Pantai Ngandong Gunung Kidul, pantai pasir putih yang eksotis - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngandong Gunung Kidul, pantai pasir putih yang eksotis

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Pantai Ngandong salah satu tempat wisata menawan di Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Sundak membuat pantai ini menjadi panorama alam yang mempesona yang tersembunyi di sebuah teluk kecil.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Apakah Anda suka menghabiskan waktu berlibur? Belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Pantai Ngandong Gunung Kidul. Pantai yang termasuk dalam kelompok pantai nelayan ini memiliki banyak daya tarik. Keindahan yang disuguhkan pantai ini sukses menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Baik untuk bersantai atau hanya menonton ikan nelayan.

Kehidupan di pantai memang sangat menyenangkan. Sambil mencari ikan, Anda juga bisa menikmati pemandangan laut yang luas, sejauh mata memandang, keindahan pantai ini tetap terjaga. Kebersihan dan keindahan tetap ada di pantai ini. Setiap kali, akan ada nelayan berbondong-bondong ke daerah pantai dan mencari ikan.

Pengunjung dapat menikmati deburan ombak di tepi Pantai Ngandong atau bahkan ingin belajar memancing. Pantai ini masih kaya akan kearifan lokal. Bahkan pantai ini sering menjadi destinasi favorit di Jogja. Meski jumlah nelayan tidak terlalu banyak, namun visi kearifan lokal yang bersumber dari mata pencaharian masyarakat setempat tetap ada.

Atraksi Pantai Ngandong

Objek Wisata Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps adisya lina

Pantai ini memang menawarkan pemandangan yang menarik. Tidak hanya dari segi pantainya saja, tetapi juga dengan pesona sekitar pantainya.

1. Diapit oleh tebing karang

Umumnya pantai memiliki area yang luas. Bahkan sejauh mata memandang, hanya lautan yang terlihat. Namun, sangat berbeda untuk pantai ini saja. Pantai Ngandong terkenal dengan tebing berbatu terjal yang mengapit kedua pantai. Tebing ini bahkan menjadi pembatas pantai ini, dan memisahkannya dari pantai lainnya. seringkali menjadi pemandangan yang menarik.

Tidak hanya berupa tebing, di pantai juga terdapat bebatuan. Batu tersebut memiliki bentuk yang unik. Bahkan bebatuan pun terasa seperti berada di atas air atau mengambang. Banyak wisatawan yang mencoba mengabadikan momen ini. Karena dianggap sangat unik.

2. Hamparan pasir pantai yang eksotis

Biasanya di sebuah pantai hanya ada satu warna pasir. Pasir putih atau pasir hitam. Namun berbeda dengan pantai ini. Pantai ini didominasi oleh pasir putih. Selama waktu ini, di pagi hari, pasir hitam akan muncul di pantai. Ini menjadi pemandangan yang eksotis. Apalagi saat ombak menerjang pantai dan membawa pasir hitam.

Bagi wisatawan, kondisi ini sangat menarik dan unik. Mereka tidak perlu khawatir dengan ombak, karena pantai ini tergolong memiliki ombak yang tenang. Jadi meskipun digunakan untuk berenang atau bermain air, tidak terlalu berbahaya.

3. Penambatan kapal nelayan

Di era modern ini, jarang ditemukan orang yang benar-benar mencari nafkah sebagai nelayan di Pantai Ngandong. Karena pantai ini merupakan tempat persinggahan atau pelabuhan para nelayan. Aktivitas mulai dari menebar jala, menangkap ikan hingga mengumpulkan ikan bisa disaksikan langsung oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

4. Berbagai hiburan menarik

Tidak hanya pemandangan berupa aktivitas memancing, pantai ini juga menyediakan fasilitas bagi wisatawan untuk menikmati hiburan. Seperti kano, snorkeling dan masih banyak lagi.

Tentunya setiap wisatawan akan dipandu dan dipimpin oleh seorang ahli. Setiap hiburan memiliki harga yang berbeda. Namun banyak wisatawan yang tertarik karena hiburan yang unik hadir dengan keindahan pantainya.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Ngandong

Alamat Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps Nofan

Bagi masyarakat Jogja tentunya mengetahui keistimewaan Pantai Ngandong. Pantai ini terletak di Jogjakarta sekitar 2 jam dari pusat kota. Tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tepus, Desa Sidoarjo.

Rute menuju pantai ini juga tidak terlalu sulit. Jika pengunjung yang datang dari Yogyakarta dapat melewati Piyungan kemudian dilanjutkan menuju kawasan Patuk hingga Sambi Putu. Saat sampai di pertigaan Timur TNI Gading, pengunjung bisa langsung mengambil arah kanan menuju tujuan Saptosari. Dari sana, pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah yang disediakan.

Pantai Ngandong dengan keindahannya yang eksotis memang memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 10.000 saja siapa saja sudah bisa menikmati keindahan pantai secara keseluruhan. Tak hanya itu, pantai ini juga buka 24 jam sehari. Pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan pantai ini.

