Bukit Sekipan Tawangmangu, tempat wisata keluarga terbaik di Karangayar - WisataHits
wisatahits

Bukit Sekipan Tawangmangu, tempat wisata keluarga terbaik di Karangayar

Bukit Sekipan Tawangmangu di Karangayar memiliki beragam wahana yang mendebarkan dan spot foto keren untuk selfie, cocok untuk liburan keluarga. Tempat rekreasi dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan suasana yang sejuk.

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 08.00–19.00 WIB, Alamat: Jl.Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Tawangmangu merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal sebagai tempat wisata populer di Jawa Tengah. Salah satu destinasi wisata favorit di kawasan ini adalah Bukit Sekipan.

Udara di wisata bukit ini cukup dingin karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu. Tempat wisata ini dulunya merupakan area yang digunakan untuk berkemah. Saat ini kawasan tersebut telah berubah menjadi kawasan yang dipenuhi dengan berbagai wahana yang mendebarkan dan menyenangkan.

Tempat wisata ini cukup modern saat ini. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa yang bisa dicapai dengan berlibur di bukit modern ini. Berikut adalah beberapa informasi tentang bukit yang perlu Anda ketahui sebelum Anda pergi berlibur ke sana.

Tempat Wisata di Bukit Sekipan Tawangmangu

Objek Wisata Bukit Sekipan TawangmanguKredit gambar: Google Maps R

Tempat wisata ini memiliki beberapa aset yang membuatnya mendapat julukan sebagai destinasi wisata kekinian. Berikut beberapa atraksi yang dimilikinya.

1. Nikmati berbagai wahana seru

Banyak wisatawan yang beranggapan bahwa Bukit Sekipan merupakan destinasi wisata perbukitan pada umumnya. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena ada berbagai wahana modern yang sangat asyik untuk dimainkan.

Anda akan menemukan wahana seperti sepeda air, kapal titanic, gua hantu, waterboom, studio film 8 dimensi, kebun binatang mini, taman lentera, desa halloween, kincir angin, perahu anak-anak, kereta mini, reli super, monorel, mobil bombom, kora- kora, carossel dan banyak lainnya. Tentunya anda akan sangat puas memainkan semua wahana tersebut.

2. Pemandangan yang sangat bagus

Anda akan merasakan dinginnya khas dataran tinggi. Namun, rasanya tetap seperti berada di pusat kota karena desain tempat ini sangat kontemporer dan modern. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang suka berfoto di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju tempat wisata di Bukit Sekipan

Alamat Bukit SekipanKredit Gambar: Google Maps Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Akses menuju lokasi objek wisata ini cukup mudah. Dibutuhkan sekitar 1,5 jam jika Anda mulai dari pusat kota Solo untuk sampai ke bukit ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang umumnya banyak terdapat di Jawa Tengah atau menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman. Jalur yang cukup mudah dan sering dilalui wisatawan lain adalah jalan raya Solo – Tawangmangu. Akses cukup mudah dan kondisi jalan cukup aman dan dalam kondisi baik.

Jika Anda menggunakan jalan utama ini, mulailah perjalanan dari Pasar Tawangmangu. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sarangan. 600 meter dari tempat itu adalah kantor desa Kalisoro.

Dari kantor, lanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kanan. 500 meter dari tikungan, Anda akan menemukan Bukit Sekipan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu Anda menemukan lokasi tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu

Harga tiket Bukit SekipanKredit gambar: Google Maps Eko Cahyono

Harga tiket masuk ke bukit ini mulai Juni 2020 telah berubah. Saat ini, tiket masuk reguler menuju bukit ini berkisar Rp 50.000.

Hadiah ini mencakup beberapa wahana seperti sepeda air, kapal titanic, gua hantu, 90 spot selfie, gembok cinta, replika presiden Indonesia, waterboom, studio film 8 dimensi, kebun binatang mini, taman lentera, desa halloween dan seni 3D. Anda pasti akan sangat puas menghabiskan waktu seharian untuk mencoba semua game tersebut.

Anda juga dapat membeli pass jika Anda masih tidak puas dengan wahana yang termasuk dalam tiket reguler. Harga tiketnya sekitar Rp100.000 yang sudah termasuk semua perjalanan reguler, kincir angin, perahu anak-anak, kereta api mini, super rally, monorel, mobil bombom, kora-kora dan carossel.

Ada juga studio foto yang juga sangat populer di kalangan pengunjung. Ada beberapa paket harga yang berlaku untuk pemasangan Bukit Sekipan ini. Paket pertama dengan harga sekitar Rp 50.000,- sudah termasuk CD foto, dua file foto gratis dan maksimal pengambilan gambar di dua kabin yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin berfoto bersama dua atau tiga orang, Anda bisa memilih paket kedua. Paket kedua ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp10.000,00. Dengan membeli paket ini, Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal foto di tiga kabin berbeda dan empat file foto gratis.

Jika Anda datang dengan empat sampai lima orang, Anda bisa memilih paket ketiga. Harga paket Rp 200.000. Anda akan menerima CD foto, hingga empat stan foto dan delapan file foto gratis.

Jika Anda datang bersama keluarga sekitar enam hingga delapan orang, Anda bisa memilih paket keempat. Anda akan menerima CD foto, maksimal foto di semua booth dan sepuluh file foto gratis. Harga paket ini sekitar Rp 300.000,00.

