Pantai Botutonuo, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Gorontalo - WisataHits
wisatahits

Pantai Botutonuo, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Gorontalo

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Botutonuo, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo; Kasus: Cek lokasi

Pantai Botutonuo merupakan pantai yang terletak di kawasan Desa Botutonuo. Pantai ini akan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada hari-hari tertentu. Misalnya, akhir pekan atau hari libur. Pantai ini sangat populer di kalangan pengunjung karena aksesnya yang mudah dan pemandangannya yang indah.

Sehingga pengunjung yang ingin datang kesini harus mengetahui hari yang tepat. Karena jika tidak pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang hanya ingin berlibur atau bermain di sekitar pantai Bone Bolango ini.

Atraksi Pantai Botunuo Pantai

Aktivitas di Pantai BotutonuoKredit Gambar: Instagram Irwan Azis

Orang-orang sangat mengenal pantai ini karena tidak jauh dari pemukiman penduduk. Apalagi masyarakat juga menganggap pantai ini sebagai wisata murah yang bisa dikunjungi setiap saat.

1. Air pantai yang jernih

Pantai Botutonuo memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi. Hal ini juga membuat aliran air di sekitar pantai menjadi jernih.

Pengunjung tidak akan menemukan kotoran apapun saat berada di pantai ini. Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan warna biru laut yang cerah dari area sekitar pantai.

2. Hamparan pasir putih

Jika pengunjung ingin melihat keindahan pantai dari daratan. Jadi tempat ini adalah tempat yang cocok untuk pengunjung yang datang.

Pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai. Serta keindahan lainnya berupa deburan ombak tentunya bisa membuat pantai ini semakin istimewa.

3. Air yang menyegarkan

Pengunjung tidak perlu khawatir jika air di pantai ini hangat atau terik. Karena air di Pantai Botutonuo sangat sejuk.

Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk mandi. Air di sekitar pantai juga memiliki suhu yang dingin, sehingga tetap sejuk dan tidak panas.

4. Pemandangan yang bagus

Atraksi milik Pantai BotunuoKredit Gambar: Instagram edhy ginulywan

Pemandangan di sekitar pantai begitu indah karena banyak pepohonan yang tumbuh. Mulai dari pohon kelapa hingga mangrove bisa tumbuh subur di sini.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan garis hijau yang mengelilingi pantai. Garis itu berasal dari pohon-pohon yang tersusun rapi.

5. Angin Dingin

Sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai, angin yang bertiup di sini sangat sejuk. Tidak ada udara panas di sekitar pantai ini.

Hal ini bisa terjadi karena area sekitar pantai ditumbuhi pepohonan yang tinggi. Juga karena pantai ini memiliki banyak gubuk untuk dijadikan tempat berteduh.

6. Kedalaman air dangkal

Faktanya air laut yang menuju pantai memiliki kedalaman yang normal. Sehingga bisa membuat pengunjung berenang dengan leluasa.

Ditambah lagi, pengunjung tidak perlu khawatir tenggelam. Pasalnya, garis pantai kawasan ini telah dilengkapi dengan garis pengaman jika pengunjung berenang terlalu jauh dari pusat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BotutonuoKredit gambar: Google Maps Agus Heri

Jika pengunjung ingin datang ke Pantai Botutonuo, pastikan pengunjung ke Desa Botutonuo terlebih dahulu. Pengunjung dapat menggunakan moda darat seperti angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju desa.

Jika pengunjung datang dari kota Gorontalo, akan memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan menuju desa Botutonuo. Jarak antara kota Gorontalo dan desa Botutonuo bervariasi dari 15 sampai 18 kilometer.

Kondisi jalan di sepanjang jalan menuju desa Botutonuo sudah mulus karena jalan beraspal. Namun, karena daerah ini terletak di antara lembah sempit, jalan menuju desa dan pantai berkelok-kelok.

Dari Kota Gorontalo, pengunjung harus mengambil arah yang benar dari perempatan menuju Jalan Walikota Dullah. Setelah itu, pengunjung dapat terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan Jalan Laksamana Martadinata.

Setelah itu, pengunjung dapat terus berjalan hingga menemukan monumen selamat datang yang menunjukkan desa Botutunuo. Lanjutkan beberapa mil lagi dan pengunjung telah tiba di pantai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai BotutonuoKredit gambar: Google Maps Idham Hamidun

Pengelola mematok harga Rp 5.000 untuk setiap pengunjung menikmati keindahan pantai Botutonuo. Selain itu, pengunjung harus membayar parkir.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda dua, maka biaya parkir yang harus dikeluarkan pengunjung hanya Rp 2.000,00. Namun jika pengunjung datang dengan kendaraan roda empat, pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5000,00.

Selain biaya masuk dan parkir, biaya lain yang harus dipungut pengunjung sepertinya opsional. Pengunjung bisa menyewa ban di pinggir pantai dengan harga per pemakaian Rp 200,00.

