Pantai Lumangan Nusa Penida, sebuah pantai eksotik yang diapit perbukitan hijau nan asri di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Lumangan Nusa Penida, sebuah pantai eksotik yang diapit perbukitan hijau nan asri di Bali

Pantai Lumangan Nusa Penida, sebuah pantai eksotik yang diapit perbukitan hijau nan asri di Bali

Pantai Lumangan merupakan pantai eksotik yang terletak di antara dua tebing sehingga wisata puncak ini indah dan mempesona.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Dewata memang dikenal memiliki sejumlah wisata alam dengan pesonanya masing-masing, terutama pantai-pantai eksotis. Salah satu pantai yang terkenal dengan keunikan dan keindahannya adalah Pantai Lumangan. Letaknya yang tersembunyi karena terhimpit oleh dua tebing menjadikannya salah satu pantai utama di Nusa Penida juga menjadi pilihan yang cocok untuk menenangkan diri.

Walaupun letak Pantai Lumangan relatif strategis, namun tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Bali datang berkunjung ke tempat ini. Memang panorama yang ditawarkan pantai pasir putih dengan terumbu karangnya dijamin memanjakan mata. Di sisi lain, menjadi keuntungan tersendiri bagi pengunjung karena suasananya selalu asri dan damai.

Karena tempatnya yang cukup terpencil dan belum banyak diketahui wisatawan, akses jalan menuju pantai Lumangan relatif masih alami yaitu jalan tanah berkerikil. Selain itu, untuk menuju pantainya, wisatawan juga harus menuruni tebing yang cukup terjal. Oleh karena itu sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi berpetualang.

Objek Wisata Pantai Lumangan

Objek Wisata Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Agus Bagus

Sama seperti aktivitas wisata bahari di Bali lainnya, Pantai Lumangan memiliki pesona dan daya tarik yang dapat memukau wisatawan. Untuk itu saat berkunjung ke Bali jangan lupa menyempatkan diri untuk datang ke Pantai Lumangan. Karena selain menawarkan keindahan alam yang luar biasa, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di pantai ini.

✦ Diapit perbukitan yang hijau dan asri

Pantai Lumangan diapit tebing yang ditumbuhi pepohonan hijau, sehingga menonjolkan kesan alami dan asri. Keberadaan tebing tersebut membuat wisatawan bisa menikmati keindahan Lumangan dari berbagai sisi, termasuk dari atas bukit. Hal ini membuat udara di pantai ini menjadi lebih sejuk meski matahari sedang terik.

✦ Air laut jernih berwarna hijau dan biru

Sepintas, Pantai Lumangan terlihat seperti teluk dengan air laut yang jernih dan bernuansa biru kehijauan. Saat tubuh dan mata sudah jenuh dengan aktivitas sehari-hari, maka memandang keindahan Lumangan bisa menjadi obat penat lelah tubuh, indera dan jiwa. Sebab sejauh mata memandang, wisatawan dimanjakan dengan panorama eksotis.

✦ Pasir putih dan karang di pantai

Salah satu keistimewaan Pantai Lumangan adalah pantainya yang merupakan campuran pasir putih dengan sisipan karang. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bermain air dengan bebas dan menunggu ombak datang ke spot yang nyaman. Selain itu pemandangan yang tidak biasa ini pasti akan terlihat keren jika diabadikan dengan kamera.

✦ Terowongan Gelombang

Kekhasan Pantai Lumangan yang tidak dimiliki pantai lain adalah adanya relief alam berupa terowongan ombak. Saat air laut sedang pasang dan ombak sedang tinggi, wisatawan akan dibuat takjub dengan fenomena ombak yang menghantam bebatuan.

✦ Menjaga keindahan alam bawah laut yang luar biasa

Pantai Lumangan tidak hanya menawarkan keindahan daratan yang bisa dinikmati oleh semua wisatawan, tetapi juga memiliki kekayaan flora dan fauna laut yang luar biasa. Terdapat berbagai jenis terumbu karang dan ikan langka seperti mola-mola dan pari manta di pantai ini. Hanya saja, untuk saat ini belum ada pihak yang mengelola wisata bawah laut Pantai Lumangan.

