Pantai Manikin, pantai berpasir putih dengan pemandangan hijaunya hutan bakau di Kupang - WisataHits
wisatahits

Pantai Manikin, pantai berpasir putih dengan pemandangan hijaunya hutan bakau di Kupang

Pantai Manikin, pantai berpasir putih dengan pemandangan hijaunya hutan bakau di Kupang
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tarus, Kec. Kupang Center, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Manikin merupakan salah satu pantai yang terletak di Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan segala keindahan yang dimilikinya. Pantai ini terkenal dengan alamnya yang masih alami dan tidak terlalu terganggu oleh aktivitas manusia. Ada hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih dengan warna biru kehijauan dan bebatuan yang menambah keindahan alamnya.

Apalagi di sekitar pantai juga terdapat hutan bakau yang masih belum tersentuh. Penduduk setempat dibantu oleh organisasi masyarakat juga telah menanam berbagai jenis pohon untuk menambah pesonanya. Pohon yang tumbuh subur di pinggir pantai ini tak hanya tahan abrasi, tapi juga membuat kawasan di sekitarnya teduh dan sejuk.

Ombaknya yang relatif tenang menjadikan pantai yang indah ini dihuni berbagai jenis ikan dan biota laut. Panorama semakin eksotis ketika bebatuan karang tersebar merata di bibir pantai. Batuan ini juga menjadi tempat hidup, makan dan berlindung bagi biota laut kecil. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Manikin, seperti bersantai, berjalan-jalan di sepanjang pantai atau bermain pasir.

Daya Tarik Pantai Manikin

Atraksi Pantai ModelKredit gambar: Google Maps El Manafe

Daya pikat Pantai Manikin pada umumnya sama dengan pantai pada umumnya yang menyuguhkan pemandangan indah yang nyaris sempurna. Bedanya, ada hal lain yang juga menarik wisatawan. Untuk lebih jelasnya, beberapa poin telah kami rangkum di bawah ini!

✦ Pemandangan indah pantai Manikin

Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Kupang ini. Pesona indah ini didapatkan dari bukit-bukit yang terkesan begitu eksotis, meski jaraknya sangat jauh. Meski terlihat redup, warna hijau deretan perbukitan ini cukup terlihat jelas. Belum lagi garis atau bentuk yang khas, panorama alam terlihat semakin sempurna.

Ombak Pantai Manikin tidak terlalu besar sehingga dikenal ramah turis. Ombaknya tidak terlalu sering datang, hanya berupa gulungan-gulungan kecil yang menyaingi pantai. Air lautnya berwarna biru dan cukup jernih, saat cuaca cerah memantulkan awan di langit yang membuatnya begitu mempesona.

✦ Hamparan pasir putih yang luas

Seperti eksotisnya pantai Kupang pada umumnya, disini juga terdapat hamparan pasir putih yang sangat luas. Karakter pantai ini landai, di semua sisinya dipenuhi pasir bertekstur lembut. Menariknya, ada pasir yang bercampur dengan beberapa karang yang cukup besar. Banyak wisatawan yang berjalan kaki ke sana dengan tujuan untuk memperlancar peredaran darah.

Pantai Manikin Kupang memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai lain, meski letaknya berdekatan. Keunikan yang dimaksud adalah keberadaan batu akik yang tersebar di sepanjang garis pantai. Batu akik ini bercampur pasir dan koral memberikan suasana pantai yang semarak.

✦ Hutan bakau hijau

Bukan hanya pemandangan perbukitan yang indah, birunya air dan ombak yang mengejar pantai. Selain itu, Anda juga mendapatkan pemandangan hijau hutan bakau yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Hutan ini sengaja ditanam warga dibantu organisasi masyarakat untuk mencegah abrasi.

Keberadaan hutan mangrove di Pantai Manikin memberikan suasana yang sangat segar, tidak seperti pantai pada umumnya yang terkesan kering. Tumbuhan lain yang terdapat di sepanjang pantai antara lain palem, ulin, asem, dan turi. Semua tumbuhan tersebut memberikan kesan pantai yang hijau dan begitu asri.