Namun bagi pengunjung yang ingin bermain kano atau snorkeling harus membayar biaya sewa peralatan. Untuk permainan snorkeling sendiri, pengunjung harus membayar sewa sebesar Rp 50.000.

Sedangkan untuk snorkeling, pengunjung hanya bisa mendapatkan peralatan lengkap dengan membayar biaya sebesar Rp 50.000. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati tanpa batasan waktu penggunaan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Ngandong

Aktivitas di Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps Hafidz Fathurrahman Pratama

1. Nikmati panorama matahari terbenam

Matahari terbenam menjadi fokus utama wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Karena acara Sunset adalah sesuatu yang sangat eksotis. Dimana wisatawan bisa langsung menikmati sunset yang dibingkai keindahan langit yang kemerahan. Selain itu, ditemani dengan laut pantai yang tenang.

Pantai ini memiliki lokasi tersendiri yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati sunset. Keberadaan berbagai kios dan gerai dapat menemani wisatawan menambah nuansa keindahan sunset.

2. Snorkeling di perairan pantai

Ternyata, Pantai Ngandong memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Oleh karena itu, pihak pengelola menawarkan fasilitas berupa snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati alam bawah laut. Pengelola menyediakan peralatan lengkap untuk snorkeling. Bagi pengunjung yang ingin mencoba menyelam, seorang ahli dapat memberikan panduan.

3. Cobalah perjalanan kano

Berkano juga bisa dilakukan di pantai ini. Adanya hiburan ini memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mengingat beberapa pantai yang menawarkan fasilitas ini secara lengkap.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mencobanya, tidak perlu khawatir, karena akan disediakan tenaga ahli yang bisa mengarahkan dan mengawasi praktik kano. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa wisatawan akan selalu aman.

4. Selfie di tempat keren

Siapa yang tidak suka selfie? Hampir semua orang menyukai selfie. Aktivitas foto ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan saat Anda pergi berlibur. Pasalnya dengan melakukan kegiatan ini, segala bentuk kegiatan yang dilakukan selama liburan dapat terekam dengan baik.

Pantai Ngandong memiliki banyak tempat menarik dan bisa dijadikan sebagai background foto. Tempat-tempat dengan nuansa alam menawarkan keindahan yang tak terjamah.

Penginapan murah dekat pantai Lokasi

Penginapan murah dekat pantai LokasiKredit gambar: Google Maps Alif Nouveau

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini, terdapat banyak penginapan di dekat pantai. Mulai dari harga yang terjangkau hingga daya tarik yang kuat. Namun, ada banyak penginapan dengan tarif terjangkau yang memiliki fasilitas lengkap dan berkualitas.

1. Akomodasi di Bob’s

Hostel ini banyak dikunjungi wisatawan. Harga yang ditawarkan untuk setiap malamnya hanya berkisar Rp 250.000 hingga Rp 500.000. Tergantung tipe kamar yang dipesan. Selain itu, hostel ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, bahkan pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan dalam suasana yang nyaman.

Hostel ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang cukup luas serta akses mudah menuju pantai. Desain eksterior hostel ini juga sangat klasik.

2. Asrama Putra Darma

Hostel ini juga menjadi favorit para wisatawan. Hanya dengan Rp 250.000 hingga Rp 300.000, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di hostel ini. Apalagi jarak dari hostel ini ke pantai Ngandong hanya 1,1 KM.

Dengan desain hostel yang unik, pantai ini berhasil memukau wisatawan. Bagi wisatawan yang menyukai hewan peliharaan, hostel ini juga memperbolehkan Anda untuk membawa hewan peliharaan.

3. Istana Joglo

Sangat disarankan untuk melakukan reservasi akomodasi sebelum tiba di pantai. Biasanya pada saat liburan atau hari raya, pantai akan ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya pantai, hostel di sekitar pantai juga penuh.

Hostel ini berjarak 860 meter dari pantai. Dari parkir, kolam renang, sarapan, wi-fi dan fasilitas lainnya disediakan gratis. Bagi yang ingin menikmati fasilitas hostel ini, Anda bisa membayar sekitar Rp 350.000 hingga Rp 500.000 saja.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngandong Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngandong Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ajeng Pramudita

Pantai ini tergolong wisata bahari dan memiliki fasilitas yang lengkap. Pengelola selalu memberikan perawatan yang sangat baik untuk setiap fasilitas umum yang tersedia di pantai ini. Mulai dari toilet, rest area, tempat parkir dan masih banyak lagi. Anda sangat disarankan untuk ikut serta menjaga kebersihan lokasi pantai. Dilarang keras bagi wisatawan untuk membuang sampah sembarangan.

Pantai Ngandong merupakan salah satu destinasi yang paling direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa keindahan alam yang masih alami. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah saat para nelayan sedang berlabuh. Bisa juga sebagai sarana edukasi bagi wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button