Pantai Timang Gunung Kidul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Timang Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Perjalanan ke Pantai Timang, Gunung KidulAnda bisa dimanjakan dengan berbagai wahana yang memacu adrenalin. PPantai ini juga memiliki pemandangan luar biasa yang akan memukau semua orang.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: JL.Rentang Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Keindahan setiap pantai di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi Anda yang sangat menyukai wisata bahari yang mempesona. Gunung Kidul Yogyakarta terkenal dengan keindahan pantainya. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan Anda di Gunung Kidur, Pantai Timang bisa menjadi tujuan Anda. Selain indah, pantai ini juga terkenal dengan berbagai atraksi yang menggairahkan. Selengkapnya, simak ulasannya.

Atraksi Pantai Timang

Aktivitas Pantai TimangKredit gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Dalam beberapa tahun terakhir, Pantai Timang telah menjadi pembicaraan di kota karena keunikan dan pesonanya. Apalagi pantai satu-satunya ini hadir dalam program Variety Show Korea yaitu Running Man. Meroketkan nama pantai ini dan menyita perhatian. Mengingat Running Man adalah program yang begitu populer di negara ini. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia juga mengetahui acara variety show ini penuh dengan gelak tawa.

Jika ditelisik lebih jauh, Running Man tidak salah memilih range ini. Karena selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, ada juga wahana yang akan memacu adrenalin. Menariknya, wahana ini menjadi ikon dan daya tarik Pantai Timang itu sendiri. Pantai ini memiliki sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Timang. Pulau ini tidak seperti pulau pada umumnya, karena hanya berupa bongkahan batu karang yang tajam dengan tebing-tebing yang terjal.

Meski terdengar menyeramkan, namun di situlah letak daya tarik pantai ini. Karena dengan pulau ini, pantai Timang menawarkan jalan-jalan yang menarik. Untuk menuju Pulau Timang, Anda bisa menggunakan gondola tradisional atau kereta gantung. Gondola kayu tradisional ini akan membawa Anda ke Pulau Timang yang berjarak sekitar 100 meter dan berada di ketinggian 9-11 meter di atas permukaan laut.

Jadi hanya untuk orang yang cukup berani untuk melalui ini. Nanti kamu akan melewati ombak di bawah yang terkadang bisa sangat besar. Di gondola juga hanya ada kamu dan tidak ada orang lain. Berkunjung ke Pantai Timang memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sangat cocok untuk anda yang berjiwa petualang namun tetap berjiwa petualang. Jangan khawatir, Anda bisa mencoba wahana ini dengan aman.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Timang

Alamat Pantai TimangKredit Gambar: Google Maps Adnan Transport Jogja

Bagi Anda yang belum pernah menjelajahi pantai-pantai Gunung Kidul, Anda mungkin akan kesulitan menemukan Pantai Timang. Karena tersembunyi, tapi jangan khawatir, kamu bisa mengikuti rute berikut ini. Alamat Pantai Timang berada di Jl.Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunungkidul, DIY. Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari pusat kota dan membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk sampai dan melihat keindahannya.

Pantai yang menawan ini dapat diakses dengan mengambil jalan dari Wonosari. Jika Anda sudah berada di kawasan Wonosari, Anda bisa mengambil jalan menuju Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron, Anda akan menemukan pertigaan lalu ambil jalur kiri. Dimana arah ini menuju Pantai Siung. Anda akan sampai di pasar Dakbong, jika ada anda bisa berbelok ke pantai Timang dan melanjutkan perjalanan mencari petunjuk arah menuju pantai ini.

Jalan dari pantai cukup bagus ke desa terdekat. Beberapa ratus meter dari jalan desa, perjalanan Anda yang sebenarnya akan dimulai. Jalan mulai tidak mulus karena bebatuan kapur yang akan Anda lewati. Jadi harus hati-hati karena ada batu kapur yang tajam. Meski terjal, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan menghijau di kanan kiri jalan, apalagi saat musim hujan.

Harga Tiket Masuk Pantai Timang

Harga Tiket Masuk Pantai TimangKredit gambar: Google Maps Aloysius Lim

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Timang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Karena harga tiketnya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribu saja per orangnya. Tiket tersebut sudah termasuk parkir kendaraan bermotor. Harganya tentu sangat terjangkau dan user friendly. Hanya saja harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, apalagi jika waktu liburan bisa meningkat.

Memang harga tiket masuknya cukup murah yang membutuhkan budget yang cukup besar, itu adalah saat anda mencoba naik gondola atau jembatan gantung. Untuk mencobanya, Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 50 ribu ke atas. Jika ingin petualangan yang lebih seru, Pantai Timang juga menawarkan fasilitas jeep dengan harga mulai dari Rp 350 ribu. Biaya ini juga belum termasuk foto di beberapa lokasi berbayar.

