Pantai Mengening, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Mengening, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Bali

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cemagi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Ada banyak tempat wisata populer yang bisa Anda temukan di pulau Bali. Seperti yang kita tahu, Pulau Bali memang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya turis lokal, turis mancanegara juga banyak yang membanjiri pulau ini.

Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang begitu eksotis. Misalnya danau, air terjun, pemandian, perbukitan, pantai dan sebagainya. Salah satu pantai yang menjadi spot favorit dan menarik wisatawan adalah Pantai Mengening. Pantai ini memang tidak terlalu populer, namun keindahannya sudah tidak diragukan lagi.

Destinasi ini memiliki pemandangan yang begitu indah, menyenangkan, unik dan menarik. Pantai dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi liburan anda di pulau Bali.

Objek Wisata Pantai Mengening

Objek Wisata Pantai MengeningKredit Gambar: Instagram Sharka Mihokova

1. Pemandangan pantai yang indah

Daya tarik pertama yang disuguhkan Pantai Mengening adalah panorama pantai yang sangat indah. Keistimewaan alam pantai ini terbilang unik. Anda akan melihat bahwa struktur alam dan garis pantainya memang mirip dengan tempat wisata di Pantai Tanah Lot.

Dimana pada kawasan ini pantainya lebih didominasi oleh bebatuan. Apalagi di sini terdapat bebatuan di sepanjang pantai. Batu-batu ini memiliki ukuran yang begitu besar namun terlihat begitu eksotis.

Namun tidak hanya di wilayah daratan, Anda juga akan menemukan bebatuan dan karang di tengah laut, ombak yang menghantam pantai akan pecah oleh bebatuan dan bongkahan batu tersebut. Pemandangannya benar-benar akan membuat Anda takjub saat berada di sana.

Meski pasirnya tidak putih, pantainya sangat indah. Apalagi saat melihat pasir yang disinari terik matahari. Pantai ini sangat cocok untuk menjadi tempat bagi anda yang mencari ketenangan. Karena tempat ini masih tergolong sepi oleh pengunjung.

2. Pemandangan matahari terbenam yang indah

Daya tarik selanjutnya saat mengunjungi Pantai Mengening adalah menyaksikan indahnya sunset. Keindahan sunset di atas pantai memang akan memukau semua orang. Apalagi saat berada di pantai.

Untuk itu, tidak jarang wisatawan yang datang ke tempat ini datang pada sore hari. Karena saya ingin melihat momen sunset yang begitu menakjubkan. Taburan warna jingga di langit berpadu dengan keindahan air laut membuat keteduhan begitu romantis.

Bagi Anda yang sedang berlibur bersama pasangan, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini saat menjelang sunset. Dijamin liburan akan lebih berkesan nantinya.

3. Pura Luhur Gede Batu Ngaus

Di Pantai Mengening juga terdapat Pura Luhur. Seperti yang kita tahu, Pulau Bali memiliki banyak pura. Dan di pantai Anda juga akan menemukannya. Pura yang terletak di pantai ini bernama Pura Luhur Gede Batu Ngaus.

Keberadaan pura di pinggir pantai akan mengingatkan Anda pada pura Tanah Lot. Karena sepintas, bentuk kedua candi ini cukup mirip. Lokasi pura Luhur Batu Ngaus ini cukup berada di tengah laut.

Berdiri di atas batu. Dibandingkan dengan pura Tanah Lot, ukurannya cenderung lebih kecil. Untuk bisa mengakses lokasi pura Batu Ngaus, Anda bisa memilih waktu saat air laut surut. Sementara itu, jika ingin menuju pura saat air pasang, Anda harus menggunakan perahu.

Tidak jauh beda dengan pura Tanah Lot atau pura lainnya yang ada di Bali. Hanya beberapa orang saja yang diperbolehkan memasuki area candi. Karena memang bangunan tersebut sangat disakralkan dan juga disucikan oleh umat Hindu di pulau Bali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MengeningKredit gambar: Instagram Slamet Mardiyono

Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk mengunjungi Pantai Mengening, pantai tersebut berada di Kecamatan Mengwi. Tepatnya berada di desa Cemagi, Kabupaten Badung. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Cemagi. Oleh karena itu, ketika Anda bertanya kepada penduduk setempat, mereka akan lebih mengenal pantai seperti Pantai Cemagi.

