Pesona Telaga Nilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Pesona Telaga Nilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan

Pesona Telaga Nilam, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kuningan
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bahwa di kawasan Kuningan terdapat sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang mempesona, namanya Telaga Nilam. Danau ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia dengan air yang sangat jernih. Dengan kejernihan tersebut, pengunjung dapat dengan jelas melihat garis besar bebatuan di dalam kolam. Bebatuan kecil dan besar ini juga ditumbuhi tanaman air yang membuat keindahannya semakin sempurna.

Lokasinya berada di lereng Gunung Ciremai Jawa Barat sehingga suasana asri dan nyaman. Jauh dari polusi dan gangguan atmosfer lainnya, objek wisata ini sangat cocok untuk kunjungan melepas penat setelah seharian bekerja. Suasana asri semakin terasa dengan rindangnya pepohonan di sekitar kolam. Tanaman hijau yang rindang juga menutupi sebagian kolam agar wisatawan terhindar dari sengatan matahari. Ingat ada tanaman air yang tumbuh di permukaan kolam yang membuat mata selalu sejuk dengan warna hijaunya.

Danau Nilam juga dikenal dengan nama lain Danau Nilem. Nama itu diambil karena dulunya banyak ikan Nilem kecil yang berenang dengan indahnya di kolam tersebut. Bukti ini juga ada saat ini, Anda dapat menemukan beberapa ikan yang dimaksud di sana. Jika Anda melihat kolam dari atas, akan terlihat seperti akuarium raksasa yang terbentuk secara alami.

Objek Wisata Danau Nilam

Daya Tarik Danau Nilam KuninganKredit gambar: Google Maps Kadita Suprana

Ada dua danau yang bisa Anda nikmati yang dibagi menurut kedalamannya. Danau pertama memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Sedangkan yang kedua lebih dalam, mencapai 4 meter. Tentunya ada daya tarik yang saat ini Telaga Nilam mulai ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari.

1. Keindahan Alam Telaga Nilam

Cantik dan menawan adalah kesan pertama saat Anda datang ke tempat tersebut. Kolam air tawar ini dikelilingi pepohonan rimbun yang tak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh, tapi juga penghias lokasi. Tumbuhan yang didominasi ukuran besar ini tampak tumbuh alami. Akar pohon yang tumbuh di pinggir kolam juga menyentuh permukaan air. Pemandangan ini tentu jarang terlihat di objek wisata lain, meski termasuk dalam kategori yang sama.

Pinggiran Telaga Nilam juga masih alami, terbentuk dari bebatuan dan tanah. Bebatuan di tepi kolam bahkan ditumbuhi lumut dan ganggang, yang langsung memberikan kesan alami. Untuk menambah daya tarik pengunjung, pengelola membangun jembatan kayu yang digunakan untuk menyeberang dari satu sisi kolam ke sisi lainnya. Jembatan ini juga berfungsi sebagai lokasi unik bagi wisatawan untuk mengabadikan momen.

2. Suasana alami dan asri

Lokasi Telaga Nilam yang selalu berada di lereng pegunungan membuat suasana asri dan segar. Tidak ada polusi, seperti yang disebutkan sebelumnya. Sejauh mata memandang hanya tumbuhan yang diteduhi dengan warna hijau yang khas. Saat terkena sinar matahari, sebagian warna pohon menjadi kekuningan. Kondisi seperti ini sangat baik bagi mereka yang ingin mengistirahatkan pikiran dari kejenuhan yang melanda.

Bagi pengunjung yang berasal dari pedesaan mungkin tidak terlalu istimewa. Namun, bagi mereka yang berasal dari perkotaan, yang sehari-hari hanya bisa melihat gedung-gedung tinggi, atraksi ini pasti istimewa. Momen indah dan alami semakin kental saat Anda datang berkunjung di pagi atau sore hari. Pada saat ini, sinar matahari menerpa bagian-bagian penting dari habitat alami, seperti air, bebatuan, dan tumbuhan.

