Pantai Kebumen Suwuk - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Kebumen Suwuk – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Suwuk termasuk salah satu pantai terindah di keboumen di pinggir Karangbolong. Pantai yang menawarkan pemandangan pegunungan dengan tiga bukit yang megah.

Harga tiket: Rp 4.500, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pantai Suwuk adalah sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Kabupaten Kebumen. Pantai Kebumen merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pantai ini memiliki kekhasan yang tidak dimiliki pantai lainnya, yaitu pasirnya yang berwarna coklat kehitaman.

Pantai yang indah ini memiliki garis pantai yang panjang dan landai. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi salah satu yang paling populer di wilayah Kebumen. Pantai Suwuk ini berbatasan langsung dengan pantai Karangbolong dan Samudera Hindia.

Dari pantai ini Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan berhiaskan tiga bukit yang megah. Hamparan pantai yang begitu panjang dan udara yang juga cukup sejuk membuat banyak pengunjung yang datang hanya untuk menikmati kesejukan pantai. Tentunya akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Atraksi Pantai Suwuk

Aktivitas di Pantai SuwukKredit gambar: Google Maps Adhika Anugrah

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Tak terkecuali pantai Suwuk ini. Pantai yang dikenal sebagai salah satu destinasi favorit di kawasan Kebumen ini memiliki segudang daya tarik.

1. Pasir coklat kehitaman yang unik

Pantai ini memiliki ciri khas yaitu pasir di pantai ini berwarna coklat kehitaman. Berbeda dengan pantai lain yang memiliki pasir putih atau coklat susu. Perbedaan inilah yang menjadikannya daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak jarang wisatawan ini duduk-duduk di pinggiran pantai sambil bermain pasir. Tak hanya itu, terkadang wisatawan juga mengabadikan momen terbaik dengan berfoto melalui foto.

2. Memiliki puing-puing Boeing 737 Garuda

Tahukah Anda bahwa di pantai Suwuk ada bangkai kapal yang terdampar? Ya, di sekitar pantai terdapat puing-puing pesawat jenis Boeing 737 Garuda, namun puing-puing pesawat ini bukanlah pesawat asli yang jatuh dan mendarat di sini.

Pesawat ini memang sengaja dibangun untuk dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Ada banyak hal keren yang bisa kamu lakukan di pesawat ini. Salah satunya untuk keperluan fotografi.

Ada juga hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di pesawat, yakni adanya proyeksi film 3D berdurasi 20 menit. Film ini dapat diakses oleh semua orang dan gratis. Di dalam pesawat juga terdapat ruang pilot dan co-pilot yang bisa Anda nikmati dengan bebas.

3. Kolam renang anak di bawah reruntuhan pesawat

Ternyata, di bagian bawah pesawat terdapat kolam renang khusus untuk anak-anak. Jadi, saat Anda berlibur ke Pantai Suwuk bersama buah hati Anda, Anda bisa mengajaknya berenang di kolam renang khusus yang terletak di bagian bawah gedung pesawat.

4. Indahnya Sungai Telomoyo

Atraksi di Pantai SuwukKredit gambar: Google Maps Tomas Budianto

Di pintu masuk utama kawasan pantai ini terdapat sebuah sungai bernama Singai Telomoyo. Sungai Telomoyo termasuk dalam kategori muara. Oleh karena itu sering disebut sebagai Muara Sungai Telomoyo.

Keberadaan sungai di kawasan wisata pantai tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama bagi wisatawan yang menyukai kegiatan memancing. Anda bisa datang ke pantai ini hanya untuk memancing di kawasan muara Sungai Telomoyonya.

5. Ada kolam pemancingan di Sungai Telomoyo

Nah, ternyata di kawasan sungai ini juga ada kolam pemancingan yang dibuka untuk umum. Jika bosan bermain di pantai, Anda bisa mundur dari pintu masuk pantai dengan mengunjungi muara Sungai Telomoyo yang berada di sisi barat pantai.

Di sini terdapat kolam pemancingan yang dibangun khusus untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

6. Kebun binatang mini

Ternyata, di kawasan wisata pantai juga dibangun kebun binatang mini. Kebun binatang mini ini dihuni oleh beberapa hewan jinak yang bisa Anda nikmati selain menikmati panorama pantai yang sangat indah. Sebenarnya banyak sekali daya tarik pantai Suwuk ini.

Di pantai ini, wisatawan dilarang berenang di area pantai. Hal ini disebabkan kemiringan garis pantai hingga 35 derajat, yang membuatnya lebih curam dibandingkan pantai lainnya. Tidak hanya itu, ombak di pantai ini juga cukup besar dengan pasang surut yang sangat kuat.

Meski tidak bisa digunakan untuk berenang dan bermain air di pantai, pantai ini menawarkan panorama yang indah. Perpaduan pasir pantai yang hitam, air laut yang biru dan perbukitan yang hijau membuat keindahannya semakin lengkap.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Suwuk

Alamat Pantai SuwukKredit gambar: Google Maps Tomas Budianto

Pantai indah ini terletak di Dusun Suwuk, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Nama pantai ini diambil dari nama desanya sendiri yaitu Suwuk. Pantai ini berjarak sekitar 22 km arah selatan kota Gembong. Waktu tempuh menuju wisata pantai ini kurang lebih 35 menit.

Jika Anda mengambil arah dari pusat kota Kebumen, Anda akan menempuh jarak sekitar 50 km untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Untuk menuju pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum yang tersedia cukup banyak.