Jika anda memulai dari tempat wisata di Kuta maka jarak yang anda perlu tempuh menuju pantai Cemagi adalah sekitar 40 menit. Karena jarak yang akan Anda tempuh akan menjadi 22 km.

Akses jalan untuk menuju pantai ini sendiri sangat nyaman dan mudah dilalui. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat saat ingin berkunjung ke pantai ini.

Pastikan untuk memilih waktu yang tepat ketika ingin mengunjungi kawasan ini. Jangan memilih waktu saat mendung. Karena hanya akan mengganggu liburan atau perjalanan anda ke tempat wisata.

Jika anda masih kurang paham dengan peta untuk menuju ke pantai ini, anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan oleh ponsel cerdas Anda.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai MengeningKredit gambar: Instagram Slamet Mardiyono

Sedangkan untuk mengeluarkan tiket sendiri untuk masuk ke kawasan Pantai Mengening tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Ini juga salah satu alasan mengapa tempat ini sangat wajib anda kunjungi, yang merupakan bagian dari wisata murah yang bisa anda temukan di pulau Bali.

Tidak ada harga tiket yang harus anda bayar, namun jika anda membawa kendaraan, anda hanya perlu membayar tiket parkir saja. Tiketnya sendiri cukup murah yaitu 2.000 Ro untuk sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 5.000.

Hal-hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Mengening

Kegiatan seru di Pantai MengeningKredit Gambar: Instagram Herry Sobiran

1. Berburu foto keren

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Mengening. Salah satu kegiatan tersebut adalah berburu foto. Anda tidak bisa melewatkan keindahan alam yang begitu eksotik.

Sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan pesona alam seperti sunset atau backdrop Pura Luhur selama Anda menginap. Karena memang hasil jepretan yang bisa Anda dapatkan akan sangat menarik dan akan membuat halaman Instagram Anda semakin variatif.

Banyak juga wisatawan yang menggunakan pantai sebagai tempat berfoto sebelum pernikahan. Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk menikah, tidak ada salahnya menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat foto prewedding Anda.

2. Menikmati pemandangan karang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, garis pantai yang dimiliki Pantai Mengening sangat unik. Anda akan melihat pemandangan bebatuan dan karang yang menakjubkan di tengah laut, karang membuat ombak yang datang dan berhamburan.

Pemandangannya pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Oleh karena itu, salah satu kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah menikmati pemandangan. Anda cukup duduk di pinggir pantai, dengan santai menyaksikan deburan ombak yang menghantam karang.

3. Memancing

Bagi yang sangat suka memancing, Pantai Mengening merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ada banyak tempat memancing yang bisa Anda nikmati selama menginap. Jenis ikan laut yang banyak dijumpai seperti lobster dan juga ikan kerapu.

Oleh karena itu, saat Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai populer ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing Anda. Memancing sambil melihat pemandangan alam yang indah dari pantai tentunya menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MengeningKredit gambar: Instagram pruibrahmantyo

Sebagai salah satu kawasan wisata alam yang memiliki pura, Pantai Mengening masih tergolong sepi pengunjung. Namun meski begitu, fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup memadai untuk mendukung beberapa aktivitas.

Salah satu fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat berada di sana adalah warung makan yang romantis. Warung makan di tempat ini menawarkan berbagai macam kuliner yang nikmat.

Oleh karena itu, bagi anda yang sangat menyukai kuliner tidak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai ini. Anda tetap bisa menikmati kuliner lezat sambil menyaksikan pemandangan alam dari pantai.

Selain warung makan, fasilitas lain yang juga bisa ditemui adalah kamar mandi, toilet, tempat parkir yang cukup luas, dan juga jalan menuju kawasan candi. Dengan berbagai macam fasilitas tersebut tentunya sebagai seorang wisatawan akan merasa sangat nyaman.

Demikian ulasan lengkap tentang Pantai Mengening di Bali yang perlu Anda ketahui. Karena pantai ini masih belum begitu populer, bagi anda yang sedang mencari ketenangan sangat cocok untuk datang ke tempat ini. Anda bisa berkumpul dengan pasangan atau dengan teman-teman Anda untuk memancing.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button