Pantai Ngliyep Malang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngliyep Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Pantai Ngliyep adalah objek wisata populer di Miskin dengan panorama alam yang sangat indah. Pantai pasir putih yang eksotis di dekat Gunung Kombang yang mistis.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kedung Salam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai selalu menjadi destinasi yang tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Indonesia sebagai negara maritim pasti memiliki banyak pantai yang indah untuk dikunjungi. Setiap pantai juga masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang menjadi daya tarik tersendiri.

Terletak di selatan provinsi Jawa Timur, Malang memiliki daya tarik wisata yang sangat beragam. Dari destinasi wisata alam hingga destinasi buatan manusia, dari destinasi gunung hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Terutama destinasi wisata tepi laut, ada banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di Malang.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Malang adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini memiliki keindahan dan eksotisme yang diselimuti mitos yang berkembang di masyarakat, membuat daya tarik pantai ini semakin kuat. Nah, sebelum berlibur ke pantai ini, yuk simak dulu informasi yang perlu kamu ketahui tentang pantai ini.

Atraksi Pantai Ngliyep

Aktivitas di Pantai NgliyepKredit Gambar: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

Saat Anda pergi berlibur ke suatu destinasi, Anda pasti akan mengetahui daya tarik apa saja yang membuat Anda tertarik untuk datang ke tempat tersebut, bukan? Nah, jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di pantai Ngliyep, berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik untuk Anda nikmati.

1. Air laut biru jernih

Daya tarik utama yang bisa Anda temukan adalah lautnya yang begitu jernih sehingga warna biru air lautnya terpancar. Air laut di pantai ini sangat jernih sehingga menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan mata sejauh mata memandang.

Pantai eksotis ini terletak di pesisir selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun karena ada tebing tinggi di kanan dan kiri pantai, ombak yang menghantam pantai ini tidak terlalu besar. Anda bisa memilih tempat yang tertutup oleh pulau berbatu jika ingin berenang atau bermain dengan aman.

2. Pantai pasir putih yang membentang

Daya tarik Pantai Ngliyep selanjutnya adalah pasir pantainya yang putih bersih. Hamparan pasir putih tipis ini tampak seperti setting air laut biru jernih dan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

3. Gunung Kombang dengan mitos yang menyelimuti

Di daerah pesisir juga terdapat sebuah tempat yang bernama Gunung Kombang. Gunung Kombang bukanlah gunung seperti yang Anda bayangkan. Gunung Kombang adalah sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari pantai.

Ada sebuah mitos yang melingkupi Gunung Kombang, dimana di pulau kecil ini terdapat petilasan yang konon dulunya pernah muncul Nyi Roro Kidul. Orang sering menaruh sesajen di sekitar petilasan ini. Di kawasan Gunung Kombang juga terdapat pura tempat masyarakat sekitar mempraktekkan pemujaan dan tradisi larungan.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Ngliyep

Alamat Pantai NgliyepKredit gambar: Google Maps ROVI Glblues

Pantai ini terletak di selatan Kota Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam yang merupakan bagian dari Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika Anda memulai dari kota Malang, ambil jalan menuju kabupaten Kepanjen, lalu ikuti jalan utama menuju kawasan Pagak.

Sesampai di Pagak, ambil jalan menuju kecamatan Donomulyo. Begitu sampai di Donomulyo, Anda akan dengan mudah menemukan petunjuk arah menuju pantai Ngliyep. Rute dan aksesnya pun cukup mudah sehingga perjalanan menuju pantai ini tidak terlalu lama. Dari pusat kota Malang, dengan jarak tempuh 62 km, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep MalangKredit gambar: Google Maps Nana

Masuk ke kawasan pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Tiket masuk pantai ini hanya Rp 15.000. Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 18.00.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Jangan khawatir karena akan ada tempat untuk memarkir kendaraan Anda. Untuk parkir, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Biaya parkir cukup terjangkau.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ngliyep

Aktivitas Menarik Pantai Ngliyep PantaiKredit gambar: Google Maps Johan Kurniawan

Pantai selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan, termasuk di pantai Ngliyep. Nah, jika kamu sedang berada di pantai ini, berikut ini adalah aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan.

1. Nikmati keindahan pantai lebih lama saat berkemah

Salah satu kegiatan favorit banyak pengunjung adalah berkemah. Jika tidak membawa persiapan, pengelola juga menawarkan persewaan tenda dengan harga dan ukuran yang bervariasi. Namun, pastikan sebelum merencanakan perkemahan Anda sudah terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengelola.

2. Berenang dan bermain air laut Clear Beach

Air laut yang jernih di pantai Ngliyep tidak akan pernah gagal menarik Anda untuk bermain di pantai atau berenang. Namun, Anda harus berhati-hati karena pantai ini termasuk wilayah pantai selatan dengan ombak yang besar. Pilih tempat yang aman untuk bermain atau berenang dengan ombak yang tidak terlalu besar.

3. Jelajahi keindahan pantai dengan berjalan kaki

Jika Anda tidak ingin berenang, Anda dapat menikmati pemandangan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang garis pantai pasir putih yang halus. Garis pantai sepanjang kurang lebih 2 km ini bisa menjadi jalur yang tepat untuk menikmati semua pemandangan pantai.

