Apakah Anda sedang merencanakan liburan ke Danau Toba? Ini 3 Tempat Rekomendasi Cari Kain Unik Danau Toba - WisataHits
Jawa Tengah

Apakah Anda sedang merencanakan liburan ke Danau Toba? Ini 3 Tempat Rekomendasi Cari Kain Unik Danau Toba

Grid.ID – Danau Toba tidak hanya terkenal dengan potensi alamnya yang mempesona, tetapi juga sangat kaya akan budaya. Terdiri dari delapan distrik dan dihuni oleh empat klan (Kelompok) adat yang berbeda yaitu Toba, Simalungun, Karo dan Pak-Pak, kawasan danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki corak budaya yang beragam.

Bentuk budayanya mulai dari bahasa dan adat istiadat hingga produk ekonomi kreatif seperti kain ulos dan kain uis. FYI: Kain Ulos dan Kain Uis adalah kain tenun dari Batak yang biasa digunakan dalam upacara adat seperti pernikahan, masuk rumah, dan kematian.

Kain wastra atau kain Batak merupakan oleh-oleh yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, bahkan mendunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pengembangan destinasi wisata yang didukung oleh potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal, khususnya wastra Batak, ulos, bermanfaat bagi upaya pemulihan ekonomi dan devisa yang sangat diperlukan jasanya.

“Saya berharap kita semua lebih proaktif dalam menciptakan, berinovasi, melestarikan dan memanfaatkan warisan leluhur, khususnya Ulos, untuk peningkatan ekonomi,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Ini 4 Destinasi Seru yang Bisa Dieksplor di Kota Solo Saat Siang Hari

Oleh karena itu, para perajin ulos di kawasan Danau Toba terus berinovasi untuk melestarikan produk fesyen lokal ini. Selain itu, Ulos telah diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Bagi Anda yang penasaran ingin berburu dan melihat langsung proses pembuatan kain ulos dan uis, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Danau Toba di Sumatera Utara. Selain proses pembuatan kain ulos, Anda juga bisa menikmati keindahan Danau Toba.

Saat merencanakan liburan di Danau Toba, Anda bisa menyaksikan siaran langsung Obrolan Bersama Mas Menteri atau NGATRI di akun Instagram @pesona.indonesia setiap akhir pekan untuk mengetahui berbagai destinasi wisata di Tanah Air.

Ikuti juga kuisnya konsekuensi Akun Instagram @pesona.indonesia, lalu jawab pertanyaan di kolom komentar dan untuk memberi nama tiga temanmu untuk bergabung, ya! Dapatkan berbagai hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Baca Juga: Ini 4 Tempat Berburu Tie-Dye yang Bisa Bikin Kamu Makin Cinta Yogyakarta

Berikut tiga tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mencari kain ulos dan uis sebagai produk fashion khas masyarakat Batak kawasan Danau Toba!

1. pewarna ikat

TokoBatikta mengusung slogan Fabric that Tells a Story dan menawarkan beragam ulos.

Dermaga. Kemenparekraf

TokoBatikta mengusung slogan Fabric that Tells a Story dan menawarkan beragam ulos.

Toko yang berlokasi di Jalan Pematang Siantar, Tampubolon, Kecamatan Balige, Toba ini merupakan toko terlengkap jika ingin mencari kain khas Batak di kawasan Danau Toba sebagai oleh-oleh.

Di bawah slogan “Kain yang bercerita”, Batikta menawarkan berbagai jenis Ulos, termasuk Ulos yang ditenun dan menggunakan pewarna alami.

Dengan misi melestarikan warisan leluhur, Batikta menonjolkan berbagai corak ulos dalam pakaian yang bisa dikenakan sehari-hari, seperti kemeja dan gaun. Sebuah gaun.

Batikta dikenal tidak hanya sebagai toko kain terlengkap, tetapi juga sebagai toko yang menjual produk-produk buatan pengrajin lokal dan usaha kecil dan mikro dari kawasan Danau Toba, sehingga Anda dapat membeli oleh-oleh lokal lainnya, mis. hanya sponsSambal Andaliman dan aksesoris bernuansa Batak.

