Pantai Lhoknga, Aceh Besar, pantai pasir putih favorit para peselancar - WisataHits
wisatahits

Pantai Lhoknga, Aceh Besar, pantai pasir putih favorit para peselancar

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket – Pantai Lhoknga salah satu objek wisata bahari yang populer di Aceh Besar terkenal dengan ombaknyamiliknya. Pantai pasir putih ini memiliki pemandangan alam yang indah dan Surga untuk penggemar olahraga papan.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Ikeunku, Kec. Lhokga Kab. Aceh Besar, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pantai Lhoknga adalah sebuah destinasi wisata tepi laut yang terletak di pulau sumatera yaitu provinsi aceh. Pantai ini dikenal sebagai tempat selancar terbaik di provinsi Aceh. Bahkan ombak Lhoknga sudah diakui dunia internasional. Maka tak heran jika pantai ini mendapat julukan surga bagi para pecinta olahraga papan.

Memiliki hampir tiga ombak pantai dengan tingkatan yang berbeda, menjadi bukti bahwa Lhoknga memang pantai yang luar biasa. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati jika tidak semua ombak aman. Kondisi cuaca buruk terkadang berpengaruh besar atau kecil terhadap ombak di pantai.

Ada banyak fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai Aceh yang terkenal ini. Bagi Anda yang tidak terlalu suka berselancar atau bahkan tidak suka sama sekali, Anda bisa mencoba aktivitas lainnya. Seperti menikmati keindahan Lhoknga dan bermain air di sekitar pantai.

Atraksi Pantai Lhoknga Pantai

Atraksi Pantai LhokngaKredit gambar: Google Maps Dede Semiawan

Terkenal dengan keganasan ombaknya yang luar biasa, membuat pantai Lhoknga banyak dikunjungi wisatawan terutama mancanegara. Banyak pecinta selancar rela menempuh perjalanan berjam-jam untuk menikmati deburan ombak perairan Lhoknga. Untuk itulah pantai ini akan sangat cocok dijadikan referensi saat berkunjung ke Aceh.

1. Gelombang luar biasa

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lhoknga adalah tempat selancar terbaik di Aceh dan telah diakui secara internasional. Ini karena ombak di Lhongka sangat menakjubkan. Ombak pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menguji adrenalin melalui olahraga selancar.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa ada tiga jenis ombak dengan ketinggian yang berbeda di perairan pesisir Aceh. Dari ombak yang paling aman hingga ombak yang paling ganas pasti akan ditemui wisatawan di Lhoknga. Karena itulah pantai ini dijadikan sebagai spot surfing dan hampir tidak pernah sepi pengunjung yang hobi olahraga air surfing.

2. Dianggap sebagai pantai yang romantis

Bagi pengunjung yang baru menikah yang ingin menghabiskan waktu bersama pasangan bulan madunya, Pantai Lhoknga bisa menjadi pilihan. Menikmati keindahan pantai di sore hari, menunggu matahari terbenam, akan menambah suasana pantai yang begitu romantis dan intim.

Pemandangan pantai yang indah berpadu dengan jernihnya air laut dan hamparan pasir putih yang membentang tentu akan menciptakan rasa nyaman tersendiri. Ini juga akan membantu menyegarkan pikiran Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi Anda yang tinggal di perkotaan, seperti Jakarta atau Surabaya.

3. Pemandangan matahari terbenam yang indah

Menghabiskan liburan menikmati indahnya sunset menjelang sore hari, memang sulit menjadi hal yang lumrah dilakukan saat liburan untuk wisata pantai. Kegiatan seperti ini juga masih dilakukan oleh beberapa pengunjung yang datang ke Lhoknga. Menjelang sore hari, pantai akan mulai dipenuhi wisatawan.

Kursi santai yang sengaja disiapkan pengelola pantai di area tepi pantai ini akan penuh pada sore hari. Suasana yang tadinya panas karena tengah hari perlahan menjadi sejuk dengan angin kencang dari pantai. Pemandangan seperti ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan indah.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Lhoknga

Harga Tiket Pantai LhokngaKredit gambar: Google Maps Dede Semiawan

Pantai Lhoknga merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Provinsi Aceh, Pulau Sumatera. Lokasi tempat wisata ini yang berada di sebuah desa bernama Mon Ikeun berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam. Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil jika ingin mengunjunginya.

Rute umum yang biasanya dilalui pengunjung dimulai dari pusat kota Bandar Aceh. Diperkirakan jarak yang akan Anda tempuh sekitar 20 kilometer. Dengan jarak yang cukup jauh tersebut, perhitungan membutuhkan waktu setidaknya 30 menit untuk mencapai tempat wisata perairan Lhoknga

Ada kendaraan tradisional Aceh yang disebut labi-labi. Jika Anda tertarik, Anda juga bisa naik kendaraan menuju Lhoknga. Saat menaiki labi-labi, Anda bisa langsung melihat pemandangan alam Lhoknga. Pengunjung juga diperbolehkan membawa kendaraan sendiri dan membuka Google Maps untuk menuju kesana.

