Kisah Horor Gedung Setan Di Surabaya, Ada Penampakan Hantu Noni Belanda: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Kisah Horor Gedung Setan Di Surabaya, Ada Penampakan Hantu Noni Belanda: Okezone Travel

BANGUNAN Setan murni Surabaya menyimpan banyak cerita horor. Bangunan Kolonial Belanda ini terletak di sekitar Pasar Kebang, Jalan Banyuurip Wetan IA, Desa Banyuurip, Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Bangunan yang dijuluki Devil’s Building oleh warga sekitar ini sudah berdiri hampir dua abad, seluas sekitar 400 meter dan memiliki 40 ruangan interior.

Sayangnya, bangunan bersejarah ini tidak terawat dengan baik. Beberapa dinding mulai mengelupas dan ubin mulai jatuh.

Bisa dibayangkan betapa seramnya bangunan tak berpenghuni ini dan misteri apa saja yang masih tersembunyi di dalamnya.

Kisah Bangunan Setan di Banyu Urip Surabaya

Gedung Setan pertama kali dibangun pada abad ke-18, tepatnya sejak tahun 1809, oleh JA Van Middle Koop, seorang pengusaha yang diangkat menjadi gubernur Hindia Belanda di Maluku.

Awalnya, Gubernur Jenderal Daendels kekurangan dana untuk menjalankan urusan pemerintahan, sehingga mereka harus menjual sebagian tanahnya kepada siapa saja yang ingin membelinya.

JA Van Middle Koop akhirnya membeli tanah tersebut dan membangun sebuah rumah besar bergaya Eropa yang sangat populer saat itu.

BACA JUGA:10 wisata horor di surabaya bikin merinding!

Sayangnya JA Van Middle Koop tidak sempat menempati rumah tersebut karena diangkat menjadi gubernur Maluku dan harus tinggal di Maluku hingga tahun 1822.

Sementara itu, tanah bangunan tersebut dibeli oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels, pada tahun 1808-1811. Setelah kebangkrutan, bangunan itu tidak digunakan dan dibiarkan kosong selama bertahun-tahun.

Kemudian gedung tersebut diperiksa oleh seorang dokter keturunan Tionghoa bernama Dr. Teng Sio Halo. Sekitar tahun 1948 bangunan ini diubah menjadi tempat perlindungan bagi keturunan Tionghoa.

Dengan kepergian VOC dari Indonesia, kawasan di sekitar bangunan besar itu menjadi kuburan bagi keturunan Tionghoa.

ilustrasi

Sedangkan dia dari dr. Teng Sioe Hie, mengaku sering melihat perempuan Eropa yang terus menghantui rumah tempat tinggalnya. Menurut kabar yang beredar, penampakan Noni Belanda melibatkan seorang pembantu JA Van Middle Koop yang meninggal karena bunuh diri.

Penduduk setempat menyebut bangunan tua yang sudah berdiri lama dan di dekatnya terdapat kuburan Tionghoa, “bangunan setan”. Dulu saat malam tiba penerangan minim, tidak banyak orang berlalu lalang membuat tempat ini terlihat angker.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button