Kini Pusat Kegiatan Parekraf, Sirkuit Jembrana Bali All In One Diresmikan Menparekraf Sandiaga - WisataHits
wisatahits

Kini Pusat Kegiatan Parekraf, Sirkuit Jembrana Bali All In One Diresmikan Menparekraf Sandiaga

Kini Pusat Kegiatan Parekraf, Sirkuit Jembrana Bali All In One Diresmikan Menparekraf Sandiaga

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan wisata “All In One” di Kabupaten Jembrana, Bali yang merupakan pusat kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif daerah.

Menparekraf Sandiaga saat peresmian Sirkuit “All In One” Jembrana, Jumat (30/12/2022) mengapresiasi kehadiran Sirkuit All In One yang seharusnya menjadi dukungan bagi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jembrana, khususnya Bali Barat.

Menparekraf Resmikan All-in-One Circuit sebagai Pusat Kegiatan Parekraf di JembranaMenparekraf meresmikan all in one circuit sebagai pusat kegiatan Parekraf di Jembrana, foto: Kemenparekraf

“Saya sangat mengapresiasi karena ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah.

Dimana dana alokasi khusus infrastruktur pariwisata dan ekonomi kreatif kini hadir dalam bentuk All In One Makepung Circuit,”

ujar Menparekraf Sandiaga.

Sesuai dengan namanya, sirkuit ini akan menjadi pusat kegiatan parekraf yang meliputi seni dan budaya serta ekonomi kreatif Kabupaten Jembrana seperti Makepung, Jegog, lomba layang-layang, serta tradisi dan berbagai kegiatan masyarakat lainnya.

Kehadiran sirkuit ini, kata dia, tidak lepas dari komitmen Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang memiliki komitmen besar dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya sirkuit ini yang disambut hangat masyarakat.

Peresmian sirkuit All In One berlangsung meriah, antara lain tari Makepung, tari massal Bakti Marge dan atraksi Makepung (Balapan Kerbau).

Masyarakat begitu antusias dan kewalahan mengikuti acara tersebut.

“Saya merinding melihat antusiasme masyarakat setempat, dan Anda bisa melihat bahwa masyarakat mendapat banyak manfaat dari itu.

Dan saya yakin banyak UMKM yang nantinya akan mendorong pemulihan ekonomi dan membuka peluang usaha.

Ini akan menjadi lokomotif yang mendukung penciptaan lapangan kerja hingga 4,4 juta pada tahun 2024,”

ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menambahkan Kabupaten Jembrana secara keseluruhan memiliki potensi wisata yang tinggi yang akan mendukung pariwisata di Bali Barat.

Selain keberadaan All In One Circuit, sebelumnya Menparekraf juga berkesempatan meninjau Sentra Tenun Jembrana yang menjadi ajang pamer berbagai produk ekonomi kreatif sekaligus pusat oleh-oleh.

“Di Bali Selatan, Bali Tengah, dan Bali Timur sudah tercapai targetnya (tamasya), artinya tugas kita sekarang adalah Bali Barat, karena Bali Barat merupakan pintu gerbang terutama untuk wilayah Jawa Timur.

Oleh karena itu, kunjungan ke Jembrana harus kita tingkatkan baik dari wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik,”

kata Sandiaga.

“Potensinya ada, kita tinggal implementasi saja, kita bangun aksesibilitas seperti jalan tol yang harus selesai tahun 2025, kita juga bangun atraksi dengan kegiatan seperti sirkuit All In One dan pembenahan juga perlengkapannya.

Kami yakin, beri kami waktu dua tahun, dan tahun 2025 (Jembrana) akan menjadi tujuan unggulan”,

dia berkata.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, sirkuit ini resmi bisa digunakan seluruh masyarakat untuk berbagai kegiatan.

Mulai dari kegiatan seni budaya seperti Makepung, lomba layang-layang, pacuan kuda, tari budaya Melayu, Barongsai, serta kegiatan religi.

“Yang kita bangun hari ini adalah Sentra Tenun, All In One Circuit, ekosistem wisata di Jembrana, sehingga pada akhirnya Jembrana menjadi kawasan wisata yang perlu diperhatikan.

Dan saya mengharapkan dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,”

kata Nengah Tamba.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button