Pantai Kali Kencana, pantai menawan dengan jejeran tebing dan bebatuan di Cilacap - WisataHits
wisatahits

Pantai Kali Kencana, pantai menawan dengan jejeran tebing dan bebatuan di Cilacap

Pantai Kali Kencana, pantai menawan dengan jejeran tebing dan bebatuan di Cilacap

Pantai Kali Kencana yang terletak di selatan Pulau Nusakambangan menyuguhkan keindahan laut biru yang memukau dan membuat Anda takjub.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Cilacap Sud, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Nusakambagan yang terkenal dengan nuansa seramnya ternyata memiliki sejumlah pantai indah tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata terbaik adalah Pantai Kali Kencana yang merupakan surga tersembunyi dengan sejuta pesona yang indah.

Saat menginjakkan kaki di pantai cantik ini, wisatawan langsung disuguhkan panorama yang luar biasa. Tempatnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, menyuguhkan pemandangan laut biru yang menyejukkan mata. Keindahannya selalu terjaga, karena hanya sedikit wisatawan yang mengetahui dan mengunjunginya.

Perlu diingat bahwa jalur menuju Pantai Kali Kencana membutuhkan tenaga ekstra, seperti saat mendaki gunung. Jadi, jumlah pengunjungnya tidak begitu banyak. Namun, segala penat yang dirasakan wisatawan selama perjalanan akan terbayar dengan atraksi yang ditawarkannya.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Kali Kencana

Objek Wisata Pantai Kali KencanaFoto: Google Maps/Revn Aji

Seperti halnya wisata bahari lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri, pantai indah ini juga menawarkan begitu banyak hal menarik yang dapat menarik wisatawan. Beberapa atraksi yang ditawarkan antara lain:

✦ Menghadap langsung Samudera Hindia

Daya tarik utama yang bisa menarik wisatawan adalah posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Keistimewaan ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan, karena mereka dapat menikmati pemandangan luas yang terbentang tanpa batas.

Perpaduan antara birunya laut yang tenang, deru ombak yang memecah karang dan segarnya udara juga mampu menciptakan suasana yang damai dan menyejukkan. Apalagi dengan pancaran sinar matahari terbenam yang mempesona menjadi momen yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

✦ Diapit tebing dan bebatuan besar

Selain itu, keistimewaan lain yang ditawarkan adalah adanya tebing tinggi dan bebatuan besar di sisi kanan dan kirinya. Meski hal ini membuat pemandangan pantai tidak terkesan terlalu luas, namun kehadirannya berhasil menciptakan landscape yang menarik dan eksotik.

Terdapat pula batu karang besar dengan bentuk menyerupai perahu, sebagai salah satu ikon terkenal dari pantai ini. Saat melihat ombak besar pecah di sekitar karang, suasananya semakin mempesona dengan tampilan yang indah dan menakjubkan.

✦ Selimut pasir mandi kristal

Daya tarik lain yang tak kalah menawan dari Pantai Kali Kencana adalah hamparan pasirnya yang indah. Pasirnya memiliki tampilan yang unik, menyerupai kristal dengan warna abu-abu yang mengkilat. Tidak terlalu putih atau hitam. Memang saat terkena sinar matahari, hamparan pasir ini bisa menimbulkan efek berkilauan yang mempesona.

Selain itu, pantai Nusakambagan ini juga menawarkan pasir putih yang bersih. Dengan demikian, dapat menciptakan kontras yang mencolok dengan laut biru jernih. Wisatawan juga bisa menikmati jalan-jalan santai atau berjemur di atas pasir lembut yang halus, atau melakukan aktivitas seru lainnya.

✦ Air terjun bawah yang menawan

Selama perjalanan menuju pantai, wisatawan akan disuguhi dengan keindahan air terjun dan aliran sungai yang menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian yang rendah, hanya sekitar tiga meter. Meski begitu, pemandangannya begitu indah dengan tumbuhan hijau yang mempercantik sekeliling.

