Pulau Barrang Lompo, destinasi wisata bahari favorit para snorkeler - WisataHits
wisatahits

Pulau Barrang Lompo, destinasi wisata bahari favorit para snorkeler

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Barang Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Barrang Lompo terkenal sebagai tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Objek wisata ini memiliki keindahan bawah laut yang eksotis dengan ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang megah. Para wisatawan yang datang bisa bermain snorkeling atau diving untuk melihat pemandangan alam yang eksotis.

Meski cukup terkenal di kalangan pecinta diving, destinasi wisata ini tetap memiliki banyak atraksi. Panorama tempat wisata yang indah, asri dan eksotis ini mampu memanjakan mata setiap pengunjung yang datang.

Bagi Anda yang berkunjung, menikmati pemandangan bawah laut dan sunset yang terkenal dan mempesona sangat direkomendasikan. Tidak hanya itu, pengunjung Pulau Barrang Lompo juga dapat menikmati segala fasilitas yang telah disediakan pengelola untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang menikmati pesona pulau ini.

Atraksi Pulau Barrang Lompo

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram.com @jepretunderwater

Pulau Barrang Lompo adalah salah satu pulau di bagian utara Pulau Barrang Caddi. Pengunjung yang datang dari berbagai daerah dan negara. Pulau ini dekat dengan beberapa destinasi wisata favorit di pulau lain. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan laut lepas dan pemandangan bawah lautnya yang eksotis.

1. Pemandangan bawah laut

Destinasi wisata ini terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan mempesona. Ada berbagai jenis terumbu karang yang indah dan membuat mata indah untuk dilihat. Ikan-ikannya berwarna-warni dengan berbagai jenis spesies yang juga dapat menambah eksotisme bawah laut.

Pemandangan bawah laut yang indah, asri dan eksotis menjadi salah satu daya tarik Pulau Barrang Lompo ini. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk menyelam melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menakjubkan.

2. Lokasi budidaya kerang atau Kima

Daya tarik selanjutnya dari pulau ini adalah lokasi budidaya hewan laut yang dikenal dengan nama kima raksasa atau biasa disebut kima. Hewan laut ini biasanya hidup di perairan Makassar dan diternakkan oleh penduduk pulau.

Bagi wisatawan yang ingin belajar tentang budaya kerang raksasa ini, masyarakat atau pengelola dapat membantu Anda dengan memberikan pengetahuan mereka. Lokasi budidaya hewan laut ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata bahari ini. Begitu banyak orang menggunakannya untuk mempelajari cara menanam bioata.

3. Masyarakat Barrang Lompo yang ramah

Pulau indah ini dihuni oleh penduduk sekitar 3000 orang. Penduduk setempat memiliki sikap ramah, mudah tersenyum dan baik hati. Melalui kepribadiannya, penduduk pulau menerapkannya dengan selalu bersikap ramah, selalu tersenyum dan baik kepada para pengunjung yang datang ke pulau ini.

Dari sikapnya dapat membuat wisatawan yang datang merasa senang untuk mengunjungi dan menikmatinya. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram Jamaluddin Tahuddin

Pulau Barrang Lompo merupakan salah satu pulau di Kota Makassar yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya sekitar 11 km dari pusat kota. Akses menuju lokasi pulau ini sangat mudah untuk dicapai karena ada penyediaan perahu dari dermaga dan kemudian membawa Anda ke pulau.

Rute menuju tempat tujuan dapat ditempuh dengan menggunakan 2 moda transportasi yaitu udara dan air. Pengunjung yang menggunakan transportasi air akan dikenakan biaya sebesar Rp 350.000, sedangkan wisatawan yang menggunakan transportasi udara dikenakan tarif sebesar Rs 600.000. Untuk penerbangan Jakarta-Makassar, atau dengan waktu tempuh 3-4 jam.

Kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dari dermaga kayu bengkoa menuju lokasi pulau. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai ke Barrang Lompo. Bagi anda yang ingin datang kesana namun takut dengan kapal yang mereka gunakan tidak perlu khawatir dan takut lagi karena fasilitas yang digunakan aman, kuat dan tahan terhadap ombak.’ air laut.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit Gambar: Instagram Suci Rahmadani

Saat Anda memasuki Pulau Barrang Lompo, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rs 15.000 untuk wisatawan non-lokal. Setelah itu, pengunjung dapat langsung menikmati pemandangan dan suasana pulau ini dengan cara yang menyenangkan, nyaman dan tenang.