Kegiatan menarik dilakukan di Pantai Timang

Aktivitas di Pantai TimangKredit gambar: Google Maps

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan yang menakjubkan, tetapi ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika Anda tidak mencoba wahana yang memacu adrenalin. Wahana pertama yang bisa Anda coba adalah jembatan gantung yang berdiri di tengah lautan. Anda bisa menyeberangi jembatan ini untuk sampai ke Pulau Timang. Kedengarannya mudah, namun tak sedikit pengunjung yang berbalik ketakutan.

Jembatan gantung ini sering dijadikan tempat untuk selfie dan hunting foto-foto menarik. Angin pantai yang kencang bisa langsung Anda rasakan jika berada di tengah dek. Selain jembatan gantung, Anda juga bisa menjelajahi bebatuan yang terlihat eksotis dan menawan. Bukit karang ini biasanya digunakan untuk selfie oleh pengunjung. Jadi jangan bawa kamera Anda jika Anda mengunjungi Pantai Timang.

Gondola tradisional tak kalah menarik untuk dicoba. Padahal, keberadaan gondola ini sudah ada sejak lama dan digunakan para nelayan untuk mencari udang di Pulau Timang. Merasakan angin yang kencang, dibawahnya terdapat ombak yang besar, tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri jika mencobanya. Jika Anda tidak berani menyeberang, Anda hanya bisa berfoto di gondola yang terkenal ini.

Berkunjung ke Pantai Timang tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas ini seorang diri. Pengunjung yang sering datang untuk berburu lobster di kawasan Pantai Timang. Sebelum menjadi tujuan wisata, pantai ini memang menjadi tempat pemancingan untuk mencari lobster. Lobster dan udang biasanya bersembunyi di karang yang berlawanan. Jika berhasil mendapatkannya, pasti akan menjadi kenangan liburan yang tak terlupakan.

Bagi yang tidak ingin repot berburu lobster, tidak perlu khawatir. Karena pantai eksotis ini juga terkenal sebagai tempat kuliner dengan beragam menu seafood yang menggugah selera. Anda bisa mencicipi aneka olahan lobster dan udang yang akan memanjakan lidah dan perut Anda. Cara pengolahan yang baik membuat rasanya tidak kalah dengan restoran lain. Apalagi jika makan sambil menikmati pemandangan yang luar biasa, akan semakin nikmat.

Puas mencoba berbagai wahana dan foto kuliner, Anda tetap bisa menikmati keindahan Pantai Timang saat matahari mulai terbenam. Dari tebing Anda akan disuguhkan dengan lukisan Maha yang begitu megah. Anda dapat mengabadikan momen dengan kamera andalan Anda. Yang jelas sunset di pantai ini bisa menjadi penutup perjalanan anda menuju pantai yang begitu terkenal dengan wahana ini.

Akomodasi di dekat Pantai Timang

Akomodasi Pantai TimangKredit gambar: Google Maps reza yusuf

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, Anda bisa menginap di beberapa hostel terdekat. Karena sebenarnya di pantai satu-satunya ini masih belum ada penginapan di pantai timang ini. Oleh karena itu, solusinya mungkin pergi ke desa terdekat atau ke pantai lain yang menawarkan akomodasi. Pantai ini dekat dengan beberapa pantai lain yang tidak kalah terkenalnya. Mungkin suatu saat akan ada penginapan di pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Timang

Fasilitas Pantai TimangKredit gambar: Google Maps Abdullah Zahravi Rizki Ramdan

Peralatan yang ditawarkan juga cukup lengkap, anda bisa memarkir kendaraan anda di tempat parkir mobil yang cukup luas. Kemudian untuk kebutuhan toileting, ada juga beberapa toilet yang bisa Anda gunakan yang bersih dan memadai. Anda juga tidak perlu takut kelaparan karena tempat ini memiliki warung makan yang bisa Anda manfaatkan. Walaupun menunya mungkin tidak terlalu banyak, tapi rasanya dijamin enak.

Seiring berjalannya waktu, Pantai Timang dapat mengalami berbagai perubahan yang lebih maju dan memanjakan pengunjung. Dengan keberadaannya saat ini saja sudah mampu menjadi magnet bagi wisatawan, apalagi jika dikembangkan lebih lanjut. Berlibur di Pantai Timang tidak akan membuat Anda menyesal. Banyak aktivitas dan wahana yang bisa dicoba untuk membuat liburan lebih seru dan berkesan. Apalagi jika Anda pergi bersama teman atau keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button