Tim Ekspedisi Maritim TNI AL berhasil menyelesaikan misi - WisataHits
Jawa Tengah

Tim Ekspedisi Maritim TNI AL berhasil menyelesaikan misi

PELOPOR.net – Jakarta – Tim Ekspedisi Maritim bekerja sama dengan TNI AL dan Tempo menjelajahi kejayaan bahari nusantara tiba di Markas Besar Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (10/11/2022) setelah menyelesaikan misi yang telah dilakukan sejak 21 September 2022 dengan mengunjungi beberapa tempat/kota di pulau jawa yang memiliki sejarah bahari dan TNI AL.

Kedatangan Tim Ekspedisi Maritim disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjen Laksamana TNI Sunaryo, Laksamana Asrena Kasal TNI Dr. Iwan Isnuwanto, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Maret) Nur Alamsyah, Kadispenal Laksamana TNI Julius Widjojono dan Kepala Sub Dispenal Kolonel La Ode serta Direktur Media Group Tempo Meky Sofyansyah di Gedung Utama Mabes.

Ekspedisi Maritim TNI AL dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia berupa lautan, yang memiliki beragam sejarah, potensi bahari dan wisata bahari yang harus terus dilestarikan agar dapat memberikan kontribusi penting yang mampu kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Misi ekspedisi bahari ini adalah untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan sejarah bahari, sejarah bahari, potensi bahari dan wisata bahari khususnya di pulau Jawa, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat tentang sejarah bahari dan Sejarah TNI Angkatan Laut untuk menciptakan kecintaan pada pelayaran, terutama bagi generasi muda.

Setelah berangkat dari Dermaga Kolinlamil di Jakarta Utara pada 21 September 2022, tim ekspedisi melanjutkan perjalanan ke Cirebon dengan KRI Dewaruci. Kemudian dari Cirebon lewat darat ke Tegal, Semarang, Salatiga, Juwana, Rembang, Surabaya, Pacitan, Jogjakarta, Cilacap, Pangandaran dan kembali ke Jakarta.

Dalam menjalankan misi tersebut, tim ekspedisi Tempo yang berjumlah delapan orang didampingi personel dari Dispenal, Disjarah dan Dispotmaral serta dibantu TNI Angkatan Laut di daerah yang dikunjungi. Semua tujuan ekspedisi ini telah berhasil diselesaikan.

Selama menjalankan misi, ada beberapa hal menarik yang diperhatikan tim ekspedisi. Pada tanggal 24 September 2022, Tim Ekspedisi Maritim melakukan penyelaman di lokasi tenggelamnya KRI Gajah Mada-408 di perairan Teluk Cirebon pada koordinat 06°40′066″ LS – 108°35 847″ BT pada kedalaman sekitar 9 meter dan berhasil menemukan bangkai kapal sebagai bukti nyata kejayaan TNI AL saat itu.

Selama berada di Tegal pada 26 September 2022, Tim Ekspedisi Maritim berhasil mengungkap dan menelusuri sejarah cikal bakal TNI Angkatan Laut. Tim juga melakukan wawancara dengan ustadz kharismatik Habib Luthfi yang mengetahui dan menjelaskan seluk-beluk sejarah TNI AL Tegal.

Sementara itu, pada 9 Oktober 2022 di Pangandaran, tim ekspedisi melakukan wawancara dengan Ibu Susi Pudjiastuti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Ekspedisi Maritim TNI AL.

(Angkatan Laut. / Feri)

90 pembaca, 90 hari ini

Source: pelopor.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button