Pantai Batu Bolong Bali, pantai unik yang indah favorit para peselancar - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Bolong Bali, pantai unik yang indah favorit para peselancar

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Batu Bolong salah satu pantai unik di kawasan canggu, badung, bali dengan pesona batu bolong. Pantai berpasir merupakan tujuan favorit para peselancar dan tempat untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Canggu, Kecamatan. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Terkenal dengan kekayaan wisata tepi lautnya, pulau Bali memang menjadi tujuan para wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara. Pantai Batu Bolong salah satunya, ketika pertama kali mendengar namanya pasti akan membayangkan pantai dengan bebatuan berlubang.

Memang benar jika membayangkannya, karena di pantai ini terdapat batu karang dengan lubang di tengahnya. Dan yang lebih istimewa lagi adalah di atas terdapat pura suci yang masih digunakan untuk memuja umat Hindu dari masyarakat sekitar.

Apalagi masih banyak lagi daya tarik yang dimiliki pantai ini. Wisatawan yang datang juga akan terpesona dengan pemandangan alamnya. Jika Anda berada di Bali dan ingin mengunjungi wisata pantai, berikut informasi lengkapnya.

Tempat Wisata di Pantai Batu Bolong

Pantai Batu BolongKredit gambar: Google Maps Ni Putu Noviyati Kusuma

1. Batu berlubang

Di pantai ini Anda akan menemukan hal-hal unik yang menarik wisatawan. Di satu sisi ada batu besar yang menjorok ke arah pantai. Di tengah batu, ada lubang yang terlihat seperti pintu.

Saat matahari terbenam, cahaya masuk melalui lubang. Pemandangan yang luar biasa menawan ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak wisatawan. Banyak yang mengabadikan momen tersebut melalui sebuah foto.

Jika diperhatikan lebih dekat, lubang di batu itu terlihat seperti salah satu lokasi dari film animasi terkenal. Oleh karena itu, keunikan batu karang menjadi icon utama yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

2. Kuil Suci di Batu

Tempat ibadah umat Hindu yang mirip pura ini terletak di atas batu karang di pantai Batu Bolong. Pura ini diberi nama Pura Ratu Bolong, pemberian nama yang hampir sama dengan nama pantai itu sendiri.

Pura ini masih aktif digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah dan mengadakan beberapa upacara adat. Selain itu, candi ini terbuka untuk umum untuk tempat wisata. Tak jarang wisatawan pantai juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pura ini.

Sebelum memasuki kawasan tempat suci ini, wisatawan akan diberikan kain kuning untuk dipakai sebagai selendang. Setelah memasuki kawasan pura, Anda bisa melihat keindahan alam laut lepas dan panorama pantai yang disuguhkan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Batu Bolong

Harga tiket masuk Batu BolongKredit Gambar: Google Maps Muhammad Rifan

Terletak di Canggu, sebelah utara Kuta, pantai ini berjarak 14 km dari pusat kota Denpasar. Anda dapat mengambil rute dari kota melalui Jalan Gunung Agung, kemudian berbelok ke jalan yang dikelilingi oleh banyak gang-gang kecil.

Setelah melewati Jalan Raya Canggu, kendaraan Anda harus berbelok ke kiri menuju Jalan Pantai Batu Bolong. Tidak perlu untuk pilihan terakhir ini, karena pantai akan terlihat melewati banyak kafe dan restoran yang menyambut kedatangan Anda.

Lokasi pantai ini juga dekat dengan bandara internasional pulau Bali yang hanya berjarak sekitar 21 km saja. Wisatawan asing yang datang pun tak kesulitan mencari lokasi pantai. Dengan itinerary perjalanan yang akan melalui By Pass Ngurah Rai.

Untuk harga tiket masuk kawasan Pantai Batu Bolong di Badung, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 per orang. Biaya yang relatif murah menjadi nilai tambah dari kisaran ini. Karena pantai sudah menawarkan banyak fasilitas kepada pengunjungnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Batu Bolong

Aktivitas Seru di Pantai Batu BolongKredit gambar: Google Maps Tandai Biggs

1. Berselancar

Kegiatan ini menjadi favorit banyak wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Banyak dari wisatawan ini datang di pagi hari, karena matahari pagi masih terik jika terkena tubuh.

Bagi wisatawan yang tidak memiliki papan selancar tidak perlu khawatir karena ada beberapa tempat persewaan papan selancar. Pantai Batu Bolong memiliki ombak yang besar, dan ombak ini sangat ideal untuk berselancar yang menantang adrenalin.

2. Berjemur

Di pantai yang memiliki area landai ini akan sangat cocok jika digunakan untuk berjemur di pagi hari sebelum siang hari. Area pantai dengan sedikit pepohonan ini akan mempercepat sinar matahari yang langsung mengenai tubuh Anda.

Kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin D yang berperan penting dalam kesehatan kulit. Namun sebelum melakukan aktivitas tersebut, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, agar tidak terkena sinar UV matahari.

3. Mencicipi Makanan Bali

Di sekitar pantai ini Anda akan menemukan beberapa pedagang dari masyarakat sekitar yang menjual makanan atau jajanan khas Bali. Wisatawan luar daerah atau luar negeri harus mencoba makanan dengan dominasi rasa manis.

Ada makanan lak-lak yang dijual pedagang di sekitar Pantai Batu Balong. Di tengah kue ini ditaburi kelapa parut yang memberikan rasa gurih pada makanan. Jangan lupa tambahkan gula merah parut agar rasanya lebih manis.

Camilan lain yang harus Anda coba adalah bantal jeje. Dari namanya sendiri, Anda sudah bisa menebak apakah jajanan ini berbentuk bantal. Dengan ketan putih sebagai bahan dasar bantal jeje, mencicipi satu buah saja akan mengisi perut Anda.

Berisi potongan pisang atau kacang merah yang telah dihaluskan, rasa manis bercampur dengan ketan yang gurih akan lumer nikmat di mulut. Dari semua makanan tersebut, harganya cukup murah, jadi jangan lupa untuk mencoba masakan khas Bali yang satu ini.

Akomodasi murah terdekat ke Batu Bolong

Pantai Aston CangguKredit gambar: Twitter

1. Pantai Aston Canggu

Hostel pertama yang berdekatan dengan kawasan wisata pantai adalah Pantai Aston Canggu. Karena letaknya yang strategis, hostel ini sering dijadikan tempat hiburan malam bagi wisatawan yang ingin menjelajah Pantai Batu Bolong lebih lama.

Restoran dan bar juga tersedia di hostel ini, bagi Anda yang menyukai kehidupan malam wajib mengunjungi bar tersebut. Tak hanya itu, beberapa menu yang disajikan memiliki kelezatan yang mampu menggugah selera.

2. 68 Kamar Canggu

Berjarak sekitar 450 meter dari pantai, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 2 menit untuk mencapai pantai. Ke-68 kamar Canggu ini termasuk akomodasi murah, dan tentu saja tidak akan mengosongkan kantong Anda.

Harga yang murah bukan berarti fasilitas yang diberikan kurang maksimal. Di hostel ini terdapat jasa penyewaan sepeda bagi wisatawan untuk berkeliling Pantai Batu Bolong. Fasilitas lain yang telah disediakan antara lain penyediaan AC di setiap kamar tidur.

3. Pantai Echo Frii Bali

Terakhir, Frii Bali Echo Beach, hostel yang mengusung tema modern minimalis di setiap kamarnya. Hostel ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang membawa keluarga berlibur, karena kamar yang disediakan cukup besar.

Kolam renang di depan kamar Anda terlihat seperti kolam renang pribadi. Anda dapat dengan mudah mencapai kolam ini, terutama di pagi hari.

Sambil menikmati segarnya udara pagi, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar. Jangan lupa pesan sarapan pagi dengan menu yang bervariasi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Bolong Bali

Fasilitas Pantai Batu Bolong BaliKredit gambar: Google Maps Indra Christian

Pantai di dekat mall ini memiliki banyak fasilitas penunjang bagi para wisatawannya. Misalnya, seperti restoran, Anda dapat dengan mudah menemukannya. Masakan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari masakan khas Bali hingga masakan kelas dunia.

Kemudian, di kawasan pantainya sendiri, ada beberapa warga yang membuka persewaan papan selancar bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan selancar. Dengan harga sewa sekitar Rp100.000, Anda bisa memilih papan selancar dengan berbagai gambar sesuai keinginan Anda.

Setelah selesai berselancar, menikmati air kelapa muda bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Banyak pedagang di kawasan Pantai Batu Bolong akan menjual kelapa muda, sambil menikmati air kelapa juga akan ditemani semilir angin laut.

Jika Anda memiliki jadwal perjalanan yang cukup panjang, tidak ada salahnya untuk bermalam di beberapa hostel yang dekat dengan pantai. Mulai dari resort mewah hingga hotel berbintang hingga villa dengan nuansa pedesaan bisa Anda pesan bersama teman atau keluarga.

Selain itu, tersedia tempat parkir kendaraan pribadi wisatawan dengan area yang cukup luas. Semua fasilitas tersebut disediakan oleh pihak pengelola demi kenyamanan wisatawan. Dan kedepannya akan dibangun beberapa fasilitas lagi dalam waktu dekat.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Pantai Batu Bolong yang merupakan tujuan wisata baru di pulau Bali. Daya tarik dan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, membuat namanya semakin dikenal di kalangan wisatawan dari luar daerah hingga wisatawan mancanegara.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button