Keindahan Pulau Sangiang, Tempat Eksotis Bagi Penggemar Snorkeling di Banten - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Sangiang, Tempat Eksotis Bagi Penggemar Snorkeling di Banten

Harga tiket: Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sangiang, Kec. Sepatan Timur, Kota Serang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Pulau Sangiong sendiri sudah ada sejak abad ke-19. Menurut cerita, pulau ini awalnya terbentuk ketika Raja Lampung memanggil rakyatnya untuk mendiami pulau ini. Bagi wisatawan yang menyukai alam bahari, pulau Serang yang indah ini menjadi salah satu destinasi favorit mereka. Daya tarik wisata utama dari tempat ini adalah keindahan pantai dan terumbu karang dengan ikan berwarna-warni.

Pulau ini juga memiliki berbagai flora dan fauna yang masih asli. Selain itu, tempat ini memiliki gua peninggalan kolonial Jepang yang memiliki nilai sejarah. Pulau ini unik karena terletak di antara pulau Jawa dan Sumatra. Taman alam ini merupakan tempat wisata yang dulunya merupakan cagar alam.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan wisata Pulau Sangiang di Banten. Keindahan dan kebersihan pulau ini masih terjaga karena minimnya jumlah wisatawan. Surga tersembunyi di Selat Sunda ini memiliki perairan yang hijau dan indah. Penduduk setempat mengatakan pulau ini sangat eksotis. Bagi Anda yang penasaran, coba berkunjung ke sini.

Atraksi Pulau Sanguang

Atraksi Pulau SanguangKredit gambarFacebook Picnic Yuk

1. Flora dan Fauna

Flora dan fauna Pulau Sangiang sangat terpelihara dengan baik. Mereka hidup bebas di alam bebas di sekitar lokasi wisata. Fauna yang hidup di pulau ini antara lain landak, biawak dan lutung. Selain itu, berbagai jenis ular hidup di hutan pulau ini. Karang dan berbagai jenis ikan juga hidup di laut dalam keadaan sangat terjaga dan terlindungi.

2. Pantai Pemandian Batu

Pantai ini berada di dekat dermaga pulau. Di pantai ini terdapat kolam alami yang dipenuhi bebatuan. Pantai ini akan berwarna jingga saat matahari terbenam dan akan menjadi panorama indah yang diharapkan wisatawan. Pantai Batu Mandi sendiri menjadi primadona di tempat wisata ini.

3. Pantai berpasir panjang

Pantai ini memiliki tepi yang sangat panjang dan pasir yang sangat lembut. Ada tebing di sisi pantai yang menjadi dasar pulau ini. Ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya sehingga aman untuk bermain di sekitar pantai.

4. Gua Tungku

Atraksi Pulau SanguangKredit gambar: Google Maps Glend Andre

Gua ini adalah gua berbentuk unik yang hidup di Pulau Sangiong. Gua ini disebut Gua Tungku karena bentuknya yang seperti tungku. Oven sendiri merupakan alat pembakaran yang digunakan untuk memasak. Untuk mengakses goa ini, Anda harus berjalan naik turun bukit dengan tebing terjal untuk melihat keindahan goa dari dekat.

5. Menara Pengawal

Menara Pengawal adalah menara setinggi 30 meter yang digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia untuk memantau kapal-kapal yang beroperasi di sekitar pulau. Anda bisa meminta izin kepada TNI yang sedang bertugas jika ingin mencoba mendaki ke puncak.

Dari menara ini Anda juga bisa melihat berbagai jenis peninggalan pulau ini. Anda dapat melihat bangunan rumah sakit dan hotel tua yang dibangun sebelum krisis mata uang tahun 1998. Anda juga dapat melihat bangunan pendudukan Jepang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau SanguangKredit gambar: Google Maps Eddy Wu

Pulau kecil yang terletak di antara dua pulau besar ini terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Secara spesifik pulau ini terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Di peta, pulau ini terlihat kecil dan mungkin terisolasi. Namun, Pulau Sangiong telah menjadi pulau yang sangat terkenal dan semakin diminati oleh banyak wisatawan.

Jalan menuju tempat wisata ini tidak terlalu sulit. Dari kota Serang, Anda hanya perlu naik kendaraan umum seperti bus untuk menuju Cilegon. Dari Cilegon, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Paku Anyer.

Dari Pantai Anyer menuju pulau ini tidak begitu jauh. Dari Anyer, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai tujuan Anda. Anda hanya perlu menyeberangi lautan menggunakan kapal dari Pelabuhan Paku Anyer. Biasanya pemuatan kapal ke lokasi utama hanya untuk 15 orang. Anda bisa menyeberangi lautan sambil menikmati keindahan alam yang mengelilinginya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit Gambar: Facebook Banten dari Pulau Sangiang

Tiket masuk ke Pulau Sangiang sendiri sekitar 100.000 rupee. Namun, Anda harus terlebih dahulu menghubungi call center karena harga dapat berubah sewaktu-waktu. Total biaya yang perlu disiapkan tergantung dari jenis akomodasi yang digunakan wisatawan.

