak hanya itu, pemandangan taman di pinggir pantai juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto Anda. Berfoto di taman dengan laut di belakangnya akan membuat foto Anda berbeda dari yang lain.

4. Menikmati sunset dan sunrise

Pantai cantik yang terkenal dengan taman hijau dan terumbu karangnya ini juga memiliki pesona lain yang tak kalah cantik. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di atas Pantai Mesra pasti akan memukau siapa saja yang melihatnya.

Bagi Anda yang menyukai sunrise dan sunset, pantai viral ini wajib Anda kunjungi untuk menikmati keindahan fenomena aktivitas matahari yang dimilikinya. Anda akan terpesona dengan keindahan momen terbaik ini.

Saat matahari terbit dari ujung timur, air laut yang biru perlahan berubah menjadi jingga, menciptakan gradasi warna yang indah. Pancaran sinar matahari yang terik seakan mengembalikan energi dan semangat Anda untuk kembali beraktivitas.

Fenomena sunset yang dihadirkan pantai cantik ini juga tak kalah eksotis. Matahari yang perlahan tenggelam menghasilkan warna jingga yang seolah mengubah warna air laut, sehingga menambah keakraban suasana pantai indah ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di kawasan pantai MesraKredit gambar: Instagram, saya Sukacita

Pantai yang berkembang pesat ini dikelola dan dirawat dengan sangat baik, sehingga fasilitas yang ada di Cool Beach sangat memadai. Pantai Mesra ini memiliki tempat parkir yang cukup luas dan dekat dengan tempat wisata, sehingga anda tidak perlu bingung lagi mencari tempat parkir terdekat.

Pantai eksotis ini juga telah dilengkapi dengan bangku taman dan gazebo yang memudahkan Anda bersantai. Disini juga terdapat warung dan warung makan yang bisa anda kunjungi untuk mengisi perut setelah bermain di pantai.

Toilet disini memiliki jumlah yang memadai, selain itu kebersihan toilet juga terjaga. Wisata unik ini juga menawarkan mushola bagi Anda yang ingin beribadah. Tak hanya itu, pantai ini juga menawarkan akomodasi bagi Anda yang ingin nongkrong dan bermalam di sini.

Keindahan alam yang disuguhkan Pantai Mesra di Gunung Kidul memang mampu menyilaukan mata setiap orang yang melihatnya. Keindahan laut yang bersandingan dengan hijaunya taman menjadi sebuah kolaborasi yang begitu menawan dan akan memanjakan setiap pasang mata yang memandangnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button