Forum Asimilasi Kebangsaan Jawa Tengah, Ganjar: Tempat Berkumpulnya Antaretnis - WisataHits
Jawa Tengah

Forum Asimilasi Kebangsaan Jawa Tengah, Ganjar: Tempat Berkumpulnya Antaretnis

Forum Asimilasi Kebangsaan Jawa Tengah, Ganjar: Tempat Berkumpulnya Antaretnis

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Gubernur Ganjar Pranowo berharap Forum Asimilasi Nasional menjadi inisiator perdamaian dan kerukunan bagi seluruh warga Jawa Tengah. Menurutnya, kelompok seperti ini harus lebih banyak lagi untuk menciptakan suasana toleransi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar usai rapat dengan pengurus FPK Jateng di kantornya, Selasa (8 Februari). Kelompok ini terdiri dari 19 suku bangsa. Mereka telah menghayati dan memahami kekhasan budaya di Jawa Tengah.

“Ketika orang melakukan kesalahan, baik itu bahasa, suku tidak menyinggung orang, maka forum ini digunakan untuk mendekatkan mereka, untuk tetap berhubungan,” katanya usai pertemuan.

Dalam kesempatan tersebut, hadir perwakilan dari berbagai suku bangsa. Dari Dayak, Minang, eks Timor Timur, Papua, Sunda hingga Jawa. Tidak hanya itu, di FPK juga ada perwakilan orang-orang percaya dan mantan napi teroris. Forum ini diharapkan dapat menjadi mediasi konflik isu rasial di masa mendatang.

“Jadi ketika terjadi hal-hal yang disebabkan oleh perbedaan suku, agama, ras, golongan, dan lain-lain, mereka dapat menginisiasi dan menguranginya dengan cepat,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga melihat banyak sisi positif dari keberadaan forum yang diketuai oleh Muhammad Adnan, seorang tokoh politik di Jawa Tengah.

“Misalnya, di sini kita bisa menampilkan banyak atraksi seni, budaya, kuliner dan wisata dari tempat asalnya. Jadi banyak hal positif yang muncul kemudian lebih dari kemungkinan konflik,” katanya.

Ganjar berharap forum ini dapat menjaga stabilitas nasional dan mempererat tali persaudaraan antar anak bangsa.

“Ini adalah pekerjaan yang berkualitas, tidak terlihat seperti itu, tetapi membutuhkan perawatan yang konstan. Banyak orang yang bodoh, tetapi terkadang ketika sesuatu yang meledak-ledak terjadi, memadamkannya tidaklah mudah. Nah, kalau dengan komunikasi intensif kita berharap kita semua bisa dicegah, ada masalah pengumpulan. tentang itu,” katanya.

Sebagai informasi: Pengurus FPK Jateng dilantik Rabu lalu (20/7). Peresmian dilakukan oleh Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen. Salah satu misi yang diemban Forum Asimilasi Nasional Jawa Tengah adalah melancarkan aksi memerangi radikalisme dan intoleransi dengan mengangkat nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

muhaimin

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button