3. Kejernihan Air Nilam

Tak bisa dipungkiri, daya tarik utama Telaga Nilam adalah kejernihan airnya. Kejernihan kolam air tawar tidak terlepas dari dasar kolam yang terdiri dari bebatuan besar dan kecil. Nyaris tanpa tanah, inilah alasan utama mengapa air kolam selalu terlihat jernih. Meski banyak pengunjung yang berenang dan berjalan di dasar kolam, namun tidak mempengaruhi kejernihannya.

Tentunya ada alasan lain mengapa hal tersebut terjadi, tidak lain karena kondisinya yang masih terawat dengan baik. Dari jernihnya air kolam Anda bisa melihat dengan jelas bebatuan yang ada di dalamnya. Bahkan bebatuan yang tertutup lumut dan ganggang terlihat jelas. Dilihat dari atas, warna airnya tampak hijau toska karena pantulan tumbuhan air di bawahnya. Warna air akan lebih cantik jika sinar matahari langsung mengenai permukaannya. Sayang sekali melewatkan momen ini karena Anda tidak dapat menemukannya di tempat lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Telaga Nilam KuninganKredit gambar: Google Maps Jaya jaya

Tidak sulit untuk mencapai Telaga Nilam karena lokasinya yang cukup strategis. Letaknya di antara perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Alamat lengkapnya di Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat yang dapat ditempuh dengan jarak 35 km dari pusat kota Kuningan. Bagi yang datang dari Cirebon lebih dekat lagi, sekitar 24 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Rute yang bisa ditempuh adalah menuju ke arah Telaga Remis karena lokasinya yang masih dekat. Arahkan kendaraan dan berkendara menuju kecamatan Pasawahan, kemudian belok kiri saat sampai di pertigaan, dari situ lanjutkan perjalanan hingga memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Arah yang Anda ambil juga mengarah ke Telaga Remis, namun belok kanan saat menemukan pintu masuk Telaga Nilem.

Harga tiket masuk dan jam buka

Sebagai tempat wisata, tiket masuknya harus berbayar, tidak terkecuali Telaga Nilam. Dengan tawaran pesona alam yang dijanjikan, harga 15.000 rupiah bisa dibilang cukup murah dan sebanding. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir yang juga harus disiapkan. Untuk sepeda motor atau roda dua dikenakan tarif sebesar Rp 3.000, sedangkan roda empat atau mobil dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.

Tempat wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja. Namun, tidak disarankan untuk datang pada malam hari. Alasannya sederhana, karena objek wisata ini masih berhubungan dengan air yang suhunya pasti lebih sejuk di malam hari. Tak lupa lokasinya yang berada di sisi gunung yang membuat suasana semakin sedingin es.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Telaga Nilam KuninganKredit gambar: Google Maps Nur hasanah

Apa saja kegiatan yang menarik jika mengunjungi Telaga Nilam? Harus diakui, sebagian besar aktivitas masih berhubungan dengan air. Bagi Anda yang telah merencanakan untuk berkunjung tetapi tidak tahu harus berbuat apa, daftar berikut mungkin bisa menjadi sumber inspirasi yang bagus!

1. Bermain di air jernih

Mungkin Anda bisa melakukan aktivitas ringan saja, seperti bermain air di tepi kolam atau danau. Kedengarannya sederhana, tetapi banyak juga pengunjung yang melakukan kegiatan serupa. Kejernihan airnya memang sangat menggoda dan membuat Anda ingin menyentuhnya. Terdapat bebatuan besar di tepi danau yang bisa dijadikan pijakan. Selain itu, terdapat pohon yang batangnya menjulur ke arah kolam yang juga dapat berfungsi sebagai titik penyangga.

2. Berenang di Danau Nilam

Jika Anda bisa berenang dengan baik, aktivitas ini cocok untuk Anda. Sebagian besar pengunjung yang datang ke Telaga Nilam pasti ingin merasakan sensasi berbeda saat berenang. Jernihnya air yang selalu terjaga meski sering digunakan untuk kegiatan ini tentu sangat menggoda. Kedalaman yang berbeda juga tersedia, Anda dapat menyesuaikan dengan setiap keterampilan berenang.