Jika lelah berbelanja, Anda bisa istirahat sejenak di Kafe Hutanta. Terletak di gedung yang sama dengan toko Batikta, kafe ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan karena danau terbesar di Asia Tenggara terlihat jelas sebagai latar belakang.

Baca Juga: Ingin Lebih Dekat dengan Budaya Bali? Lakukan 3 kegiatan ini!

Kemudian anda dapat melanjutkan liburan anda dengan mengunjungi pantai Bul Bul di Balige yang berjarak sekitar 8 menit dari toko Batikta.

2. Pasar Tomok

Berbagai jenis Ulos bisa Anda beli di Pasar Tomok.

Dermaga. Kemenparekraf

Berbagai jenis Ulos bisa Anda beli di Pasar Tomok.

Terletak tidak jauh dari Pelabuhan Tomok, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berjalan kaki, yang membuat Pasar Tomok sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Di pasar ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis ulos yang dikenal memiliki corak yang berbeda-beda dengan arti dan fungsi yang berbeda pula. Mulai dari kain ulos yang dapat digunakan untuk keperluan tradisional hingga kain ulos yang hanya digunakan sebagai pemanis pakaian.

Para pengrajin di pasar Tomok juga sudah berani berinovasi. Jangan heran jika Anda menemukan produk ulos yang inovatif seperti tas, gelang, tas, Syaldan syal.

Selain itu, Anda juga dapat melihat ukiran Batak seperti candaanpatung kadal dan rumah Bolon.

Baca Juga: Itinerary Sehari Penuh di Semarang, Buruan Foto Makanan Keren di 4 Destinasi Ini!

Perjalanan Anda akan semakin lengkap jika mampir ke Huta Sidabutar yang terletak di belakang Pasar Tomok. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana seperti rumah besar (menari) dengan patung badai sigale dan berziarah ke makam Raja Sidabutar, leluhur marga Sidabutar.

3. Rumah Ui

Di Rumah Uis Anda akan menemukan kain kotak-kotak khas yang disebut Uis.

Dermaga. Kemenparekraf

Di Rumah Uis Anda akan menemukan kain kotak-kotak khas yang disebut Uis.

Rumah Uis terletak tidak jauh dari pusat kota Medan, tepatnya di Jalan Jamin Ginting 252, Kwala Bekala, Medan Johor. Rumah Uis cocok untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh sebelum menuju bandara.

Sementara dua toko sebelumnya menjual kain khas Toba bernama Ulos, di Rumah Uis Anda akan menemukan kain khas Karo bernama Uis. Sesuai dengan nama tokonya, Rumah Uis menawarkan berbagai Uis mulai dari kain Uis yang digunakan dalam upacara adat hingga produk Uis yang inovatif seperti kalung, gelang, kopeltas dan pakaian.

Produk yang paling diminati konsumen adalah dress kombinasi tanda tangan Rumah Uis, produk yang dikembangkan dari kain cek asli. Produk di Rumah Uis ini spesial karena desainnya dikerjakan langsung buatan tangan oleh pemilik Avariana Barus.

Sebagai? Sudah siap membeli sastra khas Danau Toba? Pastikan Anda divaksinasi sebelum Anda bepergian pemacu. Jika berwisata ke sana, usahakan untuk mengikuti protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak agar aktivitas wisata aman dan nyaman.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang destinasi wisata dan inspirasi industri kreatif #DiIndonesiaAja konsekuensi akun instagram @pesona.indonesiaFacebook @pesona.indonesiaTwitter @pesonaindonesiacentang Tok @pesonaindonesiadan YouTube Pesona Indonesia, serta kunjungannya situs web www.indonesia.travel.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Logo Parapua

Artikel ini adalah bagian dari Parapuan.

Parapuan adalah ruang realisasi diri bagi perempuan untuk mencapai impiannya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button