Kebun Raya Unmul, Objek Wisata Alam Favorit Kota Samarinda - WisataHits
wisatahits

Kebun Raya Unmul, Objek Wisata Alam Favorit Kota Samarinda

Kebun Raya Unmul. salah satu destinasi wisata alam yang menarik di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kebun raya ini menggabungkan nasihat yang menyenangkan dan tempat pendidikan tentang alam dan lingkungan yang mengundang Anda untuk menemukan pesonanya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.00-17.00, Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan objek wisata yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Tempat wisata ini mudah untuk dikunjungi karena berjarak 10 kilometer dari kota Samarinda, sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Kebanyakan pengunjung datang pada hari libur atau akhir pekan.

Awal mula objek wisata ini adalah lahan dengan luas 300 hektar. Kemudian pemilik tanah ini menyerahkannya kepada rektor Universitas Mulawarman dan dijadikan sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa. Kemudian Walikota Samarinda menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata yang indah karena dihiasi oleh berbagai pepohonan.

Objek wisata ini menjadi objek wisata favorit di kota Samarinda, terutama bagi anak muda karena memiliki banyak pepohonan dan hewan dari berbagai jenis. Selama berkunjung ke objek wisata ini, Anda akan ditemani oleh suara kicauan burung yang merdu. Dan masih banyak lagi yang bisa anda rasakan selama liburan di tempat wisata ini.

Daya Tarik Kebun Raya Unmul

Kebun Raya UnmulKredit gambar: Google Maps Deby Noor

Seperti tempat wisata lainnya, Kebun Raya Unmul Samarinda juga memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata ini.

1. Memiliki konsep yang unik

Kebun raya ini memiliki keunikan tersendiri yang memadukan objek wisata dan edukasi lingkungan. Dengan konsep ini, banyak pengunjung yang ingin menikmati dua hal dalam satu tempat.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam pohon yang dipelihara oleh pengelola untuk membuat suasana menjadi segar dan asri. Biasanya setiap pohon akan memiliki name tag sehingga pengunjung dapat mengetahui nama masing-masing. Apalagi banyak juga jenis hewan dan burung yang melengkapi objek wisata ini.

Saat berlibur di objek wisata ini, Anda juga akan menemukan orangutan yang sengaja dilepasliarkan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena orangutan ini jinak dan terlatih dengan baik.

Ada juga kuda poni, kobra, monyet ekor panjang, rusa, landak, buaya, cendrawasih, rangkong dan nuri. Untuk hewan-hewan ini, Anda bisa melihatnya di balik kandangnya masing-masing untuk menjaga keamanan pengunjung.

2. Menjadi tempat relaksasi

Daya tarik selanjutnya adalah Anda bisa memilih tempat wisata ini sebagai tempat bersantai setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan. Karena di Kebun Raya Unmul Samarinda menawarkan pemandangan yang memanjakan mata untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman terdekat. Banyak pengunjung dari kalangan anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk melihat dan mengenal hewan-hewan unik yang disediakan oleh objek wisata ini. Selain itu, ada juga danau buatan yang cukup besar untuk melengkapi pemandangan alam yang disajikan.

Alamat dan arah menuju lokasi Kebun Raya Unmul

Alamat Kebun Raya UnmulKredit gambar: Twitter Kalimantan

Tempat wisata ini terletak di provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di kota Samarinda, kecamatan Samarinda Utara, Jalan Kuaro.

Untuk rutenya sendiri jika dari kota Samarinda bisa melalui jalan Bhayangkara kemudian jalan Pahlawan dan jalan Dr. Sutomo. Setelah menemukan perempatan, silahkan belok kanan untuk melanjutkan perjalanan menuju Kebun Raya Unmul Samarinda.

Setelah sampai di Jalan Muara Badak, Anda akan menemukan persimpangan dan memilih rute di sebelah kanan. Dari perempatan ini dalam waktu sekitar 10 menit Anda akan sampai di tempat wisata. Waktu tempuh adalah 35 menit dengan kendaraan roda dua dan 40 menit dengan kendaraan roda empat.

Untuk akses jalan menuju lokasi objek wisata juga sangat mudah karena jalannya sudah beraspal dan banyak petunjuk arah yang bisa anda ikuti. Anda juga dapat memeriksa panduan dari peta atau bertanya langsung kepada penduduk setempat untuk lebih jelasnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Samarinda

Alamat Kebun Raya SamarindaKredit gambar: Adegan Utama Google Maps

Sebelum masuk dan menikmati objek wisata ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Biasanya harga masuk yang diberikan juga bervariasi tergantung harinya. Untuk akhir pekan atau hari libur Anda dikenakan biaya Rp 15.000 per orang. Sedangkan pada hari biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Untuk biaya parkir, pengunjung biasanya dikenakan biaya Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 5.000 untuk pengguna roda dua. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 dan tutup pada pukul 17:00.