Atau jika pengunjung tidak ingin merasakan panasnya terik matahari. Pengunjung bisa menyewa gubuk yang sudah disediakan warga dengan harga per jam sekitar Rp 10.000.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Botutunuo

Aktivitas di Pantai BotutonuoKredit gambar: Instagram Novitya Febriyanty N. Mahieu

1. Bermain layang-layang

Dengan angin yang cukup kencang bertiup ke daerah sekitar pantai. Melakukan aktivitas ini sendiri tentunya bisa dilakukan oleh pengunjung.

Pengunjung dapat memilih waktu dari siang hingga sore hari untuk menerbangkan layang-layang. Pengunjung juga bisa menerbangkan layang-layang saat angin kencang di Pantai Botutonuo.

2. Bangun istana pasir

Jika pengunjung membawa peralatan seperti sekop dan ember pasir. Maka kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Karena pengunjung bisa leluasa bermain pasir atau membangun istana pasir. Tanpa harus khawatir air laut menyentuh bangunan.

3. Berenang di pantai

Karena airnya tidak terlalu dalam, siapa pun bisa berenang di sepanjang pantai. Pengunjung bisa menyewa ban dari warga sekitar yang menawarkan jasa peminjaman ban.

Pengunjung juga bisa berenang langsung ke laut dengan lebih santai. Karena kondisi pantai ini nyaman untuk berenang.

4. Bersantai di cabana

Aktivitas Menarik di Pantai BotunuoKredit gambar: Google Maps

Jika pengunjung tidak ingin berenang atau menerbangkan layang-layang dan hanya ingin bersantai. Kemudian, pengunjung bisa menyewa cabana di pinggir pantai.

Dengan harga yang murah, pengunjung bisa bersantai di kabin. Selain itu, pengunjung juga bisa meletakkan barang-barang di dalam gubuk agar lebih aman.

5. Manfaatkan senja

Saat sore hari telah tiba, pengunjung bisa menikmati sunset di tepi pantai. Matahari yang mulai terbenam di kala senja tentu bisa menjadi keindahan tersendiri.

Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam di Pantai Botunuo secara gratis. Pengunjung juga dapat mengambil foto sunset dengan kamera pengunjung.

6. Naik perahu nelayan

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan pantai dari atas perahu. Pengunjung bisa menyewa perahu dari nelayan setempat.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai. Pengunjung juga bisa memancing di perahu nelayan yang dikemudikan pengunjung.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Dekat Pantai BututonuoKredit gambar: Google Maps Edwien

1. Grand Q. Hotel

Hotel pertama yang terletak di dekat pantai adalah hotel Grand Q. Terletak di kota Gorontalo dan tidak memakan banyak waktu, hotel ini pasti bisa menjadi pilihan yang baik bagi pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah sarapan pagi, Wifi dan juga parkir gratis. Selain itu, hotel ini juga memiliki fasilitas berupa kolam renang.

Pengunjung dapat memesan kamar di hotel secara online maupun offline. Pengunjung juga bisa datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi.

2. Hotel Matahari Terbit

Berikutnya adalah Sunrise Hotel yang mengusung tema ramah anak. Pengunjung akan menikmati berbagai fasilitas selama menginap di hotel ini.

Ada sarapan, parkir dan juga Wi-Fi gratis untuk tamu yang menginap. Hotel ini juga memiliki fasilitas lain berupa kamar ber-AC.

Pengunjung bisa datang ke hotel ini menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Pengunjung juga dapat memesan langsung di hotel, tanpa reservasi terlebih dahulu.

3. Century Beach Hotel

Hotel ini terletak sangat dekat dengan pantai Botutunuo dan cocok untuk pengunjung yang tidak ingin terlalu jauh dari pantai. Pemandangan pantai langsung dari hotel tentu bisa menjadi keindahan tersendiri.

Pengunjung akan menikmati fasilitas seperti WiFi dan parkir gratis selama menginap di hotel ini. Selain itu, ada juga layanan kamar dan akses langsung ke pantai untuk dinikmati pengunjung.

Hotel ini juga ramah anak dan ramah pengunjung. Sehingga pengunjung dapat merasa lebih nyaman selama menginap di hotel ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area Pantai BotutonuoKredit gambar: Google Maps Marwan Mohamad

Pantai Botutonuo memiliki begitu banyak keindahan dan kenyamanan yang dirancang khusus untuk pengunjung. Fasilitas seperti toilet umum, kabin untuk istirahat, persewaan ban dan juga garis pantai ada disini.

Fasilitas lain seperti makanan lokal yang dapat dibeli pengunjung dari pedagang juga tersedia. Pengunjung juga bisa menitipkan barang pada pengelola pantai.

Pengunjung juga bisa menemukan tempat parkir kendaraan roda dua dan empat di pantai yang indah ini. Selain itu, terdapat tempat sampah umum bagi pengunjung yang telah selesai menikmati jajanan.

Sebagai tempat populer bagi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur, Pantai Botutunuo begitu populer di kalangan masyarakat. Diharapkan pengunjung bisa memilih hari agar pantai tidak ramai dan bisa membuat pengunjung lebih santai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button