Dikarenakan jumlah pengunjung yang meningkat pada saat musim liburan, bagi anda yang ingin berlibur ke sini sebaiknya melakukannya pada hari biasa. Hal ini akan menyebabkan kemacetan yang berkepanjangan. Untuk itu, sebagai antisipasi, Anda bisa berangkat lebih awal agar tidak memakan waktu di jalan dan bisa tiba tepat waktu.

Sedikit informasi mengenai jam buka pantai Lhoknga yaitu mulai pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat. Mungkin jam buka ini cukup berbeda dengan wisata pantai pada umumnya yang masih beroperasi sepanjang waktu.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk melihat pemandangan Lhoknga yang indah dan mempesona. Direktur berharap dengan harga masuk yang terjangkau, wisatawan Lhoknga akan meningkat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Lhoknga Pantai

Aktivitas Seru di Pantai LhokngaKredit gambar: Google Maps Komara Hadi

1. Bermain selancar

Ombak perairan Lhoknga merupakan ombak yang paling cocok digunakan sebagai spot surfing. Olahraga ini sangat digemari oleh wisatawan mancanegara. Karena keunikan ombaknya, para wisatawan seolah berlomba-lomba untuk bisa berselancar di pantai ini.

Juga, bagi Anda yang baru mengenal surfing, sebagai pemula Anda bisa berselancar di area yang disebut Left Harder Point. Spot ini masih dalam kisaran ombak yang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat aman bagi pemula yang suka berselancar.

2. Menikmati Keindahan Pantai Lhoknga

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini, di awal pintu masuk anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan unik. Hamparan pantai yang begitu luas berpadu dengan airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri.

Apalagi suasana sejuk karena hembusan angin yang kencang akan membuat Anda semakin betah selama menginap. Untuk itulah, wisata pantai ini sangat cocok sebagai referensi liburan keluarga Anda.

3. Bermain air sambil berenang

Meski beberapa ombak di Lhoknga dianggap berbahaya dan ganas karena terlalu tinggi, namun masih ada kawasan pantai yang memiliki ombak yang aman dan tidak berbahaya. Gelombang Lhoknga akan tinggi saat musim hujan.

Dengan cara ini Anda bisa berenang di sekitar pantai tanpa khawatir, polisi juga ada untuk memastikan keamanan pengunjung. Namun, perlu diingat, selalu hormati aturan yang ditetapkan oleh karyawan sebelum Anda.

4. Memancing di tepi pantai

Aktivitas Seru di Pantai LhokngaKredit gambar: Google Maps Fazlur Rahman

Dengan luasnya Laut Lhoknga, banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda tangkap. Namun, sebagian besar spesies ini adalah ikan yang hidup di air asin. Rasa yang dihasilkan pasti akan kembali.

Anda dapat meminta bantuan manajer lokal mengenai tempat memancing yang bagus. Biasanya hasil memancing, memiliki rasa yang sangat segar dan manis. Anda juga bisa mengubahnya menjadi ikan bakar agar lebih nikmat.

5. Nikmati panorama matahari terbenam

Sunset sudah menjadi kebiasaan yang harus dipraktekkan di wisata pantai. Hal ini juga berlaku di kawasan pantai Lhoknga. Sekitar sore hari, pantai pasti akan ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat indahnya matahari terbenam Lhoknga.

Anda bisa duduk dan bersantai di sekitar kursi yang telah disediakan. Biasanya fenomena sunset banyak digunakan sebagai foto model siluet. Sunset Lhoknga pasti akan sangat indah dan akan menjadi spot foto yang sangat instagramable.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Tepi Sungai LhokngaKredit gambar: Twitter LhokngaSungai

1. Lapangan Yudis

Yudis Place merupakan hostel yang cukup dekat dengan lokasi pantai Lhoknga. Memberikan pelayanan yang cukup komprehensif, yang membuat hostel ini mendapat rating hingga 4,8 dari pengunjung. Dijamin kamu akan betah bermalam di sini.

2. Homestay Eddies

Menyediakan fasilitas penjemputan di bandara membuat hostel ini banyak diminati wisatawan. Mengangkat konsep tradisional Aceh menjadikan hostel ini begitu unik. Eddies Homestay cocok untuk Anda jadikan referensi jika Anda berencana bermalam di Lhoknga.

3. Tepi Sungai Lhoknga

Daya tarik utama dari hostel ini adalah pemandangan Lhongka yang bisa dilihat langsung dari area hostel. Memiliki fasilitas Wifi selama 24 jam, pasti akan membuat masa menginap Anda lebih nyaman di Tepi Sungai Lhoknga.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lhoknga, Aceh Besar

Fasilitas di Pantai Lhoknga Aceh BesarKredit gambar: Google Maps Denny Rinaldi

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata bahari cukup lengkap dan memadai. Ada tempat parkir yang cukup luas, toilet dan tempat ibadah yang seharusnya ada. Fasilitas ini tentunya disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

Fasilitas penunjang lainnya seperti restoran, gazebo dan rest area tertata rapi dan merata di seluruh pantai. Penyewaan peralatan selancar atau berenang juga sudah disediakan oleh petugas pantai cantik ini.

Itulah rangkuman informasi tentang pantai Lhoknga yang terletak di wilayah Aceh pulau Sumatera. Informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih Lhoknga sebagai tempat liburan Anda bersama teman atau kerabat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button