Biar makin seru, coba bawa kacamata renang, di mana kamu bisa melihat dengan jelas biota air tawar di dasar danau cantik ini. Tumbuhan air berupa lumut dan alga sangat jelas tumbuh di bebatuan besar. Selain memberikan sensasi berenang di kolam air tawar, kegiatan ini juga menyehatkan. Tanpa melupakan pengalaman indah tak terlupakan dengan serasa berenang di samping tumbuhan air yang hidup di dasar kolam, serta ikan-ikan cantik yang selalu menemani Anda.

3. Bersantai di atas danau

Lokasinya selalu sepi, apalagi saat hari aktif yang memungkinkan Anda melakukan aktivitas apapun. Bersantai adalah pilihan yang paling tepat jika sedang tidak mood untuk melakukan apapun. Tentunya bukan sekedar bersantai, melainkan bersantai di atas Danau Nilam dengan menggunakan floating bean bag. Tak sedikit pengunjung yang melakukan aktivitas tersebut, tak terkecuali mereka yang ingin menikmati suasana asri di atas kolam.

Karena pengelola tidak menyediakan atau menyewakan floating beanbag, Anda bisa membawanya sendiri dari rumah. Tidak ada tarif khusus saat Anda melakukan aktivitas ini, semuanya sudah termasuk dalam tiket masuk. Air kolam renang yang hampir tidak berarus membuat suasana santai semakin nyaman. Namun, terkadang ombak kecil datang dari pengunjung renang lainnya.

4. Cari spot foto yang unik dan cantik

Setiap menginap dipastikan melakukan aktivitas foto dengan tujuan mengabadikan momen atau membagikannya di jejaring sosial. Ada yang menarik dari kegiatan ini ketika dilakukan di Telaga Nilam. Airnya yang jernih memungkinkan untuk mengambil gambar dari dalam kolam, atau yang disebut dengan underwater. Hasil fotonya pun semakin cantik dengan adanya tanaman yang menghiasi setiap jepretan yang diambil.

Tak lupa batu-batu besar dan kecil di dasar danau yang membuat latar belakang foto semakin indah. Jika memungkinkan, atur waktu yang tepat saat ikan nilem berenang di samping Anda. Namun momen ini sangat jarang terjadi karena kebanyakan ikan takut mendekati gerakan, apalagi jika Anda aktif bergerak saat berenang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Danau Nilam KuninganKredit gambar: Google Maps Novi Gayatri

Memang objek wisata alam ini masih sepi, namun bukan berarti sepi dari fasilitas. Pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan yang datang ke lokasi. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil yang luas segera setelah Anda datang ke Telaga Nilam dengan kondisi tarif saat ini. Ada juga gazebo di dekat kolam yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Bagi umat Islam juga tidak perlu khawatir dan takut untuk menunaikan kewajibannya. Di tempat wisata ini juga terdapat mushola yang bebas digunakan oleh siapa saja dan kapan saja, asalkan untuk keperluan ibadah. Warung yang tidak jauh dari kolam juga tersedia bagi Anda yang lapar atau sekedar ingin melepas dahaga. Sayang sekali karena sampai saat ini masih belum ada toilet yang bisa digunakan. Namun, pemilik warung sangat terbuka untuk meminjamkan toilet untuk membersihkan diri atau berganti pakaian.

Inilah bahasan menarik tentang Telaga Nilam, mulai dari daya tariknya, harga tiket masuk, rute lokasi, aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Dari penjelasan yang telah dijelaskan di atas, pasti ada niat untuk mengunjungi lokasi tersebut. Apalagi jika saat ini Anda sedang berada di kawasan yang dekat dengan objek wisata tersebut, tidak ada alasan untuk mengabaikan keindahannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button