Pantai Matras, pesona eksotisme pantai pasir putih di Pulau Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Matras, pesona eksotisme pantai pasir putih di Pulau Bangka

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00-15.00 WIB, Alamat: Jl.Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bangka merupakan salah satu dari 10 pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini memiliki banyak sekali keindahan alam, salah satunya adalah wisata pantai. Pantai yang paling favorit di pulau yang ada di Provinsi Bangka Belitung ini adalah Pantai Matras.

Pantai eksotis ini menyimpan banyak keunikan yang memikat. Keindahan alamnya menjadi salah satu daya tarik utama tempat ini. Kebersihan Pantai Bangka terjaga dengan air yang tenang memberikan suasana liburan yang aman dan nyaman.

Sudah banyak wisatawan yang melewati pantai favorit wisatawan domestik maupun mancanegara ini. Pantai pasir putih bersih mutiara ini memiliki fasilitas yang sangat baik dan dapat mendukung kegiatan wisata yang menyenangkan, sehingga cocok sebagai pilihan wisata keluarga.

Daya tarik yang dimiliki pantai Matras

Obyek wisata Pantai KasurKredit gambar: Google Maps Apeade _e

Pantai Matras merupakan destinasi favorit yang wajib dikunjungi di Pulau Bangka. Banyak wisatawan yang telah mengunjungi masyarakat lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan orang tersayang. Banyak hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai yang disebut pantai Kuta Bangka ini.

1. Hamparan pasir putih

Pantai indah ini memiliki pasir putih yang luas bertekstur halus dengan dataran landai yang menarik banyak wisatawan. Karena pasirnya yang lembut dan bersih, pantai ini disebut sebagai mutiara dan surga tersembunyi di Bangka.

2. Makanan khas Bangka

Banyak resto dan brasserie yang menawarkan menu seafood dengan resep ala Bangka. Selain itu, ada banyak pilihan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bangka, seperti kecalok, kerupuk ikan, rusip, keretek cumi/ikan, belacan/trasi, kempang bakar dan lada bubuk.

3. Kuta Bali di Bangka

Pantai ini sering disebut oleh banyak wisatawan sebagai Pantai Kuta Bali yang terletak di Bangka. Bukan tanpa alasan, pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km yang membentang dari ujung utara hingga selatan. Masing-masing sisi juga memiliki keindahan tersendiri.

4. Panorama indah di sisi utara dan selatan

Pantai Matras memiliki panorama yang indah yang terbagi menjadi dua bagian yaitu sisi utara dan sisi selatan pantai. Panorama di sisi utara mencakup pantai berpasir yang sangat luas dan tak berujung di arah selatan. Pemandangan laut lepas dengan pasir putihnya mampu memanjakan mata para wisatawan.

Pemandangan di sisi selatan berupa bongkahan batu granit yang tersusun rapi dengan latar belakang pohon kelapa dan birunya air laut menunjukkan keindahan tersendiri. Lokasi ini bisa dijadikan spot foto yang menarik.

5. Banyak pilihan akomodasi

Pengunjung dari luar daerah tidak perlu khawatir akan bermalam di mana. Ada banyak penginapan yang bisa menjadi pilihan pengunjung, mulai dari bungalow sederhana hingga hotel bintang empat yang nyaman.

6. Dijuluki Pantai Rakyat

Pantai eksotik ini letaknya tidak jauh dari pusat kota, sehingga akses untuk mengunjunginya mudah. Selain itu, harga tiket yang sangat terjangkau membuatnya mendapat julukan Pantai Rakyat oleh masyarakat setempat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat wisata pantai matrasKredit gambar: Google Maps Ramadhani Prastyantoro

Pantai Matras terletak di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat. Letaknya 40 km dari Pangkalpinang atau dapat ditempuh melalui jalan darat selama kurang lebih 1 jam.

Sedangkan jika wisatawan berangkat dari Kota Sungai Liat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit atau menempuh jarak sekitar 13 km. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir dengan akses menuju pantai indah ini.

Pemerintah memberikan perhatian khusus pada salah satu tempat wisata andalan Bangka Belitung ini dengan membangun jalan aspal yang lebar dan rata sehingga dapat dilalui berbagai jenis kendaraan.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan untuk menuju pantai yang memiliki panjang 5 km dari semenanjung utara hingga ujung selatan. Untuk mengetahui rute perjalanan, pengunjung dapat dengan mudah mengakses lokasi pantai Matras dengan cara mencarinya di kotak pencarian di Google Maps karena tersedia informasi yang lengkap.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan, bisa menuju pantai menawan ini dengan menyewa atau memesan kendaraan. Jika titik penjemputan di bandara Depati Amir, ada kendaraan yang bisa disewa menuju pantai bernama mutiara indah ini.

Ada pilihan lain menggunakan angkutan umum seperti angkot yaitu angkutan kota Colt dari arah Pangkalpinang atau menggunakan ojek. on line. Jalan yang melintas dari arah Pangkalpinang ini memiliki dataran bergelombang.