Paket terakhir yaitu paket kelima, bisa Anda pilih jika membawa rombongan besar sekitar sembilan sampai sepuluh orang. Paket ini bisa kamu beli dengan harga Rp 500.000,00. Anda akan mendapatkan keuntungan dari CD foto, maksimum bidikan di semua tribun, dan sekitar lima belas file foto gratis.

Bagi Anda yang ingin bermalam di bukit ini, Anda juga bisa menginap di hostel yang tersedia. Ada dua pilihan, yaitu berkemah di bumi perkemahan atau menginap di hostel yang nyaman.

Ada losmen kecil dengan harga Rp 335.000,00, kamar paviliun dengan harga Rp 600.000,00, kamar terhubung dengan harga Rp 600.000,00, vila dengan harga Rp 1 40.000,00, kamar titanic dengan harga Rp 550.000,00, a Cottage Jepang dengan harga Rp 750.000,00. Harga tersebut adalah per malam dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB. Pada hari Sabtu akan dibuka hingga pukul 22.00 karena ada Malam Bukit Sekipan atau Taman Lampion.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Sekipan

Aktivitas di Bukit SekipanKredit gambar: Google Maps Gigih Satya Jakti

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata populer ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur di sini.

1. Nikmati semua wahana permainan

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke tempat wisata ini, bisa dipastikan sebagian besar aktivitas Anda akan dihabiskan dengan bermain semua wahana yang telah disediakan oleh pengelola. Tidak perlu khawatir jika bosan karena semua game telah diciptakan untuk mengatasi hal tersebut.

Bagi Anda yang ingin bermain air dan berenang di kawasan perbukitan, Anda bisa mengunjungi wahana Waterboom. Namun Anda juga harus mempersiapkan diri secara fisik terlebih dahulu karena air di daerah perbukitan sangat dingin. Tapi begitu Anda melakukan pemanasan dan bermain selama beberapa menit, Anda akan terbiasa dengan hawa dingin.

Ada juga rumah halloween jika Anda ingin merasakan serunya menguji nyali seperti di pertunjukan horor. Wahana ini menjadi favorit pengunjung dan selalu dicari saat berlibur di bukit ini. Meski kebanyakan hantu yang disediakan terbuat dari patung, Anda tetap akan takut karena patung tersebut sangat menakutkan.

2. Tempat nongkrong ala piknik

Jika Anda hanya ingin nongkrong seperti piknik, Anda bisa mengunjungi taman tersebut. Pihak pengelola telah mendesain taman ini sedemikian rupa sehingga wisatawan merasa nyaman dengan suasana tersebut. Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga yang sangat indah.

Banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto keluarga. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai persinggahan setelah lelah bermain di berbagai wahana yang ada.

3. Perkemahan

Ada sebuah perkemahan yang sangat besar untuk menampung banyak wisatawan. Anda bisa berkemah di sini jika masih ingin menikmati keindahan Bukit Sekipan. Yang cukup unik dari camp ini adalah pengelola menyediakan tenda yang didesain seperti rumah suku Indian.

4. Ambil gambar

Anda bisa berfoto di kawasan perbukitan ini karena tempatnya yang sangat indah. Plus, ada studio foto dengan berbagai booth keren. Anda dapat menggunakan studio untuk mendapatkan foto yang lebih baik daripada milik Anda. Tentu saja, Anda harus membayar lagi untuk menikmati fasilitas tersebut.

5. Meninggalkan

Jika kamu adalah tipe orang yang menyukai tantangan, kamu bisa mencoba berbagai permainan seru di tempat wisata ini. Anda bisa mencoba permainan seperti Jembatan Timbang, Flying Fox, Trampolin dan masih banyak lagi.

6. Nikmati suasana romantis Lantern Garden

Anda tidak akan menemukan taman ini pada hari biasa. Taman ini hanya bisa Anda lihat pada hari-hari tertentu saja, yaitu hari Sabtu atau acara-acara tertentu. Taman ini sangat romantis karena terdapat banyak lampion yang akan menerangi malam hari di bukit ini. Oleh karena itu, banyak pasangan yang datang berlibur ke tempat ini pada hari Sabtu.

7. Lempar Jumrah

Ada fasilitas yang menarik di tempat wisata ini yaitu miniatur haji. Miniatur ini sangat mirip bentuknya dengan Ka’bah. Anda bisa mencoba mengunjungi tempat ini dengan cara melempar jumrah seperti yang dilakukan umat Islam saat berhaji.

Anda juga harus mengenakan pakaian Ikhram jika ingin mengunjungi fasilitas ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawanya karena ada pakaian yang disewakan. Hal ini juga dilakukan pihak pengelola untuk mengedukasi wisatawan tentang ziarah.

8. Wisata kuliner

Bermain seharian dengan berbagai wahana yang tersedia akan membuat Anda lapar. Anda tidak perlu khawatir karena ada food court yang menawarkan berbagai makanan lezat dan murah untuk menghilangkan rasa lapar wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Sekipan

Fasilitas Bukit SekipanKredit gambar: Google Maps Faza Fikar Sidik

Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Anda dapat menemukan semua fasilitas umum seperti toilet, ATM center, mushola dan lain-lain. Bagi Anda yang datang dari luar kota atau ingin bermalam di bukit ini, Anda bisa memesan kamar yang disediakan pengelola.

Beberapa informasi di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang Bukit Sekipan Tawangmangu. Lebih baik memilih liburan di tempat ini pada saat weekday karena pengunjung yang datang tidak terlalu ramai dibandingkan dengan akhir pekan atau libur panjang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button