Pantai Gerupuk, pantai indah yang mempesona dan bukit karang yang eksotis di Lombok tengah - WisataHits
wisatahits

Pantai Gerupuk, pantai indah yang mempesona dan bukit karang yang eksotis di Lombok tengah

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Lombok tidak akan mengecewakan wisatawan dengan keindahan pantainya yang menawan. Salah satunya adalah bentang alam milik pantai Gerupuk yang terletak di tengah Lombok. Pantai ini memiliki perpaduan air laut yang kebiruan dengan bebatuan karang yang terlihat menyejukkan.

Pantai ini merupakan salah satu lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika Anda menyukai alam yang unik. Ombak di pantai ini seolah saling mengejar dengan gemuruh yang memesona. Di sana, wisatawan tidak bisa menikmati keindahan pasir pantai, melainkan tergantikan oleh bebatuan hitam dan abu-abu.

Apalagi di tengah laut banyak terdapat bebatuan karang yang berserakan secara acak. Wisatawan sering menggunakan Pantai Gerupuk sebagai tempat berfoto karena banyaknya background yang keren dan indah. Pantai khas di Lombok ini memiliki keindahan dan karakter tersendiri.

Atraksi Pantai Gerupuk

Aktivitas di Pantai GerupukKredit gambar: Facebook Harja Saputra

1. Bukit Karang

Bukit-bukit karang terbentang tak jauh dari laut di kawasan Pantai Gerupuk. Bukit-bukit karang ini menjadi tempat para wisatawan suka menghabiskan waktu bersantai. Panorama di puncak bukit dapat membantu wisatawan menyaksikan laut, hamparan pasir dan gulungan ombak sekaligus.

Bukit-bukit dapat didaki dengan mudah dan aman bagi banyak wisatawan. Hal ini dikarenakan perjalanan dari pantai menuju puncak relatif lancar. Dengan cara ini, wisatawan tidak perlu usaha yang besar untuk bisa menaklukkannya. Meski begitu, wisatawan tetap waspada, apalagi saat musim hujan tiba.

Gulma di karang kadang-kadang bisa menjadi sangat licin. Untuk mengatasinya, sebaiknya wisatawan berhenti di sini hanya saat langit cerah atau hanya saat musim kemarau.

2. Gelombang Bergulir Eksotis

Ombak Pantai Gerupuk memang berhasil membangkitkan minat wisatawan mancanegara. Menyeberangi teluk dari dermaga yang terletak di kawasan pemukiman, wisatawan akan menemukan banyak turis asing yang asyik berselancar. Bahkan ombak pantai ini oleh wisatawan digolongkan menjadi 5 kategori.

Masing-masing dinamai menurut bahasa lokal yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Misalnya Batu Teong atau Dondon, Giligoleng atau Outsite, Prigi atau Inside, Terasaq atau Luar, dan Batu Lawang atau Kids Point.

Penamaan tersebut merupakan bukti bahwa jenis tinggi gelombang di Lombok tengah cukup berbeda. Ini juga berarti bahwa siapa pun dapat mencoba berselancar selama mereka cukup berani untuk melakukannya.

3. Penduduk lokal

Bagi sebagian wisatawan, keramahan penduduk lokal yang tinggal dekat dengan kawasan wisata menjadi nilai plus yang pasti. Indonesia sendiri pada dasarnya dikenal dengan sikap ramah terhadap wisatawan asing.

Hal yang sama juga terdapat pada masyarakat Desa Gerupuk yang ramah dan bersahabat dalam menyambut wisatawan. Bukan hanya pura-pura, tapi sudah menjadi budaya yang melekat pada penduduk desa.

Oleh karena itu, ketika bermain di area sekitar pantai estetis Gerupuk, jangan ragu atau malu untuk bertanya atau sekedar menyapa jika bertemu dengan warga sekitar. Ini dapat menambah pengalaman liburan yang baik dan membantu dalam meningkatkan keterampilan sosialisasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai GerupukKredit gambar: FacebookWemeup.com

4 km dari Tanjung Aan yang berada di sebelah timur pantai Kuta, wisatawan ke pantai Gerupuk ini bisa bertemu ketika datang ke desa Gerupuk, NTB. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan umum, kendaraan pribadi atau mobil sewaan. Akses jalan juga mudah.