Untuk bisa masuk ke pantai cantik ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang relatif murah, yaitu antara Rp2.000 hingga Rp5.000 per orang.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Matras

Kegiatan Wisata Pantai KasurKredit gambar: Google Maps Krysna K. Manggala

1. Berenang

Pantai Matras memiliki ombak air yang tenang, sehingga aman bagi mereka yang ingin berenang dan bermain air. Apalagi bagi pengunjung yang membawa anak-anak, sangat aman asalkan selalu dalam pengawasan orang dewasa.

2. Piknik

Meletakkan tikar, membawa bekal, sambil menikmati suasana sekitar pantai dengan semilir angin sepoi-sepoi merupakan kegiatan yang menarik dan sangat menyenangkan. Makan bersama orang tersayang sambil menikmati hidangan lezat di atas butiran pasir yang lembut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Agar piknik semakin menyenangkan, ada baiknya pengunjung menyiapkan perlengkapan rumah seperti tikar, tabir surya, kacamata hitam, sandal, dan perlengkapan lainnya.

3. Ambil foto Ria

Salah satu aktivitas wajib yang tak boleh dilewatkan pengunjung adalah berfoto di pantai yang mempesona ini. Ada banyak spot foto yang akan mengungkap keindahan foto yang diambil. Batu-batu granit dengan pasir putih di antara pepohonan bisa menjadi spot foto terbaik.

4. Berkemah dan BBQ

Kegiatan di Wisata Pantai KasurKredit gambar: Google Maps Irwan Syah

Menghabiskan malam di pantai Matras mendirikan tenda kemah sembari ikan segar hasil tangkapan nelayan di barbeque sangat menarik untuk dilakukan bersama teman bahkan keluarga. Suasana malam di pantai ini juga memukau dengan perahu-perahu nelayan yang bertebaran di tengah laut dengan penerangan seadanya membuat malam semakin gemerlap.

Selain menikmati ikan bakar sendiri, pengunjung juga bisa menikmati pisang goreng keju, ubi goreng keju, kolak labu merah, dan aneka minuman panas yang bisa didapatkan dari restoran terdekat.

5. Cicipi ikan segar

Pengunjung dapat mencicipi ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Banyak rumah makan yang menjual air laut yang diolah dengan bumbu khas masyarakat Bangka.

Selain mencicipi olahan ikan, pengunjung juga bisa mendapatkan ikan segar di pelelangan yang tersedia pada pukul 06:00 WIB – 07:00 WIB di pinggir pantai. Ikan yang tersedia antara lain bawal, ikan tyrian, cumi-cumi, udang bahkan kepiting.

6. Nikmati pemandangannya

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Matras adalah bersantai menikmati pemandangan di sore hari. Momen matahari terbenam yang mempesona di atas laut biru yang tak berujung sungguh menakjubkan.

Panorama indah lainnya, yakni banyaknya bebatuan granit yang berjejer di bibir pantai yang terhampar di atas hamparan pasir putih dengan latar belakang pohon kelapa dan di bawah langit biru adalah komposisi yang pas. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

7. Permainan pasir

Wisatawan yang berkunjung bersama keluarga dan membawa anak-anak sangat cocok mengunjungi pantai menawan ini. Pasir putihnya yang lembut sangat aman sebagai tempat bermain anak-anak.

Kegiatan ini bisa melatih kreativitas si kecil dengan membuat bangunan seperti istana mini atau sekedar menuliskan namanya di atas pasir.

8. Bermain bola atau voli pantai

Pasir pantai yang lembut ini menjadikannya tempat yang aman untuk bermain bola atau voli pantai. Bagi pengunjung yang membawa rombongan, bisa menjadikan aktivitas ini sebagai pilihan menghabiskan waktu di pantai. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa menyehatkan dan menguatkan tubuh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Kredit gambar: Google Maps KL Enzo

Pesona pantai di Matras ini sudah terekspose masyarakat mancanegara sehingga fasilitas yang ada cukup baik untuk menunjang aktivitas liburan para wisatawan.

Fasilitas yang ada antara lain akomodasi, tempat hiburan, pusat penjualan souvenir dan oleh-oleh, pelayanan wisata dan perjalanan, serta restoran. Tersedia banyak pilihan akomodasi, baik berupa hotel maupun bungalow sederhana.

Fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, tempat parkir, flushing room, kamar mandi dan tempat ibadah juga tersedia dengan baik. Sehingga para pengunjung yang hadir bisa lebih nyaman berlibur di pantai unik ini.

Inilah perbedaan atraksi, harga tiket masuk, rute dan fasilitas kawasan wisata Pantai Matras. Pantai ini mendapat perhatian yang baik dari pemerintah setempat sehingga fasilitas yang ada dapat menunjang kegiatan liburan. Jika tertarik, jadwalkan janji untuk bersantai di pantai yang tenang ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button