Pantai Kelan Tuban, pesona pantai tenang yang menyegarkan hati - WisataHits
wisatahits

Pantai Kelan Tuban, pesona pantai tenang yang menyegarkan hati

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tuban, Kecamatan. Kuta, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pantai Kuta memang salah satu primadona Pulau Dewata, Bali yang tak pernah sepi pengunjung. Namun tahukah Anda bahwa ada pantai di kawasan Kuta yang menawarkan pemandangan yang tak kalah eksotis dengan Kuta? Penduduk setempat menyebutnya Pantai Kelan Tuban.

Berada di lokasi yang cukup strategis agar mudah ditemukan menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung memilih untuk datang ke pantai yang indah ini. Terletak di kawasan Kuta, sehingga pengunjung bisa mengunjungi dua pantai sekaligus.

Memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih menjadi alasan lain mengapa banyak wisatawan asing lebih memilih mengunjungi Pantai Kelan. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke sini, berikut beberapa informasi yang bisa Anda jadikan referensi selama berlibur di pantai ini.

Tempat Wisata Pantai Kelan Tuban

Aktivitas di Pantai Kelan TubanKredit gambar: Twitter hari libur lokal

1. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai Tuban dan Kuta masih berada di garis pantai yang sama, namun keduanya memiliki pesona yang berbeda. Walaupun Kuta selalu ramai dengan pengunjung lokal dan asing, pantai ini berbeda.

Hanya sedikit wisatawan yang tahu tentang pantai Badung ini. Alhasil, suasana tempat wisata tunggal ini jauh lebih tenang. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai.

2. Letaknya tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai

Seperti disebutkan di atas, Pantai Kelan berada di lokasi yang sangat strategis. Pasalnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju kawasan wisata ini.

Faktor lokasi menjadi salah satu alasan mengapa beberapa wisatawan lebih memilih untuk mengunjungi pantai ini. Selain dekat dengan bandara, pantai ini juga masih berada di kawasan populer Bali. Dengan demikian, pengunjung hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk menginjakkan kaki di pantai.

3. Perhatikan pendaratan pesawat

Lokasi pantai yang tidak terlalu jauh dari satu-satunya bandara internasional Bali memberikan keunikan tersendiri pada objek wisata bahari ini. Sambil bersantai di pasir pantai yang hangat, pengunjung bisa menyaksikan pesawat mendarat dari kejauhan.

Selain itu, pemandangan bandara juga akan lebih enak dilihat dari pantai. Apalagi di malam hari, pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip lampu area bandara seperti menyaksikan bintang bertebaran di langit.

4. Pantai Pasir Coklat

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Kelan TubanKredit gambar: Facebook BALI LIB

Pantai Kelan Tuban memiliki pasir berwarna coklat. Namun pasir di pantai ini masih sangat halus bahkan bersih. Selain itu, garis pantainya juga sangat panjang dengan garis tepi yang cukup mulus.

5. Deretan perahu nelayan

Di pantai ini, wisatawan bisa melihat deretan perahu nelayan yang berhenti di bibir pantai. Pemandangan ini menjadi salah satu daya tarik pantai ini, terutama bagi yang ingin mengabadikan pemandangan sore hari dengan latar belakang perahu nelayan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KelanKredit gambar: Google Maps Adi Wijaya

Pantai Kelan terletak di kawasan wisata, sehingga akses menuju tempat wisata ini sangat mudah. Objek wisata ini terletak di desa adat Tuban yang masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Badung Bali.

Hanya dengan menempuh jarak sekitar 3 km dari Bandara Ngurah Rai, pengunjung dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan mengendarai kendaraan bermotor selama 10-15 menit. Rute yang akan ditempuh juga cukup mudah, bahkan bagi pengunjung di luar Bali.

Jika Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai, sangat disarankan agar Anda mencari kendaraan yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Biasanya banyak warga sekitar yang menyewakan kendaraan bermotor dengan harga sewa yang bervariasi.

Setelah Anda mengumpulkan kendaraan, keluar dari area bandara dan lurus ke utara. Setelah itu lurus terus sampai menemukan pertigaan. Dari pertigaan, belok kanan dan lurus terus ke Jalan Dewi Sartika. Dari jalan ini Anda masih harus berjalan lurus sampai menemukan perempatan.

Dari perempatan, belok kiri untuk masuk ke Jalan Wana Segata. Sesampainya di jalan ini, Anda bisa mengarahkan sepeda motor atau mobil Anda langsung ke tempat parkir yang tersedia. Dari tempat parkir, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk sampai di panti asuhan.

Harga tiket untuk bisa menikmati pesona Pantai Kelan sangat terjangkau yaitu hanya sekitar 2000 rupiah saja. Padahal, nominal tersebut bukanlah biaya masuk, melainkan hanya biaya parkir. Sama sekali tidak ada tiket masuk yang dikenakan biaya.

Namun jika anda berangkat dari bandara Ngurah Rai tentunya anda harus menyiapkan dana untuk menyewa kendaraan. Dibutuhkan sekitar 500.000 rupee untuk menyewa mobil travel yang siap mengantar Anda ke sana. Tentu saja, Anda tidak akan dikenakan biaya sebesar itu jika memilih untuk menyewa kendaraan roda dua.