Jika Anda datang ke pulau ini untuk berkemah atau sekedar jalan-jalan, biaya yang dikeluarkan relatif minim. Hanya membutuhkan sekitar 1.000.000 rupee. Namun, jika ingin menikmati keindahan pulau tersebut selama berhari-hari dengan menginap, biayanya hingga jutaan rupiah. Karena untuk akomodasi, ada penawaran hotel dan akomodasi yang lengkap.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sangiong

Aktivitas di Pulau SanguangKredit gambar: Instagram @ciplukart_art

1. Wisata budaya

Pulau ini memiliki banyak peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan. Sebagian besar peninggalan sejarah yang ditemukan di Pulau Sangiang merupakan sisa peninggalan Perang Dunia II. Gua dan benteng bekas tentara pertahanan Jepang juga menjadi saksi sejarah wilayah ini. Untuk melakukan ini, wisata budaya harus terlebih dahulu meminta izin dari otoritas setempat.

2. Wisata bahari

Karena destinasi wisata ini berada di Selat Sunda, tentunya banyak wisata bahari yang bisa dinikmati. Kegiatan wisata bahari yang biasa dilakukan adalah snorkeling dan scuba diving. Dengan melakukan aktivitas ini, wisatawan dapat menikmati terumbu karang dengan ikan-ikan cantik khas di taman laut.

Scuba diving sendiri biasanya dilakukan di kawasan Tanjung Raden. Uniknya, snorkeling dan scuba diving dilakukan dengan wadah-wadah yang hanyut dan tenggelam di perairan pulau. Wisatawan asing memiliki aktivitas yang unik saat berkunjung ke sini. Mereka biasanya berjemur dan bersantai di pantai berpasir atau melakukan aktivitas memancing.

3. Wisata alam

Kegiatan wisata alam yang dilakukan di Pulau Sangiang sangat beragam. Wisatawan yang berkunjung biasanya melakukan perjalanan untuk berfoto, bersepeda, bahkan panjat tebing. Beberapa wisatawan juga memilih berkemah agar bisa melihat keindahan pantai di sekitar pulau.

Ada juga beberapa wisatawan yang melakukan aktivitas tracking meski jalurnya cukup terjal. Pelacakan ini dilakukan dalam rangka mengunjungi gua kelelawar. Bagi yang beruntung, Anda bisa melihat hiu di sekitar gua kelelawar. Jika akan melakukan aktivitas ini Anda harus berhati-hati karena harus naik turun tebing berbatu.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati proses penangkaran penyu yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai. Anda akan diajak oleh warga untuk melihat proses bertelur penyu dan aktivitas pelepasan tukik ke laut.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi di Pulau SanguangKredit gambar: Twitter pegipegiyuk

1. Homestay

Ini adalah hostel unik yang terletak di Pulau Sangiang. Meskipun pulau ini tidak memiliki fasilitas akomodasi, penduduk setempat memiliki ide kreatif untuk itu. Warga menyulap rumah mereka sendiri sebagai akomodasi bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata. Rumah kontrakan hanya bisa menampung 15 orang. Selain itu, terdapat kamar mandi dan dua kamar tidur yang luas tanpa AC.

2. Hotel Acacia Anyer

Bagi Anda yang ingin menginap dengan fasilitas lengkap, solusinya menginap di Anyer. Anda bisa bermain di tempat tujuan dan kembali ke Pantai Anyer pada malam hari untuk beristirahat. Fasilitas yang dimiliki oleh Acacia Hotel Anyer adalah fasilitas hotel yang agak berbeda.

Fasilitas unik yang tersedia antara lain pantai pribadi, hot tub, poolside bar, tempat parkir yang cukup luas, dan restoran yang memadai. Anda bisa berlibur dengan fasilitas mewah dan membuat liburan Anda nyaman.

3. RedDoorz Plus

Jika Anda ingin berlibur tetapi memiliki budget yang minim, Anda bisa menginap di hostel ini. Ini adalah akomodasi termurah di Anyer dengan sistem rumah. Hostel ini memiliki harga sekitar 100.000 rupee untuk setiap malamnya.

Uniknya, hostel budget ini memiliki AC, TV, kolam renang outdoor, dan Wi-Fi gratis. Liburan dengan akomodasi yang nyaman dan fasilitas yang lengkap namun murah tentunya diminati banyak wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sgiang

Fasilitas di Pulau SgiangKredit gambar: Google Maps Wisma Karangbolong

Fasilitas di lokasi ini masih cukup umum dan belum lengkap. Hal ini dikarenakan pulau ini masih cukup asri dan masih jarang dikunjungi oleh pengunjung. Selain itu, tempat wisata ini lebih hadir dalam hal aktivitas bagi para pecinta alam.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Sangiang cukup lengkap, seperti dermaga, fasilitas persewaan alat snorkeling, dan camping ground yang luas. Dari segi keamanan ada pemandu wisata, pusat informasi wisata, pos jaga dan pencemaran hutan. Dengan fasilitas aman tersebut, Anda bisa menikmati liburan yang tenang dan nyaman.

Pulau cantik ini memiliki banyak aset yang harus dilestarikan agar semakin dikenal oleh wisatawan, baik nasional maupun asing. Bahkan Pulau Sangiang di Serang kini dijuluki sebagai Tujuh Keajaiban Banten. Memperkenalkan destinasi wisata dan menjaga kelestariannya merupakan kewajiban bagi kita sebagai bangsa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button