Pantai Menganti Kebumen - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Menganti Kebumen – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Menganti di Kebumen menyuguhkan panorama pantai yang indah dengan fusi tebing karst dan Bukit. Pantai eksotis yang menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Karangboto, Karangduwur, Kec. Ayah, Lingkungan. Kebumen, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kebumen yang tidak terlalu menonjol di bidang pariwisata ternyata memiliki wisata alam yang indah, yaitu Pantai Menganti. Wisata ini tergolong destinasi wisata baru di Jawa Tengah, khususnya Kebumen. Sebelumnya, tempat ini hanya merupakan kawasan pesisir, tempat para nelayan menopang perahu mereka setelah melaut.

Setelah pemerintah menyadari potensi pantai ini untuk dijadikan objek wisata, mulai direvitalisasi untuk menyempurnakannya. Beberapa fasilitas umum maupun fasilitas pendukung mulai dibangun untuk kenyamanan para wisatawan nantinya.

Objek wisata ini resmi dibuka untuk umum ketika fasilitas dan fasilitas pendukungnya sudah lengkap. Pembukaan diawali dengan kompetisi selancar tingkat nasional. Sebagai salah satu pantai di Jawa Selatan, ombak pantai ini menjadi incaran para pecinta surfing.

Atraksi Pantai Menganti

Aktivitas pantai mengantiKredit gambar: Google Maps Hanung Elbukhori

1. Air Terjun dan Goa

Selain pantai pasir putih, Anda akan menemukan 4 air terjun yang indah dan dua gua yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Pantai Menganti. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini menjadi alternatif bagi wisatawan yang lelah dengan aktivitas pantai.

Anda bisa bermain air di area air terjun dan mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan air terjun. Di tempat yang terdapat dua goa yang letaknya tidak jauh ini juga bisa kamu jadikan spot foto yang cukup menarik.

2. Pasir putih dan ombak khas pantai selatan

Seperti ciri khas pantai selatan Jawa pada umumnya, pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan ombak yang cukup besar, namun tidak sebesar pantai-pantai di selatan lainnya. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat biota laut berupa kepiting dan ikan-ikan kecil di pinggiran bebatuan yang hanya bisa ditemukan di pesisir selatan.

Ombak besar di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan. Terutama mereka yang suka menaklukkan ombak di papan selancarnya.

3. Jembatan Merah

Anda bisa menaiki jembatan merah ini dalam waktu kurang dari sepuluh menit dari lokasi pantai. Kita tinggal menunggu kedatangannya bus antar jemput yang disediakan secara gratis oleh pengelola di halte yang tersedia.

Di jembatan yang berdiri kokoh di atas bebatuan, Anda bisa melihat keindahan Pantai Menganti dari sudut pandang yang berbeda. Tempat ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk dijadikan tempat berburu gambar atau hanya selfie dan wefie.

4. Tanjung Karang Boto

Objek wisata yang dimiliki Pantai MengantiKredit Gambar: Google Maps Mati Ayu

Tanjung yang menjadi jejak gunung api purba ini sama dengan tanjung kawasan Gunung Kidul. Dari tanjung ini kamu bisa menikmati momen matahari terbenam yang selalu memukau. Selain keindahan langit senja, Anda juga bisa melihat aktivitas perahu nelayan yang melintas di dekat pantai.

5. Tebing Widodari Keteb

Tebing karst yang ditumbuhi tanaman hijau ini berbatasan dengan Pantai Menganti dan merupakan satu-satunya jalan bagi kendaraan wisata untuk mencapai lokasi pantai. Dari atas Tebing Keteb Widodari atau disebut juga Tebing Bidadari, Anda bisa melihat keindahan pantai secara keseluruhan.

6. Lembah Menguneng

Terletak di lereng bukit Sigatel, Lembah Menguneng menawarkan pemandangan lembah yang didominasi warna hijau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Wisatawan dapat tinggal di beberapa homestay tersedia di wilayah lembah ini. Akomodasi dengan melihat pantai yang memberikan rasa nyaman bagi semua yang menonton.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Menganti

Alamat Pintu Masuk Pantai MengantiKredit gambar: Google Maps Guntur Hanafi

Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota, sekitar 46 kilometer. Namun, jika Anda mengakses melalui kawasan Gombong, jarak yang akan ditempuh hanya sekitar 35 kilometer. Wisata Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Rute yang perlu anda tempuh untuk menuju lokasi pantai ini jika anda memulai dari pusat kota adalah mengambil arah kawasan Petanahan, dilanjutkan menuju Karangbolong dan terakhir anda harus menuju kawasan Karangduwur untuk sampai di lokasi lokasi pantai. pantai. Rute ini memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Namun, bagi Anda yang datang dari arah Kota Purwokerto, Anda bisa mengambil jalan menuju Pantai Ayah. Begitu sampai di perempatan, Anda harus mengambil jalur yang belok ke kiri untuk sampai di pantai Menganti.

Untuk dapat menikmati pesona wisata pantai ini, wisatawan hanya dikenakan biaya Rp 10.000,00/orang. Selain tiket masuk, biaya lain yang harus dibayar adalah parkir kendaraan. Biaya parkir motor Rp 3000,00 dan mobil Rp 5000,00. Tidak ada jam buka khusus untuk wisata ini, namun akan lebih baik jika anda datang sore hari untuk menikmatinya. matahari terbenam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Menganti

Aktivitas menarik di Pantai MengantiKredit Gambar: Google Maps Futiy Barara

1. Mendaki Bukit Sigatel

Meski tidak terlalu tinggi dan mudah didaki, namun cukup membuat Anda berkeringat. Sesampainya di puncak bukit, rasa lelah yang kamu rasakan akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang bisa kamu lihat dari atas bukit. Di sini Anda bisa menikmati panorama yang sangat indah dari pantai ini.

