Pantai Delegan Gresik - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Delegan Gresik – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Delegan salah satu pantai favorit di pantai utara Gresik yang menawarkan pesona alam dan pantai pasir putih yang luar biasa.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rejodadi, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Delegan dengan luas sekitar 1,5 hektar memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang. Anda tidak akan merasa lelah jika ingin berjalan-jalan di sepanjang pantai. Di sini Anda bisa menikmati suasana pantai yang asri dan tenang. Keunikan pantai utara jawa adalah ombaknya yang tidak terlalu besar, sangat nyaman untuk dijadikan tujuan wisata keluarga dan aman untuk anak-anak.

Sebelumnya, pantai pasir putih di Gresik ini lebih dikenal dengan nama WISID (Wisata Indah Delegan). Saat itu tempat ini kurang menarik karena pengelolaannya belum maksimal. Namun, sedikit demi sedikit, banyak perubahan mulai terjadi. Sekarang tempat wisata ini lebih baik dikelola oleh masyarakat Delegan sehingga lebih terjaga dan menarik wisatawan.

Saat ini, pantai Delegan menjadi salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kota Gresik. Banyak wisatawan dari kota lain di Jawa Timur menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata keluarga. Bukan tanpa alasan, karena lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau dan tidak mematok harga yang mahal untuk bisa menikmati keindahannya.

Atraksi Pantai Delegan

Atraksi Pantai DeleganKredit gambar: Google Maps Jamil Pujianto

Pantai Delegan adalah salah satu tempat wisata tepi laut yang paling populer saat ini. Dengan pengelolaan yang baik, wisata tepi laut ini menjadi lebih menarik dan terupdate sesuai dengan minat wisatawan khususnya kaum milenial. Berikut beberapa hal menarik yang akan Anda temukan di pantai ini.

1. Berbagai wahana seru

Wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini tidak hanya disuguhi keindahan alam. Namun pengunjung juga bisa bermain dengan wahana air yang cukup mendebarkan dan menegangkan. Beberapa wahana yang ditawarkan adalah, perahu pisang, perahu donat dan bebek yang bisa Anda dayung di sekitar pantai menikmati angin sepoi-sepoi.

2. Kunjungi pantai ramah anak

Pantai Delegan yang merupakan bagian dari pantai utara Jawa memiliki ombak yang cukup tenang. Dengan cara ini, wisata ini cukup aman untuk bermain di pantai atau berenang, bahkan untuk anak-anak.

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung, pantai ini juga menyediakan banyak pelampung yang terbuat dari ban bekas sehingga dapat digunakan oleh anak-anak. Cukup merogoh kocek sepuluh ribu hingga dua puluh ribu rupiah untuk menyewa pelampung sepuasnya, tanpa batasan waktu pemakaian.

3. Dermaga

Pantai ini memiliki dermaga beton kecil, tempat perahu nelayan berwarna-warni beristirahat. Dari dermaga ini Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan semilir angin yang lembut dan sejuk. Suasana yang menenangkan hati dan menenangkan pikiran.

Alamat, Lokasi, Petunjuk Arah dan Biaya Masuk Pantai Delegan

Alamat Pantai DeleganKredit Gambar: Google Maps Mas Gun

Kawasan wisata pantai ini terletak di Desa Delegan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Gresik, yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke sana. Lokasi Pantai Delegan juga tidak jauh dari Lamongan, tak heran banyak wisatawan yang datang dari sana.

Dapat dikatakan akses jalan menuju lokasi pantai sudah cukup baik. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk menuju ke sana. Bagi wisatawan yang berangkat dari arah Kota Gresik dapat mengambil jalan menuju Sidayu. Begitu sampai di hutan Jati Panceng, Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju tempat wisata pantai ini.

Dari jalan utama, Anda harus mengambil jalan utara sejauh satu kilometer untuk sampai di Pantai Delegan. Namun, jika Anda memulai dari arah Lamongan, cukup ikuti jalur Wisata Bahari Lamongan lalu menuju ke timur. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah menuju tempat wisata tersebut.

Kawasan wisata pantai yang buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB ini selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama saat musim liburan. Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, Anda bisa berkunjung saat weekday. Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per dewasa dan Rp7.500 untuk anak-anak. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000,00/motor dan Rp 5.000/mobil. Wahana yang disewakan mulai dari Rp10.000 saja.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Delegan

Aktivitas menarik di Pantai DeleganKredit gambar: Google Maps Khoirul Imam

1. Bermain layang-layang

Salah satu kegiatan favorit wisatawan pantai adalah menerbangkan layang-layang. Angin pantai yang cenderung kencang memudahkan menerbangkan layang-layang. Beberapa kios di pinggir pantai menjual layang-layang dengan berbagai ukuran dan bentuk mulai dari lima ribu rupiah.

Anda dapat dengan bebas menerbangkan layang-layang di sepanjang pantai, bersenang-senang di tengah pesona pantai yang indah dan mengenang masa kecil Anda.

2. Bersantai di kursi santai

Jika lelah beraktivitas atau matahari terlalu terik, Anda bisa menikmati panorama pantai sambil bersantai di deretan kursi yang disediakan di tepi pantai dan sering disebut sebagai kursi malas. Kursi santai berlengan payung yang melindungi dari terik matahari, sangat cocok untuk duduk dan bersantai ditemani semilir angin yang sejuk.

