GULTIK BLOK M Kuliner Legendaris Jakarta Selatan dengan harga murah - WisataHits
wisatahits

GULTIK BLOK M Kuliner Legendaris Jakarta Selatan dengan harga murah

GULTIK BLOK M Kuliner Legendaris Jakarta Selatan dengan harga murah

Harga menu Gultik Blok M: Rp 5.000 – Rp 20.000. Jenis menu: Masakan tradisional, makanan cepat saji, kopi dan teh. Jam buka: 17:00 WIB – 04:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Mahakam No.28, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 12130.

Jika anda berwisata di kota Jakarta Selatan khususnya di kawasan Blok M, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mampir ke salah satu kuliner legendaris yaitu Gultik Blok M. Gultik atau singkatan dari Gulai Bend Blok M sendiri sudah ada sejak tahun 1982. Jajanan kaki lima ini memang sudah menjadi ikon Blok M sendiri.

Selama ini warung mistis ini telah memanjakan perut banyak orang dari berbagai generasi. Kekhususannya terletak pada transportasi sederhana dengan kursi plastik untuk pengunjung. Makanan yang sangat digemari oleh anak-anak sekolah di sekitar Blok M dan Mahakam. Hal ini cukup masuk akal mengingat harga untuk satu porsinya sangat terjangkau yaitu hanya 10.000 saja.

Harga menu Gultik Blok M

Harga di Gultik memang cukup murah yaitu hanya 10.000 per porsi. Meski porsinya terbilang minim, namun banyak yang mengatakan porsinya cukup memuaskan. Karena itulah stand makanan ini sangat cocok untuk berkumpul bersama teman atau pasangan. Tapi kalau mau lebih kenyang bisa tambah 1 porsi atau ambil sate banyak.

Harga menu Gultik Blok M
Kari Sapi + Nasi satu porsi (campur) Rp 10.000
Kari Daging Sapi + Nasi (dipisah) Rp 20.000
Aneka sate Rp5.000
Minum Rp5.000

Baca: Menu Andalan Bakso Titoti Legendaris dengan Harga Terjangkau

Jam Buka Gultik Blok M

Sempat tutup di akhir pekan selama pandemi, kini Gultik mulai buka setiap hari. Gultik Blok M buka dari jam 5 sore sampai jam 4 pagi. Jika ingin menikmati makanan tanpa antre, datanglah pada hari kerja. Karena pada akhir pekan biasanya sangat ramai oleh anak kecil tempat bertemu.

Jam Buka Gultik Blok M
Setiap hari 17.00 WIB – 04.00 WIB

Pilihan menu Gultik Blok M

Menu Gultik memang tidak terlalu banyak, namun nyatanya masih banyak peminatnya. Khususnya menu gulai sapi yang mistis, dijamin bikin ketagihan. Selain itu, menu topping sate juga akan memperkaya cita rasa kari. Meski menunya cukup sederhana, Gultik telah tertanam dalam ingatan kolektif para pelanggannya.

Menu kari daging sapi

Kari sapi Gultik Blok Mgulai daging sapi. Foto: Google Maps/Irene Dyah Saraswati

Ini adalah primadona mitos Gultik Blok M, yaitu kari daging sapi. Menunya berisi nasi, kuah kari, bawang goreng, kerupuk dan 6-7 tusuk sate daging kecil. Namun tekstur daging sapinya sangat empuk, dan cita rasa kuahnya juga sangat terasa. Lalu ada juga beberapa kerupuk di kari daging sapi dan Anda bisa meminta lebih banyak.

Kerupuknya sendiri paling enak dicampur dengan kuah kari pedas. Kerupuk memang akan empuk, namun kuah panasnya bisa meresap ke dalam kerupuk. Kari sapi akan lebih nikmat jika ditambahkan 2-3 sendok sambal. Panasnya gulai sapi sangat cocok dengan hangatnya suasana saat berkumpul bersama teman-teman.

Baca: SATE MARANGI HAJI YETTY Harga terjangkau Banyak pilihan menu

Menu Kulit Sate

sate kulit sate dari kulit. Foto: Google Maps/Fatkur Rochim

Kalau makan kerupuk empuk lebih enak dengan kuah karinya, bukan dengan sate kulitnya. Sate kulit memiliki tekstur yang renyah dan gurih, namun tetap mudah dikunyah. Oleh karena itu lebih nikmat dikonsumsi sebagai pelengkap, atau bahkan sebagai pencuci mulut.

Meski begitu, porsi sate kulitnya tidak terlalu besar dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Mungkin hanya sekitar 5 kulit kecil, dan bisa habis dalam 2 gigitan. Namun, cukup masuk akal mengingat harganya yang hanya 5.000 dan rasanya yang enak.

Menu sate telur puyuh

sate telur puyuh Sate telur puyuh. Foto: Google Maps/Citra Fitri Lestari

Dari semua sate yang ada di Gultik, sate telur puyuh mungkin yang paling populer. Sate telur puyuh berisi 4 tusuk sate telur puyuh yang cukup besar. Berwarna coklat, sate telur puyuh ini rasanya agak manis.

Jika tidak suka manis bisa ditambahkan saus sambal atau dicampur dengan kari dan diaduk. Namun jika ingin lebih manis lagi, Anda bisa menambahkan kecap. Menurut beberapa review, sate telur puyuh ini populer karena lebih mengenyangkan dibanding sate lainnya.

Sate Ati Ampela Gultik Blok M

sate ampela hati sate ampela hati. Foto: Google Maps/Irene Dyah Saraswati

Menu sate lain yang tak kalah enak adalah sate ampela hati. Sate ati ampela biasanya berisi 4 tusuk sate, tepatnya 2 ati dan 2 ampela. Rasa hati cukup standar seperti hati dalam bubur. Namun ampela sangat enak dengan tekstur yang lembut.

Ukuran ampela hati cukup standar dan tidak sekecil kulit sate. Sate ini lebih enak dicampur dengan gulai dan dicampur dengan daging sapi. Perpaduan ati, ampela, daging, kuah kari dan sambal akan menciptakan cita rasa yang unik.

Kesehatan usus

sate usus sate usus. Foto: Google Maps/Dwi Setiawati

Sate terakhir dari Gultik Blok M adalah sate usus. Ukuran ususnya agak kecil dan tipis juga bisa habis dalam 2 gigitan. Meski begitu, ususnya tidak keras dan tetap mudah dikunyah.

sebotol teh

Setelah makan kari panas, akan lebih enak untuk minum teh kemasan dingin. Selain itu, udara malam di Jakarta tidak terlalu dingin sehingga teh dingin kemasan menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, air dan teh kemasan harganya 5000. Jadi lebih sepadan untuk teh botol.

Kemudahan

Karena merupakan jajanan kaki lima yang sederhana, tentunya fasilitasnya juga sederhana. Dijual di pinggir jalan, tempat duduk di sini cukup banyak meski sederhana dengan kursi plastik. Parkir juga tidak terlalu sulit jika membawa sepeda motor. Tapi kalau bawa mobil bisa parkir di mall sekitar Gultik.

Lokasi Gultik Blok M

Bahkan, ada sekitar 30 gultik di setiap sudut Blok M. Yang semakin menegaskan bahwa gultik memang ada di setiap sudut Blok M. Namun, salah satu gultik terbaik ada di depan Hanamasa. Tepatnya di Jl.Mahakam no 28, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button