✦ Di mana biota laut hidup

Daya tarik selanjutnya yang membuat pantai indah ini semakin menarik untuk dikunjungi adalah sebagai tempat hidup berbagai biota laut. Airnya yang jernih memudahkan untuk menemukan berbagai hewan air asin. Pada umumnya mereka bersembunyi di antara bebatuan untuk mencari makan. Beberapa hewan yang dimaksud adalah bulu babi, udang dan ikan kecil.

Jika beruntung, Pantai Manikin juga sering dikunjungi mamalia air yang dikenal dengan nama paus. Meski tidak ditemukan setiap hari, keberadaan hewan besar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak berbahaya tentunya karena paus hanya memakan ikan kecil dan malah menghindari kontak dengan manusia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ManikinKredit gambar: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Wisata pantai di Kupang ini letaknya sangat strategis karena tidak jauh dari pusat kota. Itu juga salah satu alasan mengapa Anda, sebagai turis, harus berhenti di situ. Secara administratif beralamat di Desa Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jarak Pantai Manikin dengan pusat Kota Kupang diperkirakan hanya 15 kilometer, Anda bisa sampai di sana dalam waktu sekitar 30 menit. Lokasi persisnya tidak jauh dari Pantai Lasiana yang terkenal di Kupang, jadi Anda bisa menuju ke arah yang sama. Jika Anda datang dari pusat kota, silakan menuju Jalan WJ Lalamentik terlebih dahulu.

Dari titik ini menuju ke Jalan Frans Seda dan kemudian menuju Jalan Piet A Tallo. Ikuti jalan ini hingga sampai di Jalan Prof Dr Herman Johanes. Silakan gunakan terminal tipe-A Bimoku sebagai referensi berikutnya. Sekitar 300 meter dari terminal ini, belok kanan saat menemukan pertigaan dan ikuti rambu yang tertera.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pantai Manikin dikelola dengan baik meskipun saat ini tidak terlalu ramai pengunjung. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa siapkan sejumlah uang untuk tiket masuknya. Tidak terlalu mahal dibandingkan dengan pesona dan apa yang Anda dapatkan nanti. Seorang pengunjung hanya membayar 15.000 rupee.

Biaya tambahan diminta jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Jika membawa sepeda motor, dana tambahan yang dibutuhkan hanya Rp 3.000. Sedikit lebih mahal bila membawa mobil, tarif parkir yang berlaku adalah Rp 5.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Pantai ManikinKredit gambar: Google Maps Jusuf Alfred Adoe

Mengunjungi Pantai Manikin tidak hanya menarik karena memiliki berbagai daya tarik yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Tidak harus air, ada kegiatan lain yang cocok dan menyenangkan.

1. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika berada di pantai yang indah ini adalah berjalan-jalan di sepanjang garis pantai. Bukan tanpa alasan kami merekomendasikan kegiatan ini, karena dijamin sangat seru. Apalagi saat ombak datang dari tengah, Anda juga mendapatkan perasaan yang tidak biasa seolah-olah sedang dikejar ombak.

2. Bersantai di tepi pantai

Meski ombak besar jarang datang, namun sayang Pantai Manikin tidak cocok untuk aktivitas berenang. Sebagai gantinya, Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan indah di sekitar pantai. Banyak pemandangan alam yang bisa dilihat di sini, antara lain birunya air laut, deretan bukit-bukit eksotis, pepohonan hijau yang tertata rapi.

3. Berburu spot foto

Belum lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas foto saat berlibur. Apalagi jika Anda mengunjungi sirkuit yang menawarkan banyak pesona alam. Beberapa tempat yang cocok untuk menghiasi background foto adalah hamparan laut yang luas dengan perairan yang biru. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan hutan bakau untuk mendapatkan latar hijau alami.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas pantai manekinKredit gambar: Google Maps El Manafe

Fasilitas Pantai Manikin cukup lengkap, meski beberapa tampak apa adanya. Tempat parkir cukup luas, kondisinya teduh karena dilengkapi atap. Terdapat warung makan yang menawarkan berbagai menu lokal tentunya dilengkapi dengan minuman pantai. Fasilitas lain yang ditemukan adalah toilet, tong sampah, dan tempat istirahat yang dilengkapi bangku.

Keindahan alam yang memukau dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan menjadikan wisata pantai ini worth to trip. Namun ingat untuk menjaga kebersihan saat berkunjung ke Pantai Manikin. Ini untuk masa depan, di mana anak cucu kita akan memiliki kecantikan yang sama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button