Mengenai itinerary untuk angkutan umum, wisatawan bisa mulai dari Kota Mataram kemudian menuju Bertais kemudian Praya dan berhenti di Sengkol. Kemudian beralih ke angkutan umum dan memilih rute dari Sengkol ke Kuta yang dikejar oleh tukang ojek. Jika ingin menikmati indahnya ombak di sana, Anda harus menyeberangi laut menuju Teluk Gerupuk.

Dari kota Mataram, ibu kota NTB, lokasi pantai ini berjarak sekitar 60 km. Anda yang berangkat dari kota ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Aplikasi Google Maps harus siap mengantisipasi jika Anda tersesat di tengah perjalanan menuju pantai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai GerupukKredit gambar: Google Maps Anita Yuliani

Dengan bujet hanya Rp 5.000, wisatawan sudah memiliki akses ke kawasan wisata andalan Lombok, yaitu Pantai Gerupuk. Harga tiket berlaku untuk satu turis. Namun, tiket masuk tersebut masih belum termasuk dalam biaya biaya parkir kendaraan yang dibawa wisatawan.

Tiket masuk pantai ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Untuk itu, wisatawan harus selalu siap dengan kemungkinan perubahan harga tiket masuk setinggi mungkin.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Gerupuk

Aktivitas di Pantai GerupukKredit gambar: Google Maps Anita Yuliani

1. Bersantai di tepi pantai

Seringkali wisatawan hanya ingin aktivitas duduk santai di kawasan wisata tanpa berbagai aktivitas yang berat. Namun hal ini sulit dilakukan mengingat masih banyak wisatawan lain yang lewat atau kebisingan lingkungan sekitar.

Situasi serupa sebenarnya ada di pantai yang indah ini, namun hal ini tidak serta merta menghilangkan kemungkinan wisatawan untuk bersantai. Ini karena sebagian besar wisatawan lebih tertarik berselancar daripada berdiri diam. Jadi bagi Anda yang ingin duduk-duduk, bisa dilakukan.

2. Berselancar

Sama halnya dengan Bali, Lombok juga populer sebagai tempat surfing internasional di Indonesia. Salah satunya di Pantai Gerupuk, semua orang bisa berpartisipasi. Apakah Anda seorang pemula atau ahli dalam berselancar, jangan ragu untuk bergabung dengan aktivitas selancar pantai yang semarak.

Ombak yang menggulung seperti salah mengejar membuat para peselancar merasakan keseruannya. Blue Money Seawater menambah kepuasan menonton Anda saat melakukan aktivitas yang memacu adrenalin tersebut.

3. Homestay Semalam

Tidak jauh dari pantai, penduduk desa mengubah rumah pribadi mereka menjadi wisma yang nyaman untuk disewakan kepada wisatawan. Dengan cara ini, wisatawan dapat menjauh dari keramaian pantai untuk sementara waktu dan beristirahat di sekitar penduduk setempat.

Bersama penduduk setempat, Anda bisa menghabiskan malam dengan tenang dan menyenangkan. Jika Anda menemukannya, jangan ragu untuk membayar ekstra untuk pengalaman liburan yang berbeda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai GerupukKredit Gambar: Facebook Pulau Lombok

Pantai Gerupuk merupakan objek wisata populer di Pulau Lombok yang selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Untuk itu, kelengkapan fasilitas sudah tidak diragukan lagi karena semua kebutuhan para wisatawan hampir dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini membuat pantai ini semakin diminati oleh wisatawan dari berbagai kalangan.

Jika ingin bermalam, tidak hanya homestay di fasilitas umum, tetapi wisatawan juga bisa mendirikan tenda di area camping yang menakjubkan. Kemudian wisatawan bisa menggunakan surf camp untuk memanjakan diri sambil menyaksikan kemewahan deburan ombak di kawasan eksotis ini.

Yang paling istimewa adalah fasilitas spot foto estetis yang disukai wisatawan. Beberapa spot foto utama adalah seluncuran saat deburan ombak, di tengah lautan, di atas bukit karang, pemandangan sunset dan sunrise, dan lain-lain yang bisa dieksplor lebih dalam lagi oleh wisatawan. .

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri Pantai Gerupuk. Di antara tempat wisata yang ramai di Lombok, pantai ini sangat direkomendasikan untuk wisatawan. Untuk itu, tambahkan pantai ini ke dalam agenda kunjungan wisata Anda saat liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button