Pantai Samas, surga bahari eksotik yang kaya pesona di Bantul, Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Samas, surga bahari eksotik yang kaya pesona di Bantul, Jogja

Harga tiket: Rp4.000 Jam operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Menjelajahi destinasi wisata di Indonesia sepertinya tidak ada habisnya. Di objek wisata berupa pantai misalnya, banyak sekali dijumpai di berbagai provinsi dengan keindahannya masing-masing. Salah satu yang paling populer dan tidak pernah sepi pengunjung adalah Pantai Samas di Bantul. Panorama alam laut dengan angin kencang menjadi ciri khas tersendiri. Angin juga membawa ombak besar ke pantai yang juga merupakan pemandangan yang indah.

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta dengan potensi wisata yang luar biasa berupa pantai. Tentu Anda tahu Parangtritis dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Destinasi laut ini bisa dibilang merupakan pantai yang hampir menyamai keindahan pantai yang terletak di desa Parangtritis, Kretek. Beberapa wisatawan yang pernah mengunjunginya bahkan menganggap pantai Samas sebagai Parangtritis kedua.

Pantai Samas tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang unik tetapi juga keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dapat Anda temukan di pantai lain. Namun kali ini Anda bisa menikmati keindahan laguna dan delta sungai. Bagi warga sekitar, keberadaan laguna dan delta membawa berkah tersendiri karena di sinilah ikan-ikan berkumpul. Bagi wisatawan, panorama alam yang menjanjikan menjadi daya tarik tersendiri.

Daya Tarik Pantai Samas Bantul

Daya Tarik Pantai Samas BantulKredit gambar: Google Maps Achdiat Septiawan

Anda juga harus tahu bahwa setiap tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri. Ini adalah alasan mengapa banyak pengunjung datang. Pantai Samas pun demikian, ada daya tarik yang membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Apa saja atraksi yang menjadi ciri khasnya? Inilah beberapa yang paling menarik!

1. Pesona Laguna

Di atas sudah disinggung sedikit bahwa ada yang berbeda dari pantai indah ini yaitu adanya laguna. Penduduk setempat memberi nama Laguna Pengklik yang mengalir ke delta Sungai Opak. Sungai ini terbentuk karena proses alam yaitu abrasi air laut, arus air yang tenang tanpa gelombang menjadi daya tarik tersendiri, dimana kejadian tersebut disebabkan adanya penahan berupa gundukan tanah dari abrasi.

2. Pasir Pantai Hitam

Jika di tempat lain Anda bisa menemukan pasir putih di pantai, kali ini berbeda. Pantai Samas memiliki pasir hitam halus yang biasa digunakan untuk bahan bangunan. Bahkan hampir semua pantai di Jogja memiliki jenis pasir ini. Misalnya saja di pantai Parangtritis ini Anda bisa menemukan hamparan pasir hitam yang cukup luas. Bahkan lebih luas dari pantai Samas.

Bagi anak-anak, pasir jenis ini menjadi daya tarik baginya. Teksturnya lembut dan mudah dibentuk. Mereka pasti bisa dengan mudah membangun gedung atau apapun yang mereka inginkan. Tak sedikit juga orang dewasa yang mencoba bermain pasir untuk mengisi waktu luangnya saat berlibur.

3. Konservasi penyu

Objek Wisata Pantai Samas BantulKredit gambar: Google Google Maps Deasy A.desiliani

Tidak banyak pantai yang juga menjadi tempat konservasi penyu. Bahkan mungkin satu-satunya di Yogyakarta. Memang pantai Bantul yang indah ini sering didatangi hewan bercangkang ini saat bertelur. Karena itulah Rujito muncul dengan ide menarik, yaitu membuat penangkaran penyu dan melepasnya setelah menetas.

Disebut daya tarik karena pengunjung dapat membantu pelepasan penyu untuk melaut, jika berminat silahkan datang pada sore hari karena kegiatan berlangsung pada malam hari. Tujuannya untuk menghindari predator yang sering muncul di siang hari.

