Wisata Alam Tamboke, Pemandian Alam yang Diapit Pegunungan Tamboke di Luwu Utara - WisataHits
wisatahits

Wisata Alam Tamboke, Pemandian Alam yang Diapit Pegunungan Tamboke di Luwu Utara

Wisata Alam Tamboke, Pemandian Alam yang Diapit Pegunungan Tamboke di Luwu Utara

Wisata Alam Tamboke menampilkan keindahan pemandangan alam berupa sungai jernih dengan bendungan berbentuk unik dan pepohonan hijau yang mengelilinginya.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.30-17.30 WITA, Alamat: Tamboke, Kec. Sukamaju, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Berbicara mengenai objek wisata alam di Kabupaten Luwu Utara memang tidak akan ada habisnya, karena setiap desa seolah memiliki keindahan alamnya masing-masing. Salah satu destinasi yang sering dikunjungi wisatawan adalah Wisata Alam Tamboke. Meski namanya tak asing, namun pesonanya patut diapresiasi.

Saat berkunjung ke kawasan wisata Tamboke, wisatawan tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandian alam di sungai besar yang airnya jernih. Namun, keindahan alam yang mengelilinginya juga bisa memberikan rasa damai. Bagi yang suka berfoto kekinian, tempat wisata unggulan di Kabupaten Luwu Utara ini wajib dikunjungi

Wisata Pemandian Alam Tamboke ini letaknya tidak jauh dari jalan raya, sehingga cukup mudah dikenali. Sedangkan kondisi jalan menuju lokasi juga relatif memadai dan dapat dilalui kendaraan roda dua atau empat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meski tempat wisata ini cukup jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Luwu Utara.

Atraksi wisata alam Tamboke

Obyek Wisata Alam TambokeKredit gambar: Google Maps Offeltien Tangnga

Nama Pemandian Tamboke memang sudah sangat populer di kalangan penduduk setempat. Selain menawarkan panorama alam yang luar biasa, wisatawan juga dapat menikmati aktivitas seru mandi di pinggir sungai yang airnya berasal dari mata air alami. Agar tidak penasaran, berikut akan kami bahas beberapa atraksi yang menjadi ciri khas tempat ini.

✦ Diapit Pegunungan Tamboke

Wisata Pemandian Alam Tamboke ini diapit oleh pegunungan Tamboke sehingga suasananya sangat sejuk dan asri, selain itu pemandangannya juga indah. Sesampainya di tempat wisata, pengunjung akan dimanjakan dengan udara segar dan suara gemericik air. Jadi dijamin betah menghabiskan waktu di sini.

✦ Pemandian alami dengan air jernih

Wisata Alam Tamboke terletak di sungai besar yang memiliki air jernih kehijauan dan dikelilingi pepohonan rindang sejauh mata memandang. Meski begitu, zona riparian cukup dangkal, sehingga aman untuk segala usia. Wajar saja saat musim liburan, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

✦ Rentetan bentuk unik

Wisata Tamboke cukup luas dan di kawasan ini juga terdapat bendungan air dengan bentuk yang cukup unik dan mengesankan. Tentunya cocok untuk digunakan sebagai spot foto yang instagramable. Saat bersantai di tepi sungai, wisatawan pasti akan mendengar suara air sungai yang tertahan di bendungan. Sehingga ia dapat memberikan kesan tenang dan damai.

✦ Kerikil di tepi sungai

Tepian Sungai Tamboke dipenuhi bebatuan mirip kerikil yang membuat tempat berenang alami ini semakin eksotis. Di beberapa musim, Wisata Alam Tamboke malah terlihat seperti pantai yang indah. Tidak heran itu populer di kalangan wisatawan. Perpaduan batu alam, sungai jernih, dan pepohonan hijau pasti akan memukau mata Anda.

