Pantai Glayem, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Indramayu - WisataHits
wisatahits

Pantai Glayem, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Indramayu

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Juntinyuat, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Menyebut nama Indramayu tentu tidak lepas dari julukannya yaitu kota mangga. Selain terkenal dengan buah mangganya, ternyata Indramayu juga sangat terkenal dengan wisata pantainya. Salah satu pantai terpopuler milik Kota Mangga adalah Pantai Glayem.

Pantai yang merupakan bagian dari deretan pantai utara Jawa atau PANTURA ini memiliki banyak daya tarik. Tak hanya pemandangan pantainya yang terkenal dengan keindahan dan pesonanya, mitos yang berkembang di masyarakat juga ikut menambah daya tarik pantai indah Indramayu ini.

Pantai Glayem yang dulunya terkenal sebagai persinggahan para nelayan ini konon memiliki kekuatan magis yang membawa berkah. Konon, para pemancing yang singgah di pantai cantik ini akan mendapatkan limpahan ikan yang enak rasanya. Seakan menjadi benang merah, mitos ini pun seolah menjadi berkah lain bagi sektor wisata pantai indah ini.

Objek wisata pantai Glayem

Obyek wisata pantai GlayemKredit gambar: Google Maps Arif Silo

1. Panorama pantai yang mempesona

Pantai Glayem terletak di kawasan pantai utara Indramayu. Selain pesona alamnya, pantai yang berada di kawasan utara Indramayu ini memiliki ombak yang sedang sehingga membuat pantai cantik ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Tidak hanya itu, warna air dan birunya menjadi pemandangan yang sangat indah. Segala pesona pantai indah ini seolah terbungkus dengan seksama dalam suasana indah yang mampu memikat hati siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika pantai indah ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melepas penat.

2. Masakan Pesisir Lezat

Tak hanya pemandangan alamnya yang menawan, kuliner khas pantai yang sejuk ini selalu menjadi alasan banyak wisatawan yang datang. Dari warung makan sederhana hingga restoran megah yang berderet sempurna di sepanjang pantai ini seakan berlomba-lomba menawarkan kuliner yang nikmat dan lezat kepada para wisatawan yang datang.

Menu khas wisata pantai dan ikan bakar yang menggugah selera tentu akan menjadi surga bagi pecinta kuliner. Tak heran jika pantai indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur dan memanjakan lidahnya.

3. Matahari terbit dan terbenam yang eksotis

Pemandangan hasil jepretan pantai ini akan semakin eksotis ketika tiba waktunya matahari muncul di pagi hari dan saat matahari terbenam di senja hari. Pemandangan laut biru dan pasir hitam pantainya seakan berubah warna menjadi jingga seluruhnya saat matahari terbit atau saat matahari terbenam.

Lautan yang berubah menjadi jingga saat langit berubah warna membuat pemandangan semakin indah dan eksotik. Deburan ombak dan hembusan angin pantai membuat suasana sunrise dan sunset semakin romantis.

4. Kunjungan ke kolam pemancingan

Pantai Glayem sepertinya menawarkan paket lengkap dalam sebuah destinasi wisata. Selain menawarkan permainan seru dan kuliner, pantai cantik ini juga menawarkan aktivitas olahraga seperti memancing di sekitar pantai.

Pantai ini memiliki banyak spot mancing yang seru dan menarik untuk dicoba. Penggemar aktivitas memancing pasti akan betah berlama-lama di pantai yang sejuk ini. Selain menyalurkan hobi memancing, Anda juga bisa langsung menikmati ikan hasil tangkapan di pantai atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai GlayemKredit gambar: Google Maps Siska Agustine Fadillah

Pantai fenomenal ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Indramayu yaitu di Jantinyuat, Kota Indramayu, Batat Jawa. Tidak perlu khawatir tersesat dalam perjalanan menuju lokasi, karena pantai ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 23-25 ​​menit dari kota Indramayu.

Anda dapat memulai perjalanan dari kota Indramayu melalui Jl Gatot Subroto kemudian mengarahkan kendaraan ke Jl Soekarno Hatta. Ikuti terus jalan ini dan lintasi beberapa jalan yaitu Jalan Raya Mulya Asri, Jl Cirebon – Indramayu, hingga sampai di jalan Loh Bener – Cirebon. Ikuti Jl Raya Juntinyuat, hingga tiba di perbatasan Cirebon – Indramayu.

Setelah sampai di perbatasan jalur Loh Bener Cirebon dan Jl Raya Cirebon – Indramayu, kemudian belok kiri menuju Jl Patimura. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu pertigaan, lalu putar setir ke kiri hingga bertemu pertigaan dekat pantai, kemudian arahkan kendaraan ke kanan menuju pantai Glayem.