4. Jangan lewatkan ritual Labuhan, ritual sekaligus kekayaan budaya masyarakat sekitar

Aktivitas lain yang bisa Anda ikuti jika datang ke pantai Ngliyep di waktu yang tepat adalah mengikuti ritual Labuhan. Labuhan adalah ritual selamatan yang dilakukan dengan menyembelih seekor sapi atau kambing untuk kemudian diberikan kepada masyarakat sekitar.

Selain dibagikan kepada masyarakat sekitar, sebagian hasil pemotongan sapi dan kambing juga dibuang ke tengah laut, selain itu masyarakat juga akan membawa sesajen ke Gunung Kombang disertai dengan pertunjukan jaranan. Orang-orang yang membawa sesaji ini juga harus memakai pakaian adat.

5. Menikmati pemandangan pantai dari sudut lain? Coba panjat tebing

Ingin menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda? Jangan khawatir, tebing di sekitar pantai ini bisa menjadi lokasi Anda untuk menikmati pemandangan pantai Ngliyep dengan cara dan pemandangan yang berbeda.

Namun Anda harus berhati-hati, tidak semua tebing ini bisa didaki. Hanya tebing di sebelah timur atau kiri pantai. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan pantai favorit ini dari sudut yang berbeda. Di sini, seluruh sisi pantai terlihat jelas. Apalagi jika Anda mendaki sebelum matahari terbenam, pemandangan yang disajikan semakin menakjubkan.

6. Ingatlah untuk mengabadikan momen Anda dengan foto

Traveling tidak akan lengkap tanpa membawa kenangan yang diabadikan dalam sebuah foto. Keindahan pantai ini menjadi kenangan jika diabadikan dalam bentuk foto. Ada juga banyak spot foto instagramable yang bisa kamu pilih.

Anda bisa berfoto dengan pemandangan laut yang jernih atau pantai pasir putih yang halus. Atau, Anda juga bisa mengambil foto sesaat sebelum matahari terbenam. Kali ini adalah waktu di mana Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang langit jingga yang menakjubkan.

Ada juga spot foto gantung berbentuk perahu. Spot foto ini menjadi spot selfie favorit para pengunjung. Spot foto ini dibangun agar terlihat seperti kapal legendaris Titanic, namun lebih sederhana. Sangat cocok untuk Anda yang suka mencari spot foto yang instagenic untuk diunggah ke akun media sosial Anda.

Penginapan murah di sekitar pantai Ngliyep

Penginapan murah di sekitar pantai NgliyepKredit gambar: Google Maps Bung Fadil

Ingin menikmati pemandangan alam lebih lama? Jangan khawatir, selain camping dengan menyewa tenda di pinggir pantai, kamu juga bisa menginap di berbagai hostel yang terletak tidak jauh dari pantai.

Lokasi hostel ini tidak tepat berada di kawasan Pantai Ngliyep. Beberapa hostel terletak di kawasan pantai wisata lainnya seperti pantai Balekambang dll. Namun tidak perlu khawatir, karena sebenarnya lokasi pantai masing-masing terletak berdekatan satu sama lain.

Salah satu hostel yang paling dekat dengan pantai adalah Wibisono Hotel. Lokasinya sekitar 12 km dari pantai ini. Hostel milik BUMD ini tersedia dalam tiga tipe kamar dengan fasilitas dan harga yang berbeda.

Ada tipe kamar dengan tempat tidur double, kamar mandi pribadi, dan kemungkinan sarapan untuk 4 orang. Tipe kamar ini ditawarkan dengan tarif menginap mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per malam. Ada juga tipe kamar dengan single bed dan kamar mandi pribadi yang disewakan dengan harga Rp 250.000 per malam. Terakhir, ada gubuk bambu dengan fasilitas yang sama dengan harga sewa Rp 200.000 per malam.

Hostel lain yang letaknya lebih dekat dengan pantai Ngliyep adalah Istana Laut 1. Lokasinya hanya sekitar 4,5 km dari pantai. Fasilitas yang disediakan juga sangat nyaman bagi pengunjung. Dari tempat tidur yang nyaman, TV dalam kamar hingga kamar mandi pribadi. Untuk menginap di sini, pengunjung harus membayar biaya resor sebesar Rp 300.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngliyep Malang

Fasilitas Pantai Ngliyep MalangKredit gambar: Google Maps Jodipaness 1

Pantai Ngliyep semakin dikenal wisatawan. Maka untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang sangat memadai. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena di kawasan pantai ini sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Pengunjung yang ingin berkemah, terdapat fasilitas persewaan tenda yang disediakan pengelola. Selain itu, terdapat fasilitas penunjang kenyamanan lainnya mulai dari toilet, kamar mandi, warung makan di sekitar pantai hingga mushola. Ada juga tempat untuk menyewa tikar untuk bersantai di pantai.

Anda yang ingin membawa oleh-oleh bisa membelinya di sini. Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung dan toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh. Semua fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Itu saja informasi yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Ngliyep, pantai di ujung selatan Kabupaten Malang yang sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai atraksi, aktivitas yang menyenangkan dan fasilitas yang lengkap, Anda dapat menikmati liburan yang lebih nyaman dan tentunya lebih menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button