4. Jembatan Bambu Pantai Samas

Tepat di lokasi Clicking Lagoon terdapat jembatan bambu panjang. Tempat ini biasanya digunakan bagi mereka yang ingin foto selfie. Lebarnya hanya 1 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Uniknya karena jembatannya menjorok ke laut, sehingga wisatawan serasa berada di atas air laut.Untuk menikmati atau memasuki jembatan bambu, siapkan uang 5.000 rupiah.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Pantai Samas, BantulKredit gambar: Google Maps Christina Dewi

Tidak sulit menemukan lokasi Pantai Samas karena berada tidak jauh dari jalan lintas selatan. Alamat lengkap Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, DI Yogyakarta, silakan lihat peta untuk lokasi tepatnya. Rutenya juga mudah, tidak jauh dari pantai Parangtritis, sekitar 4 km dan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dengan mobil.

Bagi Anda yang berada di pusat kota Jogja, silahkan menuju arah selatan menuju Jalan Brigjen Katamso. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Parangtritis dan lurus terus hingga menemukan pertigaan Jalan Cepit – Tembi. Dari titik ini, silakan menuju ke selatan untuk sampai ke Jalan Bantul. Silakan lanjutkan perjalanan untuk menuju pantai yang indah ini karena lokasinya tidak jauh ketika sudah sampai di titik terakhir.

Biaya masuk

Tiket Pantai Samas BantulKredit gambar: Google Maps Norbertus Yuni Artanto

Tidak ada yang mahal untuk sekelas obyek wisata berupa pantai, seperti halnya Pantai Samas, Bantul. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000, dewasa dan anak-anak. Sedangkan sewa tempat parkir hanya dikenakan biaya 5.000 untuk mobil dan 2.000 untuk sepeda motor. Selain semua biaya tersebut, ada biaya opsional lain bagi mereka yang ingin memasuki Jembatan Bambu dan Taman Bunga. Biaya yang harus dikeluarkan masing-masing sebesar Rp 5.000. Tidak mahal kan?

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai Samas, BantulKredit Gambar: Google Maps Icunk obid

Belum lengkap rasanya jika belum melakukan aktivitas menarik selama liburan. Di hampir semua pantai, semua aktivitas tidak jauh berbeda. Aktivitas di pantai tentunya masih berkaitan dengan daya tariknya. Misalnya saat berada di atas jembatan bambu, Anda bisa menyusuri jembatan sambil menikmati segarnya udara khas pantai. Selain itu, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Samas!

1. Bermain pasir dan air

Pasir hitam bukan hanya daya tarik, tapi juga aktivitas yang menarik. Pengunjung biasanya berlomba membangun objek-objek menarik, seperti istana pasir, rumah bahkan sekedar membuat terowongan bawah tanah. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh segala usia, anak-anak maupun dewasa, pria maupun wanita.

Selain itu, bermain air laut juga bisa menjadi kegiatan alternatif. Terkadang sapaan ombak yang merayap di pantai membuat suasana semakin merah. Apalagi saat angin kencang, biasanya gulungan ombak di pantai lebih tinggi. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan, tidak jarang ombak besar menggelayut di tengah pantai.

2. Bersantai di taman bunga

Bosan bermain di tepi Pantai Samas? Tak jauh dari lokasi terdapat taman bunga cantik yang didominasi oleh bunga matahari. Uniknya, taman yang dipenuhi bunga-bunga cantik ini sebenarnya hanya digunakan untuk melindungi tanaman cabai yang ada di sekitar lokasi. Hanya saja ketika semakin banyak orang, pemilik berinisiatif menanam bunga lagi dan memungut biaya bagi yang ingin masuk menikmati keindahannya.