Bagi anda yang membawa motor atau mobil akan dikenakan biaya parkir. Dengan biaya parkir motor Rp 2000 dan parkir mobil Rp 5000. Dan bagi anda yang ingin menyelam akan dikenakan biaya sewa perahu sebesar Rp 10.000 per orang dengan pemberangkatan, beserta biaya perlengkapan menyelam yang telah ditentukan oleh petugas.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Barrang Lompo

Aktivitas Seru di Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram miftahul akhyar

1. Bermain snorkeling atau menyelam

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap adalah snorkeling atau diving. Lokasi pulau yang menyuguhkan panorama indah ini kaya akan terumbu karang dan ikan berbagai jenis.

Tak terbayangkan, banyak pecinta hobi menyelam memanfaatkan masa tinggal mereka di sini untuk mengagumi keindahan bawah laut. Anda bisa melakukan aktivitas menarik di pulau ini bersama keluarga atau bahkan teman-teman Anda.

2. Pelajari cara bertani kima atau kerang besar

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Barrang Lompo adalah belajar tentang budidaya kerang besar atau biasa disebut dengan kerang. Penangkaran hewan laut dilakukan oleh penduduk pulau. Nantinya, bagi pengunjung yang ingin belajar bertani, warga sekitar atau pengelola dengan senang hati membantu.

3. Belajar tentang biota

Wisatawan yang datang ke pulau cantik ini berkesempatan untuk belajar tentang biota laut. Nantinya, Anda akan menemukan banyak hal tentang keanekaragaman hewan laut hingga tumbuhan yang terdapat di sana. Tentu saja aktivitas menarik ini hanya bisa ditemukan di pulau ini dan direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyelam.

Aktivitas di Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram.com @anugrah_magfira_halim

4. Ambil gambar

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi tempat ini adalah berfoto. Di sana Anda dapat mengabadikan momen Anda dengan berfoto di dalam air dengan latar belakang pemandangan bawah laut yang indah. Dihiasi dengan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Tak hanya berfoto di bawah laut, tapi juga mengabadikan momen indah saat sunset akan datang. Latar belakang yang eksotis menambah objek foto yang diambil menjadi lebih bagus dan terlihat menarik.

Jadi sayang untuk tidak mengabadikannya, dan tidak memiliki kenangan berharga tentang tempat yang ia kunjungi, terutama ketika ia berada di Barrang Lompo.

5. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menikmati pemandangan matahari terbenam. Pulau ini memiliki sunset yang sangat indah dan menawan. Tak terbayangkan banyak orang yang menunggu momen ini untuk menikmati pemandangan yang sangat indah.

Akomodasi terdekat dengan lokasi pulau

Akomodasi di Pulau Barrang LompoKredit gambar: Tripadvisor.co.id

1. Stasiun laut

Akomodasi Marine Station memiliki berbagai fasilitas, seperti tempat ibadah, ATM, food court dan masih banyak lagi. Dengan pelayanan prima dan tempat yang bersih, hostel ini menawarkan persewaan dengan harga terjangkau. Recommended buat kamu yang ingin bermalam disini.

2. OYO 637 Yasmin Hotel

Tempat penginapan kedua yang bisa Anda gunakan saat ingin bermalam di pulau ini adalah OYO 637 Yasmin Hotel. Memiliki berbagai fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan, seperti Wifi, kamar yang nyaman, AC, dll. Sedangkan manfaat yang diberikannya memberi 1 kali sarapan setiap pagi.

3. Hotel Whiz Prime

Tempat terakhir untuk menginap adalah Whiz Prime Hotel. Seperti akomodasi lainnya, hostel ini juga menawarkan berbagai fasilitas. Namun ada kelebihan yang hanya dimiliki Whiz Prime Hotel yaitu menawarkan kamar yang sangat luas atau bisa digunakan berdua dengan kenyamanan dan kebersihan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Barrang Lompo

Fasilitas di Pulau Barrang LompoKredit gambar: Instagram.com @nunie_srie

Sebagai salah satu pulau yang terkenal di Makassar, keberadaan fasilitas tentu sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pengelola tempat ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk pengunjung.

Fasilitas pendukung yang ditawarkan antara lain persewaan alat selam, persewaan perahu dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersedia, disediakan dengan aman dan baik. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.

Fasilitas tambahan, tempat parkir, tempat ibadah, tempat makan, sarana transportasi sungai untuk mengantar wisatawan, tempat penginapan yang mudah ditemukan di kawasan wisata ini. Membuat pengunjung menikmati mengunjungi kawasan ini lebih nyaman.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Barrang Lompo. Sarana dan prasarana pulau yang indah ini tentunya sangat lengkap sehingga para wisatawan dapat menghabiskan liburan dan menikmati pulau dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button