Lewat Keberhasilan Pengembangan Potensi Alam, Desa Binaan PLN Raih Penghargaan Desa Mandiri 2022 dari Kementerian Desa PDTT - WisataHits
Jawa Timur

Lewat Keberhasilan Pengembangan Potensi Alam, Desa Binaan PLN Raih Penghargaan Desa Mandiri 2022 dari Kementerian Desa PDTT

Lewat Keberhasilan Pengembangan Potensi Alam, Desa Binaan PLN Raih Penghargaan Desa Mandiri 2022 dari Kementerian Desa PDTT

Berita Surabaya

SURYA.co.id, SURABAYA – PT PLN (Persero) Unit Penyaluran Induk (UID) Jawa Timur mengumumkan salah satu desa binaan miliknya berhasil meraih Penghargaan Desa Mandiri 2022 dari Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Desa tersebut adalah Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang terkenal sebagai desa wisata di jalur selatan wilayah Jember – Banyuwangi.

Hamzah, Senior Manager Communications & General Affair PLN UID Jawa Timur mengatakan, program Desa Wisata Sidomulyo menjadi salah satu program unggulan untuk meraih kesuksesan melalui ISDA Awards 2022.

“PLN tentu senang ketika apa yang kami tawarkan kepada masyarakat membawa manfaat yang sangat luas. Terutama untuk perekonomian desa,” kata Hamzah, Senin (1/9/2023).

Lebih lanjut Hamzah menyampaikan bahwa desa ini telah di dukung oleh PLN UID Jatim sejak tahun 2018 lalu.

Dikembangkan menjadi desa wisata karena letaknya yang berada di kaki Gunung Gumitir serta potensi alamnya yang bagus dengan banyaknya lahan perkebunan yang subur dan sebagai basis ekonomi utama masyarakat sekitar.

“Masyarakat yang berwisata ke Banyuwangi via Jember dengan kendaraan sering menjadikan lokasi desa sebagai tujuan yang tepat untuk beristirahat sebelum memasuki kawasan pegunungan,” jelas Hamzah.

Saat ini ada paket wisata desa yang bisa dinikmati pengunjung hanya dengan Rp 50.000, Anda bisa berjalan kaki menyusuri desa menuju tempat peternakan domba, melihat kerajinan akar alami, belajar tentang kopi dan pengolahannya, mengunjungi rumah batik, dan berkendara ke Sendang Tirto Gumitir.

“Melalui kegiatan wisata ini, masyarakat Desa Sidomulyo diberdayakan secara penuh untuk memberikan kegiatan edukasi, melakukan kegiatan usaha penunjang yang mendukung perputaran ekonomi dengan desa wisata, seperti menjadi pelaku industri kreatif untuk mendukung wisata budaya,” jelas Hamzah.

Kerja sama antara PLN Peduli dengan desa Sidomulyo sejak tahun 2018 berhasil mendorong perekonomian desa dengan menciptakan sejumlah usaha mikro kecil (UMK) baru untuk mendukung wisata alam.

Lurah Sidomulyo Kamiluddin menambahkan dengan dukungan PLN Peduli Desa Sidomulyo diharapkan semakin meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat dan mendorong kemandirian ekonomi desa.

“Berbagai capaian telah mengantarkan Desa Sidomulyo mendapatkan status desa mandiri oleh Kementerian Desa pada tahun 2022. Status mandiri menunjukkan baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujar Kamiluddin.

Adanya pariwisata dan berdirinya UMK baru di desa ini membawa perubahan besar bagi masyarakat.

“Banyak orang yang memperoleh mata pencaharian baru, menjadi lebih kuat dan mampu menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan yang bernilai ekonomi,” pungkas Kamiluddin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button