Sebelum sampai di pantai ini, Anda akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Junti, Tirtamaya, hingga pantai terdekat dari Glayem yaitu Pantai Rembat. Anda juga bisa singgah di pantai-pantai tersebut sebelum tiba di tempat tujuan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Pantai GlayemKredit gambar: Google Maps Diki Hermaydijanto

Jika ingin berlibur ke Pantai Glayem, Anda hanya perlu menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk satu orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, siapkan sejumlah uang untuk biaya sewa tempat parkir yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika ingin berenang di sekitar pantai, Anda bisa menyewa ban karet yang disediakan di sekitar pantai dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5000 untuk satu ban. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tikar seharga Rp 10.000 untuk duduk atau bersantai di sekitar pantai sepuasnya.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Glayem

Aktivitas di Pantai GlayemKredit Gambar: Saluran Google Maps Jaware

1. Berenang

Berenang selalu menjadi kegiatan favorit di liburan pantai. Dengan ombak yang tidak terlalu kencang, pantai cantik ini tentunya sangat aman untuk aktivitas berenang Anda.

Apalagi pantai ini juga memiliki dasar yang cukup dangkal, sehingga Anda tidak perlu takut saat bermain air atau berenang di sekitar pantai. Area pantainya yang dipenuhi pasir yang sangat halus tanpa bebatuan yang tajam tentunya sangat aman dan tidak akan merugikan atau melukai anda saat berenang.

2. Memancing

Jika Anda memiliki hobi memancing, Pantai Glayem sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Tentu memancing di sungai atau kolam adalah hal yang lumrah, namun memancing di pantai pasti akan memberikan sensasi yang berbeda.

Pantai yang terkenal dengan cita rasa ikannya yang lezat ini pasti akan menjadi penawaran menarik bagi anda yang hobi memancing untuk segera mendapatkannya. Menunggu umpan ditangkap ikan sambil menikmati keindahan alam akan membuat liburan anda semakin seru dan menarik.

Serunya lagi, ikan hasil tangkapan bisa langsung dimasak untuk Anda cicipi di tempat atau dibawa ke warung makan di sekitar pantai untuk diolah. Selain itu, Anda juga bebas membawa pulang hasil tangkapan ikan sebagai oleh-oleh liburan.

3. Mencari foto yang bagus

Keindahan alam pantai hits ini tentu sayang untuk dilewatkan. Banyak tempat unik di berbagai sudut pantai yang bisa Anda gunakan sebagai background foto Anda.

Hamparan beton pemecah gelombang akan menciptakan pemandangan yang indah jika dijadikan latar belakang foto Anda. Tak hanya itu, sisa-sisa perahu dan perahu bekas juga akan memberikan kesan estetik pada setiap pemotretan. Berpose dengan spot pantai yang instagenic cantik ini pasti akan membuat hasil foto Anda semakin unik dan menarik.

4. Di sekitar laut

Berlayar di laut tentu menjadi aktivitas yang sangat mengasyikkan. Jangan salah, keseruan ini juga bisa kamu nikmati selama berlibur di pantai yang sejuk ini. Anda akan diajak berkeliling di tengah laut dan menikmati pemandangan bawah laut yang sungguh menakjubkan.

5. Berburu kuliner

Kulinernya yang terkenal di mana-mana pasti akan membuat wisatawan ingin segera mencobanya. Bahkan, saat pertama kali memasuki Pantai Glayem, aroma kuliner yang nikmat langsung menyambut dan menggoda indra penciuman wisatawan.

Anda bisa mencoba semua menu lezat yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Makan siang setelah lelah bermain, ditemani semilir angin pantai tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Sarana Wisata Pantai GlayemKredit gambar: Google Maps Arif Silo

Pantai yang indah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Berbagai fasilitas wahana yang mendukung kegiatan wisata seperti ban karet, tikar, dan perahu tersedia untuk disewa. Selain itu, terdapat juga gazebo-gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai atau makan siang bersama keluarga.

Selain itu, fasilitas umum seperti toilet dan kamar kecil juga disediakan oleh tour leader. Bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir karena Pantai Glayem telah menyiapkan musholla yang bersih dan nyaman untuk beribadah. Kios-kios makanan yang berjejer di tepi pantai selalu siap memanjakan perut Anda.

Pantai yang indah ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan cukup nyaman untuk menampung banyak kendaraan. Di sekitar pantai juga tersedia berbagai penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

Siapa sangka, pantai yang hanya menjadi pelabuhan dan persinggahan para nelayan ini ternyata memiliki pesona alam yang luar biasa dan mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Tak heran lagi jika Pantai Glayem di Indramayu selalu ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan pesonanya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button