Selain menyewa kendaraan, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum atau Damri. Petugas keamanan di sekitar bandara dapat membantu Anda menemukan alat transportasi termurah yang dapat Anda gunakan untuk mengunjungi lokasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kelan Tuban

Aktivitas Menarik di Pantai Kelan TubanKredit gambar: Facebook Tan Fei Sin

1. Berenang dan permainan air

Pantai Kelan merupakan pantai dengan air laut yang sangat bersih dan jernih, sehingga dari kejauhan pantai ini terlihat begitu biru seperti langit. Wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan diri untuk menikmati jernihnya air laut dengan berenang atau sekedar menunggu deburan ombak menerpa kaki.

2. Jalan-jalan di pantai

Garis pantainya yang panjang menjadikan kawasan ini ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut Bali yang indah sambil berjalan-jalan. Selain itu, butiran halus pasir pantai di telapak kaki bisa menambah sensasi berwisata di pantai ini.

Kegiatan ini patut dicoba, terutama bagi wisatawan yang ingin menyegarkan kembali semangatnya saat berkeliling pantai diiringi deburan ombak yang membasuh kaki. Berjalan kaki atau bahkan berlari bersama bayi juga akan menambah keseruan berwisata di pantai ini.

3. Nikmati malam ini

Sore hari adalah waktu yang paling ditunggu oleh para hunter matahari terbenam. Pasalnya, bisa menyaksikan dan mengabadikan detik-detik sunset di pantai Bali menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi banyak pengunjung pantai ini.

Pantai Kelan menawarkan titik yang tepat untuk dapat dengan nyaman menikmati suasana sore hari bersama pasangan ataupun bersama keluarga. Warna langit merah kekuning-kuningan berpadu dengan birunya langit dan semilir angin pantai mampu memberikan keteduhan bagi siapa saja yang melihatnya.

Momen seperti ini tentu tidak boleh dilewatkan dan harus diabadikan. Jangan lupa juga untuk membagikan momen yang hanya bisa dinikmati dalam sekejap mata di media sosial agar banyak orang yang tertarik untuk menjelajahi pantai ini.

4. Saksikan deretan perahu di pantai

Kredit gambar: Instagram Nyoman Widnyana https://www.i.com/minko_kenz/Kredit Gambar: Instagram Nyoman Widnyana

Deretan perahu yang singgah di pesisir pantai bisa menjadi spot foto yang unik. Pengunjung dapat menggunakan perahu sebagai latar belakang untuk mengambil foto atau sebagai objek utama dari foto yang ingin mereka ambil.

Bahkan beberapa perahu juga disewakan kepada pengunjung yang ingin berkeliling pantai dengan cara yang berbeda. Setiap perahu biasanya dapat menampung 6 orang dewasa dengan harga sewa sekitar 200.000 untuk satu jam. Jika ingin melangkah lebih jauh, pengunjung harus menyiapkan dana hingga 500.000 rupee.

5. Abadikan momen

Pantai Kelan merupakan pantai yang dulunya merupakan pelabuhan. Saat ini, pantai dermaga tua telah menjadi salah satu tempat wisata Bali yang selalu bersih dan semakin diejek. Oleh karena itu, kawasan wisata ini sering dikunjungi wisatawan yang kebetulan merupakan fotografer profesional atau amatir untuk mengabadikan setiap momen.

6. Duduk santai

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah kafe yang menawarkan meja dan kursi di sekitar pantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai sambil bercengkrama dengan pasangannya.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit gambar: Google Maps Hotel Melati View

1. Hotel RedDoorz

Ada banyak hostel yang terletak cukup dekat dengan kawasan Pantai Kelan Tuban, salah satunya adalah RedDoorz Hotel. Selain letaknya yang dekat, hostel ini juga menawarkan tarif sewa kamar semalam yang cukup murah. Meski murah, namun pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan hotel ini cukup lengkap dan memuaskan.

2. Hotel Pemandangan Melati

Kawasan Kuta, Bali merupakan kawasan wisata yang populer di kalangan wisatawan. Jadi jika Anda membutuhkan akomodasi yang tidak mengharuskan Anda berjalan terlalu jauh dari hotel ke pantai, maka Melati View Hotel bisa dijadikan referensi. Selain dekat dengan kawasan wisata, Anda juga akan disuguhi pemandangan pantai dari kamar yang sudah Anda pesan.

3. Penginapan Bemo

Hostel ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berwisata ke pantai bersama keluarga atau teman. Pelayanan yang ditawarkan sangat memuaskan dan fasilitasnya juga memadai. Bahkan di sini, pengunjung bisa memesan instalasi tertentu untuk dibawa ke dalam aula.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area Pantai KelanKredit gambar: Google Maps Fuad Tampan

Di kawasan wisata Pantai Kelan, pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Salah satunya adalah tempat parkir yang luas dan dengan keamanan yang terjamin. Sehingga wisatawan yang membawa kendaraan tidak perlu khawatir terhadap pencurian kendaraan bermotor.

Selain itu, ada juga sejumlah kursi dengan payung besar di pantai. Pengunjung yang ingin berteduh dapat memanfaatkan tempat tersebut untuk beristirahat sejenak. Pantai ini juga menawarkan toilet dan tong sampah yang tersebar di beberapa titik. Hal ini diberlakukan agar pengunjung ikut serta menjaga kebersihan pantai.

Selain fasilitas umum, kawasan pantai ini juga dipenuhi dengan tempat makan yang menawarkan beragam menu. Ada menu khas Indonesia, makanan khas luar negeri bahkan masakan Bali yang membuat Anda ingin langsung mencicipinya.

Itulah sedikit ulasan tentang pantai Kelan Tuban yang keindahannya tidak kalah dengan sejumlah wisata pantai terkenal Bali lainnya. Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar tempat yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali nanti.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button