Bagi wisatawan yang datang dari timur dapat melalui pantai selatan atau melalui Deandles Street. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari Barat dapat mengikuti jalan lurus menuju pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk KebumenKredit gambar: Google Maps Fitriani Pipit

Di pantai ini, Anda tidak hanya akan disuguhi keindahan panorama pantai yang megah, tetapi Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai jenis fasilitas rekreasi buatan manusia berupa wisata edukasi dan rekreasi.

Nah, untuk memanfaatkan semua itu, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk wisata pantai. Harga sangat terjangkau. Yakni Rp 4.500 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Dengan harga tiket yang cukup murah, hal itu tidak membuatnya menjadi pemandangan yang bisa dilewatkan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tempat wisata tepi laut ini sudah dikelola dengan baik dan memiliki sarana dan prasarana yang sangat lengkap.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Suwuk

Aktivitas Menarik Pantai SuwukKredit gambar: Google Maps Rio Paradika

Jika Anda sedang berlibur di pantai Suwuk, ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Berikut ini akan memberikan referensi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini.

1. Bermain di pantai berpasir

Aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berlibur di pantai ini adalah bermain pasir pantai. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pasir di pantai ini berwarna coklat kehitaman, yang akan memberikan kesan berbeda dari kunjungan pantai lainnya.

2. Bermain olahraga pantai

Selain bermain pasir pantai, Anda juga bisa menikmati berbagai olahraga pantai seperti voli pantai, bola pantai dan masih banyak olahraga pantai lainnya yang bisa Anda mainkan.

3. Memancing di Sungai Telomoyo

Sebelum memasuki pintu masuk wisata pantai ini, Anda bisa melihat keindahan Sungai Telomoyo yang berada di pesisir barat. Di sini ada kolam pemancingan yang dibuka untuk umum. Nah, Anda bisa menangkap berbagai jenis ikan dan ukuran kemudian memasak dan memakannya di sana atau Anda juga bisa membawanya pulang.

4. Jelajahi Sungai Telomoyo dengan perahu

Di Sungai Telomoyo juga terdapat persewaan perahu yang akan mengantar Anda menikmati keindahan sungai. Dengan biaya 25.000 rupee, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar area sungai melihat turis lain memancing.

5. Sepanjang pantai dengan kuda

Selain itu, Anda juga bisa berjalan di sepanjang pantai berkat adanya persewaan kuda. Ada juga persewaan sepeda tendem berkapasitas 4 sampai 6 orang yang siap mengantar anda menikmati keindahan pantai.

6. Nikmati Matahari terbenam pada senja

Selain semua aktivitas menarik di atas, kamu juga bisa menikmati keindahannya matahari terbenam pada senja. Keindahan ini terlihat saat matahari mulai terbenam di atas perbukitan dengan pancaran sinar kuning keemasan yang terpantul indah di air laut.

7. Manfaatkan fasilitas rekreasi buatan manusia

Wisatawan dapat mengunjungi berbagai wisata buatan yang sengaja dirancang untuk memberikan daya tarik tersendiri di kawasan Pantai Suwuk Kebumen ini. Fasilitas rekreasi buatan ini termasuk kebun binatang mini yang menawarkan berbagai hewan jinak, serta wahana permainan.

Tidak hanya itu, ada juga Boeing 737 milik TNI AU yang diproduksi, pesawat Merpati Nusantara produksi 1986 dan helikopter C100 produksi 1987.

Penginapan murah dekat dengan lokasi pantai Suwuk

Penginapan murah dekat dengan lokasi pantai SuwukKredit gambar: Google Maps Tomas Budianto

1. Pantai Suwuk pemandangan sungai Bungalo

Asrama pertama terletak sangat dekat dengan wisata tepi laut. Hostel ini terkenal dengan lokasinya yang strategis. Dilengkapi dengan kamar tidur yang besar, serta fasilitas yang lengkap, membuat bungalow ini menjadi pilihan populer di kalangan wisatawan. Tarif per malam berkisar dari 150.000 rupee hingga 200.000 rupee.

2. Brankas Hotel Karanganyar

Aman Hotel juga menjadi salah satu akomodasi di sekitar destinasi wisata ini. Tarif yang dikenakan mulai dari hanya 200.000 hingga 300.000 per malam.

3. Hotel Ungu

Untuk Hotel Ungu terletak di jalan lingkar selatan yaitu sekitar 1 jam perjalanan jika menuju kawasan wisata pantai. Tarif menginap per malamnya mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000.

4. Hotel Wisma CK

Sama halnya dengan Hotel Ungu, untuk Hotel Wisma. CK ini juga berada di pusat kota yang berarti membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pantai Suwuk. Tarif per malamnya pun cukup murah, mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000 saja tergantung tipe kamar dan fasilitasnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Suwuk

Fasilitas Pantai SuwukKredit Gambar: Google Maps Indonesia Spoorwegen

Di pantai Kebumen yang indah ini terdapat banyak wahana rekreasi untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Dari wahana, kolam di bawah reruntuhan pesawat Boeing 737.

Ada juga kendaraan edukasi Helikopter C100 yang didatangkan langsung dari Tourist Office. Ada juga kebun binatang mini di pantai barat. Hadirnya wahana yang berbeda ini bisa membuat liburan Anda semakin seru.

Demikian ulasan tentang Pantai Suwuk yang mungkin bisa menjadi referensi menarik bagi anda yang ingin berlibur ke Kebumen. Semoga bisa menjadi referensi menarik untuk liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button