✦ Gua di tebing karang

Saat air laut surut, pengunjung Pantai Lumangan akan disuguhi pemandangan fenomenal berupa goa-goa di dalam tebing yang melapisinya. Namun, Anda tidak boleh memasuki gua karena memiliki risiko keamanan yang tinggi. Karena tidak ada yang tahu kapan air laut akan mengalami pasang tinggi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Leo Arnama

Lokasi Pantai Lumangan sebenarnya strategis karena berdekatan dengan beberapa tempat wisata alam populer lainnya di Bali, antara lain Manta Point, Angel Billabong, dan Broken Beach. Hanya saja, akses menuju pantai ini menguji adrenalin karena kondisi jalan yang masih alami. Sepanjang jalan, wisatawan dihadapkan pada jalanan berbatu dan semak belukar.

Pantai Lumangan terletak di Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Jika wisatawan berangkat dari Batununggul, jarak yang harus ditempuh adalah 20 km atau sekitar 1 jam 15. Bagi yang berkunjung ke Pantai Kelingking juga bisa ke Pantai Lumangan karena jaraknya hanya 4,7 km atau 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Saat ini, Pantai Lumangan masih dalam proses pembangunan awal oleh pemerintah setempat. Dengan demikian, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk, kecuali parkir pada hari-hari tertentu. Adapun jam buka objek kawasan ini dapat diakses 24 jam sehari, sehingga dapat dijadikan alternatif kunjungan bagi yang ingin menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Agus Bagus

Selain menawarkan pesona dan keindahan yang memanjakan mata, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik saat berkunjung ke Pantai Lumangan. Lantas, apa saja hal keren yang tidak boleh dilewatkan di kawasan wisata ini? Inilah jawabannya!

1. Manfaatkan eksotisme pantai

Wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Lumangan dari atas bukit dan bibir pantai. Dari atas perbukitan yang hijau, pengunjung bisa melihat pesona pantai di bawahnya. Setelah puas, wisatawan bisa turun ke bibir pantai untuk mengagumi eksotisme pantai berbatu dengan air jernih dan birunya Samudera Hindia sejauh mata memandang.

2. Jelajahi setiap sudut pantai

Salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Lumangan adalah menjelajahi setiap jengkal objek wisata ini. Saat air surut, wisatawan dapat menjelajahi lebih banyak area, termasuk terowongan ombak dan gua-gua di tebing.

3. Bermain air di Pantai Lumangan

Berkunjung ke pantai tidak akan lengkap tanpa merasakan sejuknya air laut. Mereka yang bisa berenang bisa snorkeling di air laut yang jernih. Sedangkan wisatawan yang tidak bisa berenang cukup bermain air di pantai.

4. Berkemah di Atas Bukit

Meski bibir Pantai Lumangan sangat sempit dengan kontur yang tidak rata, namun wisatawan tidak bisa mendirikan tenda di sana. Meski demikian, pengunjung tetap bisa berkemah di atas bukit dengan panorama alam yang tak kalah indah. Dengan cara ini, keesokan harinya Anda bisa turun ke pantai untuk berenang dan menikmati kedamaian alam.

5. Perburuan matahari terbit/terbenam

Bagi pecinta momen magis yang hanya bisa dilihat dan dirasakan saat matahari terbit atau terbenam, Anda bisa berkunjung ke Pantai Lumangan pada pagi atau sore hari. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam dari atas bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps GA

Pantai Lumangan termasuk dalam salah satu daftar objek wisata Nusa Penida yang masih dalam tahap perencanaan perbaikan dan pengembangan termasuk dari segi fasilitas. Saat ini belum ada fasilitas yang memadai di kawasan sekitar pantai.

Sedangkan fasilitas umum seperti toilet dan perbaikan jalan masih dalam tahap pembangunan oleh pemerintah setempat.

Nama Pantai Lumangan memang belum setenar destinasi wisata di sekitarnya, seperti Angel Billabong. Namun, keindahan yang ditawarkan pantai ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain indah, Pantai Lumangan juga memiliki beragam keunikan yang mampu membuat lidah tak henti berdecak kagum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button