Danau Telaga Warna - WisataHits
wisatahits

Danau Telaga Warna

Danau Telaga Warna

Danau Telaga Warna Puncak Bogor, bukan Telaga Warna Dieng, merupakan salah satu tempat wisata alam kota Bogor dengan pesonanya yang tak pernah pudar dimakan waktu.

Meski saat ini banyak tempat wisata baru dengan berbagai konsep kekinian, Telaga Warna Puncak tetap memiliki tempat di hati para pelancong.

Telaga Warna yang terletak di dataran tinggi Puncak Bogor ini memiliki pesona berupa perpaduan keindahan alam puncak dan keindahan danau yang airnya dapat berubah warna pada waktu-waktu tertentu.

Berlibur di tempat ini merupakan keputusan yang tepat untuk sejenak melupakan rutinitas kehidupan sehari-hari.

cerita-kolam-warna

Nah, bagi Anda yang akan berwisata ke Telaga Warna, berikut beberapa informasi penting mengenai danau ini yang harus Anda ketahui.

Sekilas tentang Danau Warna

Danau Telaga Warna Puncak Bogor telah lama diresmikan sebagai kawasan cagar alam Hutan Gunung Mega Mendung dan Hutan Gunung Hambalang. Menurut laporan, peresmian bahkan telah dilakukan sejak 1972.

Berada di dataran tinggi Puncak Bogor, membuat udara di kawasan Telaga Warna begitu segar dan menyejukkan. Anda pasti akan betah berjam-jam mengelilingi danau ini tanpa merasa bosan sama sekali.

Selain itu, areanya luas dengan berbagai macam flora dan margasatwa juga akan menambah ragam aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan.

Anda tidak hanya akan dapat bersantai dan menikmati ketenangan suasana di sekitar danau, tetapi Anda juga akan dapat berinteraksi langsung dengan beberapa orang. margasatwa jinak seperti monyet, lutung, dan margasatwa lainnya dilindungi oleh negara.

Namun nyatanya, daya tarik terbesar dari danau warna ini yang membuat banyak wisatawan penasaran ingin datang dari luar kota bahkan dari luar negeri adalah fenomena airnya yang bisa berubah warna.

Telaga Warna-Puncak-2018melalui instagram/mencicipi

Pada waktu-waktu tertentu, biasanya saat cuaca cerah dan sinar matahari tidak terhalang sehingga mudah menembus dasar danau, warna air di danau ini akan berubah menjadi berbagai gradasi warna yang memukau mata.

Yang belum banyak diketahui wisatawan adalah bahwa gradasi warna yang tercipta di air danau sebenarnya berasal dari pepohonan di sekitar danau dan berbagai bebatuan di danau.

Sejarah Danau Warna

Kisah sejarah yang diyakini sebagai awal kemunculan Telaga Warna ini tidak hanya sebagai pemanis yang membuat pendengar atau pembaca cerita mengangguk, tetapi juga bisa dijadikan kenang-kenangan untuk keluarga ke Rumah.

Meski tidak semua orang mempercayainya, kisah ini tetap melegenda dan tidak mungkin hilang begitu saja.

Konon jauh sebelum terbentuknya telaga berwarna ini, dahulu kala di sekitar telaga berwarna hiduplah seorang raja bernama Prabu Surnalaya dan istrinya Ratu Purbamana.

misteri-kolam-warnavia instagram/travellerindokece

Setelah lama menjalani kehidupan pernikahan, keduanya masih belum memiliki anak sebagai penerus.

Di tengah penderitaan dan keinginannya untuk memiliki anak, raja akhirnya memilih untuk berkumpul di tengah hutan dengan bekal seadanya, bersujud kepada yang maha kuasa untuk dikaruniai seorang anak.

Setelah bermeditasi beberapa lama, konon doa dan permohonan sang raja akhirnya terkabul.

Akhirnya sang permaisuri hamil beberapa bulan setelah sang raja bertapa. Bahkan 9 bulan dan 9 hari, Permaisuri melahirkan seorang putri, yang kemudian menjadi seorang gadis cantik.

Namun setelah menginjak keperawanannya, rupanya temperamen sang putri bertolak belakang dengan kecantikan wajahnya. Ia tumbuh menjadi anak yang sering melawan dan tidak menuruti perintah orang tuanya.