✦ Berbagai spot foto kekinian tersedia

Pemandian Alam Tamboke memiliki beberapa spot foto keren yang pasti bisa memuaskan hobi fotografi para wisatawan. Beberapa objek foto Instagrammable yang wajib dilihat antara lain bantaran sungai, bendungan cantik, sangkar burung, perpaduan air sungai yang jernih dan hijau dengan pepohonan rindang.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Wisata Alam TambokeKredit gambar: Google Maps Diki Siswanto

Wisata Alam Tamboke terletak di Desa Tamboke, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika wisatawan berangkat dari pusat kota Masamba yang merupakan ibu kota Luwu Utara, jaraknya sekitar 61 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tergantung kondisi lalu lintas dan rute yang ditempuh.

Sejauh ini, belum ada informasi yang sah mengenai besaran tiket masuk yang harus dibayar pengunjung saat datang ke Pemandian Alam Tamboke. Namun pada umumnya masyarakat setempat akan meminta retribusi yang sudah termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Wisata Alam TambokeKredit gambar: Google Maps Abdul Rahman

Ada berbagai macam kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Wisata Alam Tamboke. Hal ini pula yang selalu membuat pengunjung ingin kembali mencicipi kesegaran airnya dan menjadi saksi pesona alamnya.

Apalagi Tamboke sangat ramah keluarga, sehingga cocok sebagai pilihan liburan keluarga. Di bawah ini adalah daftar aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pemandian Alam Tamboke:

1. Mainkan air

Saat mengunjungi pemandian air panas, tujuan utama wisatawan pasti bermain air. Jernihnya air Wisata Alam Tamboke dijamin akan langsung menggoda siapapun untuk merasakan kesejukan airnya. Karena tepian sungainya sangat dangkal, kawasan ini juga dianggap aman bagi yang ingin membawa balita dan anak kecil bermain air di sini.

2. Berenang

Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke Wisata Alam Tamboke hanya untuk berenang dan menikmati sejuknya air sungai serta menghirup udara segar. Meski tempat ini dianggap aman sebagai pilihan berenang, Anda tetap perlu berhati-hati. Sebaiknya tidak berenang ke tengah sungai, apalagi saat arus sungai sedang deras atau saat musim hujan.

3. Waktu luang keluarga

Pemandian alam bisa menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi bersama orang tersayang, seperti keluarga. Di Tamboke, wisatawan bisa berpiknik di pinggir sungai yang terhampar bebatuan alami. Namun, jika ingin lebih nyaman, wisatawan bisa menyewa tikar atau gazebo yang ditawarkan warga sekitar. Harga bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

4. Rafting di sungai

Di kawasan wisata pemandian alam ini terdapat beberapa tempat persewaan ban dengan harga hanya Rp 10.000 per ban. Bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman arung jeram yang seru bisa menyewa ban di kawasan wisata. Selain itu, wisatawan yang tidak bisa berenang juga bisa merasakan rasa aman berenang dengan ban ini.

5. Mencicipi buah lokal

Di sepanjang Kawasan Wisata Alam Tamboke, wisatawan bisa menjumpai pedagang yang menjajakan aneka buah lokal, seperti rambutan, cokelat, dan durian. Wisatawan bisa membelinya untuk sekedar dinikmati sambil piknik di tepi sungai atau dibawa pulang buahnya sebagai oleh-oleh.

6. Berburu kuliner

Wisata Tamboke merupakan salah satu tempat yang paling cocok untuk berburu kuliner dan mencicipi makanan khas daerah, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk membawa makanan dari rumah. Di kawasan ini, warung dan restoran saling silih berganti menawarkan menu lokal, seperti ikan bakar, untuk dinikmati sambil duduk santai di gazebo.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sarana Wisata Alam TambokeKredit Gambar: Google Maps Jalan Timur

Pemandian Tamboke telah dikelola dengan cukup baik oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Pelancong tidak akan kesulitan menemukan tempat parkir, toilet umum, ruang ganti, tempat pengamatan dan istirahat, restoran, dan persewaan ban yang terjangkau.

Bagi sebagian orang, traveling sudah menjadi kebutuhan karena menghilangkan penat, badan dan pikiran. Selama di Luwu Utara, Anda bisa mengunjungi Wisata Alam Tamboke yang terkenal dengan keindahan dan air sungainya yang segar. Dengan demikian, wisatawan bisa mandi seru sambil menikmati quality time bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button