Air Terjun Siluwok, Menikmati Panorama Air Terjun yang Mempesona di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Siluwok, Menikmati Panorama Air Terjun yang Mempesona di Kulon Progo

Air Terjun Siluwok, Menikmati Panorama Air Terjun yang Mempesona di Kulon Progo

Pernahkah Anda mendengar tentang Air Terjun Siluwok? Kalau tidak biasa, karena masih merupakan objek wisata baru di Kulon Progo Yogyakarta.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Mengger Malang, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Ketika mendengar kata Jogja, yang terlintas di benak adalah keragaman wisata di sana. Hal ini memang benar, karena kota ini seolah menjadi surga bagi wisatawan di Indonesia.

Air terjun Siluwok ini berada di kawasan Kulon Progo dan selalu sangat indah. Lokasinya berada di kawasan hutan rakyat, sehingga keindahannya masih terjaga. Jika Anda tertarik untuk mencoba mengunjunginya, tidak ada salahnya untuk melihat dulu ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Curuk Siluwok

Obyek wisata Curuk SiluwokKredit gambar: Twitter jogjaupdate.com

Salah satu alasan Anda harus mencoba datang langsung ke air terjun di kawasan Kulon Progo Yogyakarta ini yang memiliki beberapa daya tarik antara lain:

1. Panorama air terjun yang mempesona

Air terjun atau Curug Siluwok ini memiliki ciri khas tersendiri. Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, khususnya di Kulon Progo. Air terjun ini mengalir dari tebing yang cukup tinggi. Warnanya juga menarik, yakni biru muda.

Namun, warna ini hanya akan muncul saat Anda mengunjunginya saat musim kemarau. Beda cerita kalau kamu datang di musim hujan. Ini karena kenampakan air terjun menjadi keruh berwarna coklat.

2. Lokasinya strategis

Padahal, lokasi Air Terjun Siluwok tidak jauh dari objek wisata lainnya, yakni Air Terjun Sidoharjo yang masih alami. Selama ini meski terbilang masih baru, wisata air terjun Siluwok justru semakin menjadi primadona di Kulon Progo.

Untuk bisa mengakses air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan melewati hutan yang masih sangat alami. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk datang, pastikan Anda memiliki tenaga dan kondisi fisik yang cukup. Jalur yang akan ditempuh berada di tepi tebing dan cukup licin.

3. Kesegaran alami air terjun pegunungan

Kedalaman Air Terjun Siluwok sendiri hanya sekitar 2 meter. Kedalaman yang luar biasa ini sebenarnya cukup aman digunakan untuk berenang. Selain itu, banyak juga spot foto yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Kesejukan Air Terjun Siluwok tidak boleh dianggap remeh. Anda dapat mencium bau khas air pegunungan yang dingin. Bisa menyegarkan pikiran yang lelah sejenak untuk mengisi ulang dan kembali beraktifitas.

4. Tidak terlalu tinggi tapi cukup berat

Air Terjun Siluwok sebenarnya tidak setinggi itu, hanya sekitar 20 meter saja. Meski begitu, bisa dikatakan debit airnya cukup besar. Di bawah ini adalah kolam alami yang ideal untuk berenang dan bermain air.

5. Keberadaan fauna eksotik

Untuk menuju Air Terjun Siluwok, pengunjung harus menempuh jalan setapak melewati hutan. Menariknya, jika beruntung, Anda bisa melihat sekumpulan hewan eksotis, yaitu monyet. Bahkan, ada hamparan sawah berundak yang memanjakan mata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SiluwokKredit gambar: Twitter vinkacu

Air Terjun Siluwok terletak di Jalan Kawenon, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Rute yang bisa ditempuh adalah melalui arah Seyegan menuju Balangan hingga kecamatan Minggir.