Kegiatan menarik dilakukan di Kebun Raya Unmul

Aktivitas di Kebun Raya UnmulKredit gambar: Facebook @cantica.munthe

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berlibur di tempat wisata ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Lihat dan kenali binatang

Banyak hewan tersedia di objek wisata ini sehingga pengunjung dapat melihat dan mengenali berbagai spesies yang telah diberi nama masing-masing. Anda juga dapat mencoba memberi makan jenis hewan tertentu. Makanan hewani disediakan oleh objek wisata.

Anda juga bisa melihat hewan khas Kalimantan yaitu orangutan. Untuk spesies ini, Anda dapat berinteraksi secara langsung karena pawang melepaskannya dengan bebas. Namun keamanan pengunjung tetap terjaga karena orangutan dijinakkan agar tidak menyerang dan mengganggu pengunjung yang datang.

Selain itu, ada juga banyak jenis burung unik dan cantik yang bisa Anda lihat. Biasanya burung-burung objek wisata ini berkicau dengan merdu sehingga menambah kesenangan dan kenyamanan pengunjung selama berlibur.

Ada juga hewan karnivora seperti kobra dan buaya. Ada beberapa dari mereka dan jika Anda datang saat waktu makan Anda akan melihat buaya dan ular keluar dari tempat persembunyiannya. Dan masih banyak hewan lainnya yang tersedia di objek wisata ini.

2. Coba permainan yang berbeda

Selain melihat binatang dan pepohonan, objek wisata ini juga memiliki berbagai jenis permainan yang bisa dinikmati pengunjung. Berbagai permainan mulai dari sepeda air, kincir ria, gerobak, sepeda gunung, komidi putar, hingga karting. Game ini juga cocok untuk anak-anak, jadi aman untuk dicoba. Tetapi beberapa game hanya berfungsi pada hari libur.

Anda bisa berkeliling Kebun Raya Unmul Samarinda menggunakan ATV atau gerobak. Pengunjung yang mencoba permainan akan dikenakan biaya tambahan. Sepeda gunung sendiri akan dikenakan biaya tambahan Rp 20.000 untuk tiga putaran dan sepeda air akan dikenakan biaya Rp 15.000.

3. Ikan di kolam

Tempat wisata ini juga menawarkan kolam ikan bagi pengunjung yang hobi memancing. Anda bisa menyewa atau membawa pulang peralatan memancing. Dan setelah menangkap ikan, Anda juga bisa membelinya atau memasaknya langsung dari restoran yang tersedia.

4. Kunjungi museum kayu

Kegiatan Kebun Raya SamarindaKredit gambar: Google Maps Yudistira

Di museum kayu ini, Anda bisa melihat berbagai benda kayu. Ada juga label yang memuat nama dan tahun pembuatannya sehingga bisa sekaligus belajar sambil berlibur. Banyak barang unik tersedia di museum kayu ini, seperti miniatur rumah khas Kalimantan, serta berbagai jenis kayu khas Kalimantan.

Sebelum memasuki museum kayu ini, pengunjung harus membayar biaya tambahan. Biaya yang ditampilkan adalah Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

5. Perburuan Foto Keren

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen. Kebun Raya Unmul Samarinda memiliki banyak tempat wisata atau tempat yang bisa menjadi latar belakang foto anda. Anda dapat mengabadikan momen saat mencoba permainan dan bahkan berfoto dengan hewan-hewan di objek wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di Samarinda Botanical Gardens

Fasilitas Kebun Raya SamarindaKredit gambar: Google Maps Yuliastika

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Unmul Samarinda cukup lengkap. Objek wisata tersebut terus melengkapi berbagai hal demi kenyamanan para pengunjung yang datang. Peralatan yang tersedia adalah:

1. Area parkir

Tempat wisata ini telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas hanya untuk pengunjung yang datang. Ada zona khusus untuk kendaraan roda dua, roda empat dan zona untuk bus wisata. Dan di area parkir banyak penjaga yang bertugas untuk menjaga dan menjaga kendaraan anda sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

2. Tempat makan

Fasilitas selanjutnya adalah banyak tempat makan di kebun raya ini. Restoran di sini biasanya menyajikan makanan laut, terutama ikan. Bagi pengunjung yang tidak menyukai makanan laut, restoran ini juga menawarkan berbagai masakan Indonesia.

Selain makanan, banyak juga snack atau aneka minuman yang bisa kamu pesan

3. Toilet

Toilet di objek wisata ini dijaga kebersihannya agar pengunjung bisa nyaman menggunakannya. Ada banyak toilet sehingga Anda tidak perlu mengantri.

4. Belvedere

Ada juga gazebo atau gubuk yang tersebar di berbagai tempat di kebun raya ini. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk beristirahat setelah menjelajahi objek wisata ini.

Itulah beberapa tempat wisata, alamat dan fasilitas yang ada di Kebun Raya Unmul Kota Samarinda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda ketika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button