Di sisi lain, muara sungai yang mengalir juga sangat jernih dengan dasar bebatuan yang berkilau seperti batu akik. Kedua unsur ini menciptakan suasana yang sempurna untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam yang mempesona.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Kali KencanaFoto: Google Maps/Nnn Afana

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, Pantai Kali Kencana adalah pilihan yang tepat untuk berwisata. Berada di Kecamatan Tambakreja, Cilacap, Jawa Tengah, pantai ini berada di sebelah selatan Pulau Nusakambagan.

Pengunjung dapat memulai perjalanan menuju pantai dengan menyewa perahu di Pantai Teluk Penyu. Dari sana, mereka akan melanjutkan perjalanan dengan trekking sekitar 3 jam untuk sampai ke pantai. Medan yang dilalui pun beragam, mulai dari medan datar hingga perbukitan yang menanjak.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Sebelum mengunjungi Pantai Kali Kencana, pengunjung harus melewati Pantai Teluk Penyu yang berada di sebelahnya. Di kawasan ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, ada biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Setelah melewati Pantai Teluk Penyu, pengunjung baru bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kali Kencana dengan menyewa perahu. Biaya sewa perahu sekitar Rp 25.000 per orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai Kali KencanaFoto: Google Maps/Firman Taruna Nugraha

Pantai “permata tersembunyi” di Nusakambangan ini menawarkan rute dan lokasi yang ekstrim. Sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai petualangan. Pasalnya, pantai ini menawarkan sejumlah aktivitas seru dan menarik, seperti:

1. Trekking ke pantai

Untuk bisa sampai ke Pantai Kali Kencana, wisatawan harus melakukan trekking atau jalan kaki yang memakan waktu sekitar tiga jam. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk menjaga kondisi fisik yang baik dan menggunakan sepatu yang nyaman, mengingat medannya yang bervariasi dan cukup sulit.

Meski begitu, selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang hijau dan asri. Di sisi lain, mereka juga akan menjumpai air terjun yang mengalir pelan dan muara sungai yang jernih, sehingga bisa dijadikan tempat peristirahatan saat merasa lelah.

2. Bersantai dan menikmati alam di Pantai Kali Kencana

Suasana tenang menjadi salah satu alasan wisatawan menyebut Pantai Kali Kencana sebagai rumah. Hal ini dikarenakan minimnya jumlah pengunjung yang datang sehingga menciptakan suasana tenang dan damai. Bagi wisatawan yang ingin menenangkan pikiran, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Meski ukurannya tidak terlalu luas, pantai eksotis ini menawarkan perpaduan cantik antara pasir putih berkilau, laut biru jernih, dan hijaunya pepohonan yang menghiasi tebing. Ini menciptakan panorama yang sempurna dan menakjubkan, memberikan kepuasan visual yang tak tertandingi.

3. Berkemah dengan tenang

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini, berkemah adalah suatu keharusan. Memang pengunjung bisa menikmati suasana alam lebih lama dan merasakan sensasi bermalam di pantai dengan suasana yang berbeda.

Selain disuguhi suara ombak yang khas, wisatawan juga bisa mendengarkan suara hewan-hewan kecil yang saling bersahutan. Udara sejuk yang terasa di malam hari menambah suasana kemah yang tenang, damai dan menyegarkan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Kali KencanaFoto: Google Maps/Hendi Hart

Mengingat letaknya yang terpencil dan akses yang sulit. Belum lagi jumlah pengunjung yang minim, sehingga wajar jika wisatawan tidak menemukan infrastruktur apapun di sana. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan kebutuhan akomodasi dan pariwisata dengan baik.

Meski cukup merepotkan, namun segala jerih payah dan jerih payah pengunjung akan terbayar dengan keindahan alam yang dihadirkan. Terutama bagi mereka yang mencari ketenangan dan kedamaian di tempat ini.

Berdasarkan ulasan di atas, sepertinya Pantai Kali Kencana cocok untuk wisatawan pecinta petualangan yang membutuhkan suasana hening, tenang dan damai. Apalagi pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alam yang memukau dan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button