Begitu sampai di Minggir, Anda akan menemukan perempatan Dekso kemudian ambil arah Samigaluh. Dari sana, ikuti saja jalan hingga menemukan rambu Curug Sidoharjo. Wisata air terjun Siluwok berada dekat dengan air terjun Sidoharjo, sehingga bisa langsung dikunjungi.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai wisata ini adalah 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Perkiraan jarak kurang lebih 31 kilometer dan normalnya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 700 meter untuk sampai ke air terjun cantik ini. Jalannya licin dan di tepi jurang. Karena itu, Anda harus selalu berhati-hati selama perjalanan yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Karena tergolong baru, pihak pengelola tidak memungut biaya masuk untuk bisa melihat keindahan Air Terjun Siluwok secara langsung. Dengan kata lain, Anda bebas masuk dan keluar tanpa membayar biaya apapun.

Namun, khusus yang datang membawa kendaraan, bisa disiapkan biaya parkir. Biayanya tidak terlalu mahal dan termasuk terjangkau. Untuk mobil dikenakan biaya parkir Rp 5.000 sedangkan sepeda motor Rp 2.000.

Mengenai jam buka, sepertinya tidak ada ketentuan khusus. Artinya, Anda bisa berkunjung setiap hari. Lebih nyaman bagi Anda yang datang dari pagi hingga sore hari, mengingat medan yang akan dilalui tidak terlalu mudah sehingga lebih aman.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Siluwok

Aktivitas Seru di Air Terjun SiluwokKredit gambar: Google Maps Tommy Saputra

Lalu apa yang bisa pengunjung lakukan di sana? Ada banyak aktivitas meskipun cukup umum bagi wisatawan air terjun. Meski begitu, berlibur ke sana bisa memberikan pengalaman terbaik karena tempatnya yang masih sangat asri. Anda dapat melakukan hal-hal menyenangkan seperti:

1. Berenang

Kegiatan yang selalu dilakukan saat datang ke curug atau curug, apalagi jika bukan berenang. Di bawah air terjun Siluwok terdapat semacam kolam alami dengan kedalaman yang aman. Cocok untuk anda yang suka berenang karena airnya sangat segar dan dingin.

2. Rendam

Tidak terlalu suka berenang atau tidak pandai berenang? Tidak perlu dipaksa untuk berenang. Anda juga bisa menyejukkan diri, karena kolamnya sangat aman. Namun, saat musim hujan, jangan berenang di bawah air terjun.

Penyebabnya bisa karena air terjun membawa bahan berbahaya dari atas. Misalnya seperti sepotong kayu atau kerikil. Semua ini bisa melukai Anda saat mengenai tubuh atau kepala Anda.

3. Mainkan air

Pengunjung cukup bermain air di sekitar air terjun. Banyak orang melakukannya. Sambil menikmati dinginnya air terjun, Anda bisa merasakan sejuknya udara pegunungan.

4. Melompat dari tepi air terjun

Air Terjun Siluwok dikelilingi beberapa tebing tinggi dengan bongkahan batu besar di tepinya. Anda dapat menggunakannya untuk melompat ke air terjun. Akan menjadi sensasi tersendiri ketika sampai di dasar kolam air nanti. Tentunya kegiatan ini hanya boleh dilakukan bagi mereka yang sudah berpengalaman.

5. Ambil gambar

Pastikan juga untuk mengabadikan banyak momen menarik di Air Terjun Siliwok. Tersedia banyak spot foto menarik. Cocok untuk digunakan sebagai kenang-kenangan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Memasang Air Terjun SiluwokKredit gambar: Twitter Perjalanan

Air Terjun Siluwok tidak dikelola oleh siapapun. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa fasilitasnya masih sangat terbatas. Selain parkir di rumah warga setempat, di sana juga banyak yang berjualan makanan dan minuman ringan.

Jadi bagi anda yang cukup penat setelah seharian jalan-jalan, anda bisa mengisi ulang tenaga sejenak dengan memesan sajian yang sesuai dengan selera anda. Harganya relatif terjangkau. Ingat untuk selalu membuang sampah makanan dan minuman pada tempatnya untuk menjaga kelestarian tempat wisata tersebut.

Itulah ulasan yang cukup singkat tentang wisata Curug Siluwok di Yogyakarta. Meski masih baru dengan fasilitas minim, keindahannya justru menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menjadikannya destinasi wisata terbaik dengan mengajak keluarga atau orang tersayang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button