Ulasan Lengkap Wisata Bendung Serayu Banyumas - WisataHits
wisatahits

Ulasan Lengkap Wisata Bendung Serayu Banyumas

Bendung Gerak Serayu Banyumas – Berlibur di tempat wisata alam menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang untuk refreshing atau menyegarkan pikiran dari segala macam hal yang membuat pusing kepala.

Bendungan terbesar di Indonesia, bendungan ini disebut Bendung Gerak Serayu.
Foto: Google maps/Cahyani Unik

Jika tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk berlibur, sahabat parawisata.net bisa langsung menuju ke salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bendungan ini bernama Bendung Gerak Serayu.

Lokasi bendungan

Bendung Gerak Serayu terletak di jalan utama Purwokerto – Cilacap, tepatnya beralamat di Jl. Kebasen, Persawahan/Kebun, Gambarsari, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi bendungan dari pusat kota Cilacap sekitar 34,1 kilometer dan hanya membutuhkan waktu 54 menit untuk berkeliling menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Untuk rute tercepat berdasarkan petunjuk arah Google Maps, Anda bisa menggunakan jalur Gumilir – Purwokerto/Jl. Raya Purwokerto.

Bendungan Gerak Serayu telah digunakan sebagai tempat wisata alam selama beberapa tahun, bendungan ini dibangun pada tahun 1993 dan keberadaan bendungan ini baru diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia, Suharto.

Bendungan Gerak Serayu memiliki luas 5 hektar, fungsi utama bendungan ini adalah sebagai sarana pengairan atau pengairan sawah sehingga pada saat musim kemarau tiba, seluruh areal persawahan Cilacap, Banyumas, Purwokerto dan Kebumen menjadi kabupaten tidak kekurangan air sama sekali.

Bendungan terbesar di Indonesia, bendungan ini disebut Bendung Gerak Serayu.
Foto: Google maps/ainun wastu alif

Wisata alam

Bendungan Gerak Serayu merupakan alternatif wisata alam bagi masyarakat sekitar, karena bendungan ini memiliki keindahan alam yang dapat dinikmati secara gratis atau gratis. Anda juga bisa melihat aliran bendungan seperti air terjun yang deras.

Akses menuju bendungan sudah bagus dengan jalan beraspal dan fasilitas pendukungnya tidak main-main, anda bisa memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang sangat luas kemudian anda bisa melihat keindahan alam yang disuguhkan oleh Serayu Gedam.

Di sisi kanan dan kiri bendungan terdapat hamparan perbukitan hijau yang begitu menakjubkan, berfoto selfie dengan perbukitan hijau pasti keren dan sangat instagramable lho. Bendung Gerak Serayu juga bersebelahan dengan rel kereta api, sehingga terkadang Anda bisa melihat kereta api yang lewat. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin mengejar sunset atau matahari terbenam.

Banyak pengunjung dari luar kota seperti Purwokerto, Kebumen, Cilacap, Banyumas dan lain-lain yang datang ke Bendung Gerak Serayu untuk duduk santai, ada juga yang melakukan kegiatan positif seperti jogging, bersepeda santai dan lari keliling bendungan. Teman-teman Parawisata.net juga bisa menikmati olahraga air seperti dayung di bendungan ini.

Bendungan terbesar di Indonesia, bendungan ini disebut Bendung Gerak Serayu.
Foto: Google maps/ainun wastu alif

Tak hanya memamerkan pesona alamnya, ternyata Bendungan Serayu Gerak juga menyuguhkan wisata kuliner yang enak lho. Anda akan bisa mencicipi masakan dengan harga murah yang dijual oleh para pedagang.

Menikmati mendoan panas dan secangkir kopi sambil mengagumi keindahan Bendungan Gerak Serayu pasti menjadi dambaan semua orang. Anda bisa mengunjungi bendungan Gerak Serayu dari hari Senin sampai Minggu, bendungan ini buka 24 jam sehari. Karena itu Anda bebas datang tanpa batas waktu.

Akomodasi di sekitar

Untuk urusan akomodasi, Anda tidak perlu lagi khawatir karena ada hotel yang tidak terlalu jauh dari bendungan Serayu Gerak, yaitu Grand Karlita Hotel Purwokerto yang berlokasi di Jl.S. Parman No.296, Purwokerto.

Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp 592.314 per malam. Anda dapat mengikuti akun Instagram @grandkarlitapurwokerto untuk melihat status kamar hotel dan dapat menghubungi nomor telepon 082264888080 untuk memesan kamar hotel.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button