2018-2018-peak-color-kolam-penerimaanvia instagram/anukmau

Sampai di puncak ada sebuah peristiwa yang dianggap sebagai awal munculnya telaga warna. Sedih karena hadiah yang diberikan kepada sang putri tidak diterima dengan benar.

Ratu Purbamanah tidak bisa menahan air matanya dan terus menangis deras hingga air matanya mengalir, menenggelamkan seluruh kerajaan yang kini menjadi telaga warna.

Baca juga tempat menarik lainnya di Bogor seperti perjalanan Bogor

Lokasi danau warna

Lokasi Telaga Warna beralamat lengkap di Jalan Raya Puncak – Cianjur, Kecamatan Cisarua, Tugu Utara, Kabupaten BogorJawa barat.

Untuk menuju lokasi pusat kota Bogor, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 16 menit dengan mobil dengan jarak tempuh sekitar 5 kilometer.

Kemudian untuk jalan menuju lokasi Telaga Warna, anda bisa mengambil jalan dari tol Ciawi menuju Puncak, melewati perkebunan teh hingga sampai di Masjid Ta ‘awwun. Kemudian dari masjid ini sejauh kurang lebih 2 kilometer Anda akan menemukan papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke lokasi Telaga Warna.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna

Untuk memasuki kawasan telaga warna, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Tiket masuk Danau Warna dijual dengan nilai nominal Rp 5000 hanya pada hari biasa, dan Rp 7500 pada akhir pekan.

Namun untuk turis asing, harga tiketnya agak mahal yaitu Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 150.000 pada hari libur.

Baca juga: Waduk Jatiluhur

warna-gambar-warnavia instagram/dewirahmasariiii

Fasilitas Danau Warna

Saat ini fasilitas Telaga Warna sudah memadai. Di sini Anda akan menemukan fasilitas berupa area parkir, musholla, toilet, pos jaga, restoran, menara observasi, ruang pertemuan, tempat berlindung dan sambil berjalan trek, serta area keluar berisi wahana rubah terbang dan naik keluar lainnya.

Baca juga: Sari Ater Subang Jawa Barat

Akomodasi di Telaga Warna

Untuk kebutuhan pengunjung yang ingin menginap, di kawasan tepi danau telah disediakan beberapa gubuk penginapan dengan tarif sewa per malam Rp 100.000.

Kemudian bagi yang menginginkan hunian yang lebih berkelas, maka bisa mencari dan memilih hotel di dekat telaga warna di pinggir jalan Cisarua.

Seperti Cibulan Hotel, Bukit Indah Villa, Graphic Mas Hotel dan Puncak Pass Resort. Harga sewa hotel-hotel tersebut cukup terjangkau, mulai dari Rp 450.000 saja.

via instagram/desimawaddah.96

Objek dan aktivitas yang menarik untuk dilakukan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di danau warna ini. Seperti yang tertulis di awal artikel, selain bisa bersantai dan menikmati ketenangan suasana di sekitar danau, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Anda dapat berinteraksi dengan beberapa satwa liar jinak, nikmati variasinya florabermain di zona keluarberburu kuliner dan hunting foto.

Baca juga: Kerajaan Air Mekarsari

Wisata di dekat Telaga Warna

Tidak jauh dari lokasi danau warna, masih ada beberapa tempat wisata di dekat danau warna yang bisa Anda kunjungi. Beberapa yang paling menarik adalah Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Air Terjun Cibeureum, Bukit Gantole dan Air Terjun Ciherang.

Yang paling menarik adalah tempat wisata Taman Bunga Nusantara dimana kamu bisa menikmati taman bunga yang super luas dan indah dengan ribuan jenis bunga yang tumbuh disana.

mitos-kolam-warnamelalui instagram/selviagstn4

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Barat seperti Terletak Patenggang

Danau Warna Puncak Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika anda kemudian memiliki waktu untuk berlibur di kota Hujan, Bogor. Tempat wisata ini sangat disarankan untuk dikunjungi terutama bagi anda yang menyukai tempat wisata dengan panorama alam yang masih segar dan masih alami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button