Jika berminat silahkan datang ke Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Luas taman ini cukup untuk menghabiskan sisa waktu setelah menikmati keindahan pantai ini. Keindahan semakin terlihat ketika bentuk bunganya disesuaikan dengan warnanya. Ada yang memanjang dengan semua kuning telur, diikuti putih di sebelahnya. Ada juga tambalan kecil dengan bunga berwarna-warni. Merah, kuning, ungu dan putih adalah warna yang bisa Anda lihat di Taman Bunga Bantul.

3. Wisata Kuliner Terapung

Mencicipi hidangan di warung adalah hal yang biasa. Bagaimana dengan dapur terapung? Ini juga yang membedakan pantai Samas dengan pantai lainnya. Pengunjung bisa mencicipi hidangan khas berbahan dasar ikan hasil tangkapan nelayan. Tak perlu takut ombak karena warung dibangun semi permanen di atas pohon.

Lebih menarik lagi dengan desain stand yang menyerupai gazebo. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan laut dengan jelas tanpa ada halangan apapun. Begitu juga dengan semilir angin pantai yang terkadang membuat suasana melayang. Tak perlu takut dengan harga karena tetap terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Di tempat yang sama, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan jelas saat berada di pos pengamatan. Memang tidak terlalu tinggi, tapi cukup untuk melihat laut dari titik yang lebih cantik. Selain itu ada juga area bermain anak yang tentunya lebih aman dibandingkan bermain di pantai.

4. Menikmati sunset dan sunrise

Aktivitas Seru di Pantai Samas, BantulKredit gambar: Google Maps Mytha Nura

Kegiatan semakin lengkap ketika Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Hati-hati, tidak semua pantai memiliki panorama alam yang indah seperti ini. Tergantung luas dan arah pantainya, karena ada juga pantai yang sebelah timur dan baratnya tertutup daratan atau pulau-pulau di sebelahnya.

Jika ingin menikmati sunset di pantai Samas, silahkan datang pada sore hari menjelang senja. Sebaliknya, jika ingin menyaksikan indahnya pancaran sinar jingga matahari saat terbit, silahkan datang sebelum waktunya matahari muncul. Namun, semuanya bisa Anda nikmati saat cuaca cerah dan tidak mendung.

5. Berburu spot foto

Dalam hal mengabadikan momen liburan, hampir semua turis melakukannya. Bahkan bisa dikatakan liburan menjadi sia-sia jika Anda tidak mengingatnya. Apalagi, ada banyak tempat indah yang bisa dijadikan momen seru saat liburan. Anda juga dapat berbagi di jejaring sosial jika diperlukan.

Tempat indah yang dimaksud adalah jembatan bambu. Hanya sedikit orang yang berpikir untuk mengambil gambar dengan titik ini. Sekalipun sudut pandangnya diambil dengan benar, fotonya pasti akan indah dan tidak akan mengecewakan Anda saat diunggah ke jejaring sosial. Tempat indah lainnya tidak diragukan lagi adalah taman bunga matahari. Keindahan warna-warni bunganya terlalu sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai macam pose, kamu bisa menggunakan background taman bunga yang cantik ini.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pantai Samas, BantulKredit Gambar: Google Maps Saya ingin tahu

Setiap tempat wisata yang dikelola dengan baik tentunya memiliki fasilitas yang memadai, hal yang sama juga bisa Anda dapatkan saat berada di Pantai Samas. Fasilitas seperti toilet, mushola dan tempat parkir disediakan. selain itu, ada juga penginapan yang siap dijadikan tempat istirahat jika jauh dari tempat wisata. Tempatnya tidak terlalu jauh dari pantai. Jadi Anda bisa kembali kapan saja jika belum puas menikmati keindahannya.

Apa yang ada di Pantai Samas Bantul pasti menarik untuk dinikmati. Baik dalam bentuk kegiatan maupun instalasi. Daya tariknya luar biasa dan didukung dengan fasilitas yang memadai. Hanya saja karena ini pantai jadi harus hati-hati, apalagi yang bawa anak di bawah umur. Pantai selatan terkenal dengan angin kencang dan ombak besar yang bisa berbahaya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button