Curug Cikuluwung Bogor, danau biru yang indah dengan air terjun - WisataHits
wisatahits

Curug Cikuluwung Bogor, danau biru yang indah dengan air terjun

Curug Cikuluwung adalah salah satunya wisata alam tersembunyi di Bogor. Keunikannya memiliki telaga biru yang mengalir indah dan mampu menarik perhatian para pencari petualangan.

Harga tiket: Rp35.000, Jam operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Tak jauh dari ibu kota yang ramai, ternyata ada destinasi wisata yang sangat indah yaitu Curug Cikuluwung di Kabupaten Bogor. Tempat ini bukan sekedar air terjun biasa, namun memiliki beberapa keunikan yang membuatnya cukup dikenal oleh masyarakat Jabodetabek.

Tempat wisata ini terlihat begitu eksotis karena dikelilingi oleh bebatuan alam yang tertata apik. Bebatuan inilah yang membuat tempat ini begitu berbeda dengan tempat wisata sejenis. Susunan bebatuan yang indah dipandang membuat tempat ini sangat cocok menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

Destinasi ini juga memiliki keistimewaan lain, yaitu airnya yang begitu jernih. Jika jernih, air di air terjun ini berwarna biru. Jika melihat air di tempat ini, wisatawan akan merasa berada di destinasi kelas dunia yang indah. Keindahan air yang berpadu dengan bebatuan di sekitarnya membuatnya begitu indah.

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps AB F

1. Penataan Tebing Batu yang Rapi dan Indah

Menjadi ciri khas air terjun di wilayah Bogor ini dikelilingi oleh tebing-tebing berbatu. Bebatuan membuat tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Banyak orang berduyun-duyun ke tempat ini hanya untuk melihat langsung air terjun yang dikelilingi bebatuan.

Bahkan, Curug Cikuluwung sering dijuluki “Little Green Canyon” karena keindahan tebing yang melapisi air terjun. Namun, bebatuan di tempat ini cukup berbahaya jika wisatawan tidak berhati-hati. Untuk ini, pengelola menerapkan aturan khusus untuk berada di tempat ini.

Aturan ini membatasi jumlah pengunjung hingga 30 orang yang harus berada di air terjun ini setiap sesinya. Pengunjung ke dan di dalam air terjun harus di bawah kendali pengelola. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengunjung.

Meski ada aturan yang mengharuskan pengunjung antre, hal ini tidak mengurangi keseruan mengunjungi tempat ini. Aturan sistem buka tutup trek tidak mengurangi jumlah pengunjung. Mereka begitu tertarik untuk melihat secara langsung keunikan tempat tersebut.

Susunan bebatuan yang menjadi tebing-tebing membuat tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahannya.

2. Kejernihan air yang mempesona

Tempat wisata ini memiliki air yang menjadi salah satu daya tariknya. Air untuk air terjun ini berasal dari Sungai Cikuluwung. Sungai tersebut merupakan salah satu sungai yang berhulu di Gunung Salak.

Kejernihan airnya membuat tempat wisata ini sangat diminati oleh para pengunjung. Orang-orang berduyun-duyun ke tempat ini untuk menikmati sejuknya air terjun.

Wisatawan dapat menikmati air dengan mandi atau bermain air. Selain itu, mengambil foto dengan latar belakang air murni dapat membuat pengambilan gambar menjadi lebih eksotis. Kejernihan air ini bisa membuat wisatawan merasa seperti berada di tempat yang indah di luar negeri.

3. Keindahan alam yang memanjakan mata

Dengan beberapa pemandangan alam yang terdapat di tempat ini, membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Curug Cikuluwung merupakan salah satu tempat wisata alam yang begitu indah dan sayang jika tidak dikunjungi.

Panorama alam di sekitar tempat ini begitu indah dan alami. Air terjun ini memiliki perpaduan sempurna antara tebing berbatu, air biru jernih, dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Berkunjung ke surga tersembunyi di Bogor ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Ada juga air terjun kedua dari tempat ini. Keberadaannya tidak jauh dari lokasi air terjun pertama. Kedua air terjun ini membuat kawasan ini wajib dikunjungi.

Lokasi air terjun kedua di destinasi ini cukup dekat dengan air terjun pertama. Pemandangan alam yang disajikan cukup berbeda namun memiliki keindahan yang sama dengan air terjun pertama. Panorama yang disajikan akan membuat para wisatawan tertawa terpukau dengan keindahannya.

Mirip dengan air terjun pertama, air terjun kedua di destinasi ini juga dikelilingi bebatuan. Bedanya, ketinggian air terjun kedua relatif lebih rendah dari air terjun pertama. Meski begitu, air terjun ini lebih banyak ditumbuhi pepohonan hanya di sekitar aliran air yang jatuh dari atas.

Wisatawan juga bisa menemukan kejernihan air yang terdapat di kedua air terjun tersebut. Area kolam renang di air terjun kedua lebih besar dari air terjun pertama sehingga wisatawan yang menikmatinya merasa lebih nyaman.