Hamparan laut yang biru, dengan bebatuan karang dan pasir putih di sepanjang pantai, serta tebing Bidadari yang mengapit pantai Menganti semakin memukau jika dilihat dari atas bukit ini.

2. Bersantai di gazebo

Setelah lelah mendaki bukit Sigatel, Anda bisa melepas lelah dengan bersantai di gazebo yang ada di atas bukit. Hanya dengan sepuluh rupiah, kamu sudah bisa menikmati sejuknya angin laut dan pemandangan pantai yang indah dari gazebo yang teduh dan nyaman.

Letak gazebo ini tidak jauh dari lokasi jembatan merah, Anda bisa menemukan beberapa gazebo yang sudah didirikan di atas bukit Sigatel. Bangunan kecil beratap jerami ini sangat nyaman untuk bersantai dan menikmati segarnya udara pantai. Bagi wisatawan yang membawa bekal makan siang, bisa menikmatinya di sini ditemani pemandangan indah sekitar.

3. Balon udara panas dan sepeda gantung

Setelah menikmati keindahan alam, Anda bisa menikmati keseruan penerbangan balon udara. Meski bukan penerbangan gratis, namun di atas balon udara yang berayun tertiup angin, Anda bisa merasakan pengalaman yang luar biasa.

Jika Anda ingin kesenangan yang sedikit lebih ekstrim, Anda harus mencoba naik sepeda gantung. Anda dapat menikmati pengalaman mendebarkan mengendarai sepeda ke atas, serta panorama pantai yang indah di bawah dan perbukitan dan tebing di sampingnya.

4. Berburu Foto

Di kawasan wisata Pantai Menganti, Anda bisa mengeksplor banyak tempat yang cocok sebagai background foto. selain saat matahari terbenam dan ombak besar yang memecah karang juga cocok sebagai subjek foto Anda.

5. Bermain air dan pasir pantai

Berada di pantai, tentunya aktivitas utama adalah bermain air dan pasir putih di pantai. Karena pantai ini termasuk pantai selatan yang memiliki ombak besar, maka pengunjung tidak disarankan untuk berenang. Namun, saat air surut, Anda bisa melihat biota laut di pinggiran terumbu karang atau bermain air di tepi pantai.

Bagi Anda yang hobi berselancar, tentunya ombak besar bisa menjadi hiburan yang menyenangkan sekaligus setup yang seru. Namun, perhatikan keamanannya. Jika Anda bosan bermain air di pantai, Anda bisa pergi ke air terjun yang masih ada di sekitar tempat wisata.

Penginapan murah dekat pantai Menganti

Penginapan murah dekat pantai MengantiKredit gambar: Foto Google Maps Mamet

Anda bisa menginap di hostel berupa villa yang terletak di pinggir pantai. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun jika Anda menginginkan tempat menginap dengan fasilitas yang lebih lengkap, berikut beberapa rekomendasi hotel di dekat lokasi Pantai Menganti. Anda dapat memesan kamar secara online atau datang langsung atau offline.

1. Van der Wijck Fort Tourist Hotel

Hotel yang terletak di Jalan Sapta Marga, Gombong ini berjarak kurang lebih 22,27 kilometer dari pantai ini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, antara lain: kolam renang luar ruangan, pusat bisnis, WiFi gratis, sarapan gratis.

Harga yang dipatok untuk setiap kamar mulai dari yang relatif murah Rp 275.000,00 dengan fasilitas yang lengkap. Hotel menetapkan kebijakan jadwal Registrasi 13:00 dan memeriksa pada pukul 12.00 WIB.

2. Hotel dan Restoran Candi Sari Syariah

Lokasi hotel ini berjarak 23,24 kilometer dari Pantai Menganti. Terletak di Jalan Raya Timur Km.2 Karanganyar. Hotel berkonsep teduh dan asri ini ramah anak. Harga yang dipatok untuk sewa per kamar mulai dari Rp 300.000,00. Fasilitas yang disediakan antara lain: pusat kebugaran, parkir gratis, Wi-Fi gratis, laundry gratis, dan sarapan gratis.

Reservasi dapat dilakukan secara online melalui aplikasi layanan reservasi tiket online dan offline.

3. Brankas Hotel Karanganyar

Terletak di Jalan Revolusi Karanganyar, pada jarak 23,30 meter dari tempat wisata Menganti. Ini adalah hotel ramah anak cacat dan anak. Disewakan per kamar mulai dari Rp 314.000,00. Fasilitas yang disediakan antara lain: laundry gratis, Wi-Fi gratis, layanan wisata dan area parkir gratis.

Hotel ini juga termasuk dalam daftar hotel yang dapat diakses reservasi melalui layanan reservasi tiket online. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memesannya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Menganti, Kebumen

Fasilitas Pantai Menganti KebumenKredit gambar: Google Maps Abdullah Rudiyanto

Wisata pantai di Kebumen ini menawarkan fasilitas umum yang cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain musholla, kamar mandi, toilet, warung makan, dan area parkir. Di lokasi pantai juga terdapat beberapa hostel berkonsep villa dengan harga terjangkau.

Selain wisata alam disini juga menyediakan wahana permainan yang akan menambah keceriaan anak anda. Wahana yang ditawarkan adalah balon udara di sisi tebing Bidadari dan sepeda gantung di sisi lembah Menguneng. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000,00 untuk menikmati wahana ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai destinasi wisata Pantai Menganti di Kebumen Jawa Tengah yang sangat layak menjadi destinasi wisata saat liburan, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Mari jelajahi keindahan alam Indonesia dan buka mata dunia akan potensi wisata kita.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button