3. Mendayung kano

Puas bermain di pantai, saatnya mencoba hal baru sambil menikmati keindahan laut lepas. Anda bisa menyewa kano seharga Rp10.000 sekali jalan. Harga yang murah untuk pengalaman mendayung perahu di laut lepas sambil menikmati keindahan dan suasana yang menenangkan.

4. Berburu Foto

Tidak lengkap rasanya jika bukan liburan tanpa sesi dokumentasi. Di pantai Delegan ini, Anda bisa menemukan banyak tempat menarik untuk di dokumentasikan. Salah satu tempat paling populer adalah ujung dermaga tempat Anda dapat melihat momen matahari terbenam menyilaukan dan mengabadikannya melalui lensa kamera.

5. Wisata Kuliner

Pengunjung bisa berwisata kuliner laut sampai puas di pantai ini. Menu utama sekaligus favorit pengunjung adalah ikan asap dan es krim kelapa muda. Anda bisa makan siang dengan menu yang lezat sambil memanjakan mata dengan pemandangan alam yang begitu indah.

Jika Anda kurang menyukai menu ikan asap, masih banyak warung makan dengan beberapa menu yang berbeda. Harga makanan di tempat wisata ini cukup murah dan rasanya juga enak.

6. Berenang dan bermain pasir

Air di pantai ini tidak terlalu jernih, namun tidak mengurangi keindahannya. Perpaduan birunya laut dengan pasir pantai yang putih lembut sungguh menggoda untuk dimainkan berdua.

Untungnya, ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa berenang dan bermain dengan bebas di pasir pantai.

Penginapan murah dekat pantai Delegan

Penginapan murah dekat pantai DeleganKredit Gambar: Bimbim Razor dari Google Maps

Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin menikmati keindahan Pantai Delegan lebih lama, bisa memesan kamar hotel atau hostel yang tidak terlalu jauh dari pantai ini. Berikut beberapa referensi hotel terdekat dan cukup murah.

1. Hotel Aston Inn Gresik

Hotel yang hanya berjarak 2,1 kilometer dari pantai ini terletak di Jalan Sumatera, Kota Baru, Gresik. Hotel berkonsep modern minimalis ini sangat mengutamakan kepuasan tamu. Kamar yang bersih dan rapi serta pelayanan yang ramah membuat anda betah menginap disini.

Fasilitas yang disediakan oleh Aston Inn Hotel Gresik adalah kolam renang, spa, pusat kebugaran, restoran dan internet gratis berkecepatan tinggi. Dengan segala fasilitas yang diberikan, saya tidak menyangka hotel ini akan membebankan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 386.000,00.

Lokasi hotel yang berada di atas pusat perbelanjaan semakin menambah nilai tambah hotel ini. Kamar dan lingkungan yang bersih dan nyaman, serta pelayanan yang ramah dan cepat menjadikan hotel ini salah satu hotel yang direkomendasikan saat berwisata ke Gresik.

2. Hotel Santika Gresik

Hotel ini terletak di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Gresik, kurang lebih 3,5 kilometer dari Pantai Delegan. Dengan tarif Rp 578.512,00/malam, hotel ini menawarkan segudang fasilitas yang pasti akan memanjakan pengunjung.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Santika Hotel antara lain kolam renang, bath-shower, fasilitas pembuat teh dan kopi, layanan kamar dan Wi-Fi gratis. Bahkan hotel ini juga menawarkan kamar yang berbeda melihat bervariasi sesuai dengan keinginan pengunjung. Ukuran kamar yang luas dan bersih serta rapi, menambah kenyamanan pengunjung.

Hotel Santika Gresik terletak di kompleks perbelanjaan terbesar di Gresik. Hal ini memudahkan pengunjung untuk berbelanja atau sekedar nongkrong di kafe. Pelayanan hotel sangat ramah dan hangat, menghadirkan suasana kekeluargaan di dalam hotel yang mengusung suasana elegan.

3. Pesonna Hotel Gresik

Hotel Pesonna merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan liburan yang menyenangkan. Karena hotel ini juga dilengkapi dengan kolam renang untuk anak-anak, selain kolam renang untuk dewasa. Beberapa fasilitas lain yang ditawarkan adalah minuman selamat datang, restoran, bar, persewaan mobil, transportasi bandara, parkir, layanan lembah dan jaringan internet gratis.

Menawarkan banyak fasilitas, namun hotel ini menawarkan harga sewa kamar per malam yang terjangkau, mulai dari Rp 364.463,00. Hotel berkonsep modern minimalis ini menawarkan pelayanan yang ramah dan lincah, walaupun harga sewa kamar cukup murah, kualitas yang dihadirkan tidak murahan. Salah satu hotel disarankan saat berkunjung ke Gresik.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Delegan Gresik

Fasilitas Pantai Delegan GresikKredit gambar: Google Maps arthur nawas

Pantai Delegan menawarkan fasilitas bermain untuk anak-anak, seperti ban, pisang, gazebo, ayunan, dan bebek. Di pantai ini juga terdapat fasilitas sanitasi, toilet, mushola dan tempat parkir yang cukup luas.

Dari sisi keamanan, manajemen juga menghimbau kepada pihak kepolisian dan TNI untuk menjaga suasana kondusif, terutama pada musim liburan yang jumlah pengunjungnya meningkat tiga kali lipat. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan sederhana, namun menu-menunya mampu menggoyang lidah pengunjung.

Itulah ulasan lengkap tentang Pantai Delegan di Gresik yang sayang untuk dilewatkan. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadikan pantai ini sebagai alternatif tujuan wisata untuk Anda dan keluarga tercinta. Nikmati liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button