Keunikan lain dari air terjun kedua ini adalah adanya goa diatasnya. Jadi, air yang mengalir di tempat ini berasal dari sebuah gua. Gua itu berisi sungai yang bercabang sama dengan air terjun pertama. Keindahan inilah yang membuat kunjungan ke tempat ini menjadi liburan yang tak terlupakan.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Cikuluwung

Alamat Curug CikuluwungKredit gambar: Twitter Amos tolong

Destinasi wisata ini terletak di desa Suka Asih, desa Cibitung Wetan. Desa ini terletak di Kecamatan Pamijahan, yang merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Air terjun ini berada di tengah desa setempat. Meski begitu, akses untuk menuju lokasi wisata tersebut tidak terlalu mudah. Pengunjung diharuskan melewati anak tangga yang cukup curam untuk sampai ke tempat tujuan. Karena tempat ini berada di sekitar kawasan perairan, pengunjung harus lebih berhati-hati saat melintasinya.

Untuk menuju Curug Cikuluwung, pengunjung bisa membawa kendaraan sendiri. Jarak dari tempat ini ke stasiun kereta api Bogor sekitar 30 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan oleh kendaraan pribadi kurang lebih 1,5 jam.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini dari pusat kota Bogor, Anda harus melalui Jalan Raya Dramaga. Kemudian pengunjung harus melintasi kawasan Cikampak setelah itu menyusuri kawasan Cibatok. Setelah melewati kawasan tersebut, Anda akan menemukan pertigaan di kawasan Cemplang. Pengunjung harus belok kiri di pertigaan.

Perjalanan harus terus berlanjut hingga Anda bertemu dengan Gang Gardu yang akan Anda temui. Saat memasukinya, Anda harus berhati-hati karena lalu lintas banyak orang. Setelah memasuki jalan masuk, pengunjung akan menemukan tanda yang menunjuk ke air terjun selama sekitar 10 menit.

Sesampai di sana, pengunjung bisa memarkir kendaraannya di depan rumah warga sekitar. Pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir menuju lokasi wisata. Namun jangan khawatir karena jarak antara tempat parkir dengan tempat wisata ini tidak terlalu jauh meskipun Anda tetap harus berhati-hati saat menyalip.

Pengunjung juga harus memperkirakan waktu untuk datang ke tempat ini. Karena tempat ini hanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Dari jam 11 pagi sampai jam 1 siang tutup untuk istirahat sejenak dari pengelola.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cikuluwung Bogor

Harga Tiket Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Fuad Yudellestera

Wisatawan tidak perlu khawatir ketika mengunjungi air terjun ini karena biaya yang dibutuhkan untuk mengakses tempat ini sangat terjangkau. Hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 20.000 untuk mendapatkan tiket masuk pertama air terjun untuk setiap orang.

Sedangkan pengunjung yang tertarik mengunjungi air terjun kedua bisa membayar tiket sekitar Rp 10.000 per orang. Nominalnya cukup murah untuk mengakses tempat yang sangat mempesona ini. Tidak ada ruginya anda melihat langsung keindahan air terjun ini.

Selain itu, jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, biaya parkir juga diperlukan. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil. Pengunjung juga bisa menyewa ban apung untuk menikmati air terjun lebih dalam dengan biaya Rp 35.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Cikuluwung

Aktivitas di Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Yuli Capriyanti

1. Ambil gambar

Berkunjung ke air terjun ini tentu tidak akan lengkap jika tidak melakukan aktivitas ini seorang diri. Mengabadikan momen memang menjadi hal yang paling dicari oleh sebagian besar wisatawan. Mereka tidak ingin merusak kunjungan mereka ke tempat ini tanpa mengambil beberapa gambar.

Pengunjung dapat menggunakan pemandangan tebing berbatu atau air kolam yang jernih sebagai latar belakang untuk foto yang diambil. Tempat ini begitu eksotis sehingga harus diabadikan bersama keluarga atau teman.

Beberapa titik tempat ini memang cocok sebagai spot foto. Pengunjung pasti akan mudah menemukannya karena keseluruhan tempat ini sepertinya cocok untuk diabadikan dan diunggah ke media sosial.

2. Berenang di kolam yang dangkal

Merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi destinasi-destinasi tersebut. Air yang mengalir di sini sangat jernih, sayang jika tidak dinikmati sambil berendam. Kolam di sekitar Curug Cikuluwung tidak terlalu dalam sehingga aman untuk tinggal di sana.

Pengunjung bisa merasakan sejuknya air yang mengalir dari Gunung Salak. Berenang di kolam renang juga bisa membuat tubuh lebih segar dan pikiran lebih rileks. Wisatawan juga bisa berfoto saat mandi di kolam renang.

Pengelola juga menyediakan ban apung bagi pengunjung yang ingin menggunakannya. Menikmati tempat ini dengan berendam pasti akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan di kawasan Bogor.

3. Menikmati keindahan alam

Seperti yang kita ketahui, panorama di sekitar air terjun ini sangat indah dan mempesona. Tempat ini relatif sejuk membuat pengunjung merasa nyaman. Menikmati keindahan alamnya adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cikuluwung Bogor

Fasilitas Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Purnomo Sri Herlambang

Pengelola tempat wisata ini memberikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Beberapa di antaranya adalah tempat parkir mobil, persewaan jaket pelampung, ruang ganti dan mushola bagi pengunjung muslim.

Pengelola juga menyediakan fasilitas pemandu bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat ini. Kondisi alam cukup berbahaya bagi anak kecil, sehingga hal ini perlu dilakukan. Pengunjung juga disuguhi beberapa warung yang menawarkan makanan atau sekedar jajanan jika lapar.

Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang cukup luas di sekitar Jabodetabek. Berkunjung ke Curug Cikuluwung rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Curug Cikuluwung. Keindahan tempatnya seakan menjadikan tempat ini sebagai surga tersembunyi di Bogor.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button