Pantai Semilir, pantai pasir putih dengan pemandangan matahari terbenam Tuban yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Pantai Semilir, pantai pasir putih dengan pemandangan matahari terbenam Tuban yang menakjubkan

Pantai Semilir, pantai pasir putih dengan pemandangan matahari terbenam Tuban yang menakjubkan
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Berbicara tentang tempat wisata pantai di Indonesia akan sangat mengasyikkan bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan di pantai. Nah, salah satu pantai yang mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda adalah Pantai Semilir di Tuban. Pantai yang terletak di sebelah timur pulau Jawa ini menawarkan pemandangan yang sangat indah yang bisa anda nikmati.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak memberikan pesona pemandangan alam yang indah dan juga membuat pengunjung terpesona dengan keindahan alamnya. Apalagi wisata pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai Bali atau Lombok.

Pantai berpasir putih ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke pantai ini agar tidak mendapat kenalan kosong. Ada baiknya Anda membaca dan memahami penjelasan berikut ini.

Daya tarik pantai Semilir

Daya tarik pantai beranginKredit gambar: Google Maps Julian El Sanjaya

1. Sunset di Pantai Semilir

Di atas sudah dijelaskan bahwa Pantai Semilir berada di wilayah Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam pantai yang memanjakan mata Anda. Selain itu, daya tarik tersendiri bagi wisatawan adalah pesona matahari terbenam atau sunset yang sangat dinantikan karena pemandangannya luar biasa indah.

2. Pasir putih

Selain itu anda juga akan dapat melihat hamparan pasir putih yang sangat luas yang akan membuat anda terpukau. Jadi kamu bisa memanjakan mata dengan pasir putih yang sangat memanjakan mata.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Petunjuk Lokasi Pantai SemilirKredit gambar: Google Maps Julian El Sanjaya

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini dan tidak mengetahui jalan yang harus dilalui untuk menuju ke sana. Lokasi Pantai Semilir berada di Desa Socorejo tepatnya di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Lokasi pantainya sendiri berada di sebelah timur pelabuhan semen Gresik, sekitar 200 meter. Petunjuk arah berupa spanduk yang terletak di sebelah utara dimana anda akan menemukan tulisan ‘Pantai Semilir’. Ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda pilih ketika ingin mengunjungi pantai ini.

Untuk jalur pertama dari kota Tuban, jika anda kesana mulailah dengan lurus ke barat mengikuti jalan pantura menuju Semarang atau Rembang. Selanjutnya anda akan melewati kecamatan Jenu dan selanjutnya anda akan melewati pasar Jenu. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah barat hingga menemukan Koramil.

Jika Anda sudah berada di Koramil, Anda akan menemukan sebuah perempatan. Anda harus mengambil arah yang benar dan kemudian ikuti jalan utama sampai Anda tiba di Masjid Al-Mubarok. Lanjutkan berkendara ke Pantai Semilir lalu belok kanan di perempatan hingga melewati desa Rawasan.

Begitu sampai di ujung jalan desa, belok kiri dan jalan terus hingga menemukan desa remen. Ikuti semua petunjuk yang ada untuk sampai ke pantai yang menjadi tujuan Anda sebenarnya.

Destinasi wisata pantai ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 6 hingga 5 sore. Kawasan ini memiliki pesona sunset atau matahari terbenam yang sangat indah. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa datang lebih pagi atau pulang sore hari.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini anda hanya perlu membayar Rp 2.000 saja bagi anda yang mengendarai sepeda motor, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya Rp 5.000 dan itu sudah termasuk biaya parkir.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Semilir

Aktivitas seru di Pantai SemilirKredit gambar: Google Maps Peter Lasvera

Keindahan alam pantai Semilir yang juga memiliki berbagai aktifitas atau aktivitas yang bisa anda lakukan dikemudian hari jika ingin berkunjung.

1. Berenang

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di pantai adalah berenang. Jadi ketika Anda sampai di pantai, Anda akan menemukan telaga atau telaga kecil di area pantai. Danau ini tidak memiliki arus yang kencang, arusnya cukup tenang yang akan menjamin keamanan anak-anak saat berenang.

2. Bermain di pantai

Rasanya kurang lengkap jika menghabiskan liburan hanya dengan duduk-duduk. Jika Anda berada di Pantai Semilir, Anda harus mengambil kesempatan untuk bermain bersama keluarga. Anda bisa menyewa jasa outbond di Tuban tanpa harus membawa peralatan sendiri. Jadi Anda bisa bermain dengan layanan yang ditawarkan oleh pantai.

Salah satu permainan lain yang bisa Anda gunakan adalah bermain pasir bersama anak. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bagus, sehingga Anda akan sulit untuk menolak bermain pasir di pantai. Sehingga akan memberikan hiburan dan juga keceriaan untuk liburan keluarga anda.

3. Menikmati matahari terbenam

Anda yang ingin mengunjungi pantai pasir putih ini tentunya bisa bertahan hingga senja. Anda akan bisa mendapatkan pemandangan pada saat-saat matahari terbenam dengan keindahan yang cukup bagus. Diiringi dengan warna langit di pantai yang sangat mendukung, akan sangat indah untuk dilihat.

4. Kamp

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Semilir adalah berkemah. Mendirikan tenda kecil di pinggir pantai akan sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati keindahan dan ketenangan di malam hari. Anda bahkan mungkin melihat bintang jatuh jika beruntung.

Namun, untuk dapat berkemah di pantai tersebut, Anda harus melapor terlebih dahulu kepada pengelola pantai yang ada. Jangan hanya ingin berkemah dan langsung mendirikan tenda yang tidak ada hubungannya dengan pantai.

5. Nikmati makanan laut

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menikmati hidangan laut yang telah disajikan di sekitar pantai. Setelah menikmati waktu berenang dan bermain, Anda akan merasa lelah dan rasa lapar di tubuh Anda akan mulai menyerang. Untuk ini Anda tidak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak restoran di sekitar pantai.

Rasa makanannya juga enak dan tidak kalah nikmat dengan restoran-restoran ternama. Anda bisa mencicipi hidangan tersebut sambil memanjakan mata dengan pemandangan pantai yang indah. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba seafood yang disajikan di Pantai Semilir, Anda bisa langsung mencobanya.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai SemilirKredit gambar: Google Maps Hafidz Firmansyah

Demikian beberapa pembahasan yang dapat dipaparkan dalam artikel ini mengenai daya tarik pantai sehingga memberikan cukup banyak peminat yang ingin berkunjung ke pantai. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan yang membuat pantai ini layak menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya.

Demikian pembahasan artikel Pantai Semilir di Tuban dan semoga artikel ini dapat memberikan anda sumber informasi wisata pantai. Anda yang memang tertarik dengan keberadaan pantai ini bisa langsung mengunjungi jalur yang sudah dijelaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button