Pantai Tambak Belitung, wisata bahari yang eksotis dengan keindahan biota laut - WisataHits
wisatahits

Pantai Tambak Belitung, wisata bahari yang eksotis dengan keindahan biota laut

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Tambak merupakan salah satu pantai dengan panorama eksotis yang terletak di Belitung. Pantai ini juga sering disebut Pantai Kuale Tambak dengan berbagai cerita menarik. Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat, pantai ini pernah dioperasikan sebagai kawasan penambangan timah PT. Mengadakan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa bangunan bergaya Belanda yang pernah bekerja di kawasan ini.

Seiring berjalannya waktu, kawasan penambangan timah ini mulai mengalami kegagalan. Kemudian oleh masyarakat sekitar pantai ini dimanfaatkan untuk sumber daya alamnya. Keanekaragaman sumber daya alam yang hidup di pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Melimpahnya sumber daya alam yang terkandung membuat banyak orang menangkap berbagai jenis ikan dan hasil laut di sini sebagai nelayan.

Selain cerita-cerita menarik tentang fungsi purba Pantai Tambak dan kekayaan alam yang melimpah, pantai ini juga unggul dalam memamerkan pesona alam yang dapat menarik siapa saja untuk datang dan berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit yang tidak pernah sepi pengunjung. Sangat cocok jika digunakan sebagai area relaksasi atau sekedar berlibur.

Daya Tarik Pantai Tambak

Aktivitas di Pantai TambakKredit Gambar: Google Maps A FUK Mulia

Pantai Tambak merupakan pantai dengan panorama luar biasa yang terletak di Belitung, tepatnya di Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini merupakan pantai favorit bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam. Pengunjung tidak hanya datang dari dalam kawasan ini. Berbagai atraksi pantai ini mampu menarik para pengunjung yang datang.

1. Pesona eksotis pantai tropis

Daya tarik utama adalah pesona eksotis pantai tropis yang terasa begitu dekat saat Anda menginjakkan kaki di sana. Hal ini didukung dengan kombinasi pasir putih yang lembut dan warna air laut yang jernih dengan campuran hijau toska dan biru. Belum lagi penambahan pepohonan rindang yang berjejer di tepi pantai, menambah nuansa eksotis Pantai Tambak.

2. Keindahan kehidupan laut yang menakjubkan

Daya tarik selanjutnya dari pantai yang terletak di Belitung ini adalah kemegahan biota lautnya yang menakjubkan. Berbagai jenis biota laut dengan terumbu karang yang masih terjaga dan dilengkapi dengan berbagai jenis ikan-ikan kecil yang berenang sangat indah untuk disimak. Apalagi airnya yang jernih terkenal bisa memancarkan keindahan biota laut di atas permukaan laut.

3. Hutan mangrove dengan suasana asri

Daya tarik lain dari objek wisata pantai yang eksotis ini adalah dilengkapi dengan hutan mangrove dengan suasana yang asri. Keberadaan hutan mangrove ini tidak jauh dari kawasan pantai ini, tepatnya di sebelah pantai. Hutan mangrove yang berupa kawasan konservasi ini dikelola oleh Komunitas Akar Mangrove itu sendiri. Banyaknya pohon bakau yang tumbuh di sini menciptakan suasana asri yang terasa dari dekat.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Tambak BelitungKredit gambar: Google Maps Rizal

Pantai Tambak Belitung merupakan salah satu pantai yang terletak di Belitung, tepatnya di Kecamatan Damar, Desa Sukamandi. Pantai ini berjarak sekitar 31 km dari pusat Kabupaten Belitung Timur. Meski lokasinya cukup jauh dari keramaian, wisatawan tidak perlu khawatir dengan akses jalan untuk menyeberang. Memang akses jalan menuju Pantai Tambak di Belitung sudah cukup baik.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini sekitar 40 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Dalam perjalanan menuju pantai, wisatawan akan disuguhi pemandangan beberapa area penambangan timah yang masih beroperasi. Sehingga wisatawan tidak bosan ketika pergi ke pantai.

Untuk mengunjungi pantai eksotis ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Mengingat akses jalan dirasa cukup untuk dilalui kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai eksotis dengan berbagai atraksi ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Kabupaten Belitung Timur untuk menuju Pantai Tambak.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Aik Dundang di Kabupaten Belitung Timur hingga ke Jalan Tengah Tj. pandan. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Manggar-Gantung, belok kiri ke Jalan Numpang Empat. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Bandara-Manggar lalu belok kanan menuju Jalan Pelita hingga sampai di tempat tujuan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai TambakKredit gambar: Google Maps XXA M&S

Pantai Tambak yang menyuguhkan pemandangan eksotis bak pantai tropis memang tak bisa dipungkiri keindahannya. Dengan keindahan yang disuguhkan, menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata favorit bagi mereka yang ingin bersantai atau sekedar menikmati liburan keluarga. Namun, jika berbicara tentang harga tiket masuk, berapa harga tetap untuk menginjakkan kaki di sini?

Ternyata selama ini bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu menyiapkan uang sepeser pun sebagai tiket masuk, yakni gratis. Namun, ada kewajiban yang harus diterapkan wisatawan saat berkunjung ke kawasan pantai, yaitu menjaga kebersihan. Karena dengan kebersihan, keindahan pantai pasir putih ini akan tetap terjaga.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Tambak

Aktivitas Seru di Pantai TambakKredit gambar: Google Maps Felicia DS

1. Alami matahari terbenam yang tak terlupakan

Panorama eksotis yang disuguhkan oleh pantai cantik ini tentu menjadi hal yang pasti didapatkan wisatawan saat berkunjung, terutama pada sore hari. Puncak keindahan Pantai Tambak di sore hari menyuguhkan pemandangan hangatnya sinar matahari yang dipadukan dengan semilir angin pepohonan dan ombak kecil. Wisatawan akan merasakan sunset yang berkesan di wisata bahari ini.

2. Snorkeling ditemani berbagai spesies laut

Keanekaragaman biota laut yang hidup di perairan pantai mampu menarik pengunjung untuk datang dan snorkeling di sini. Wisatawan bisa melihat berbagai biota laut sambil snorkeling. Ditemani ikan-ikan kecil yang tersembunyi di balik terumbu karang, pengalaman snorkeling akan sangat berarti. Belum lagi air lautnya yang begitu jernih.

3. Cari tahu di hutan bakau

Keberadaan hutan mangrove yang berdekatan dengan lokasi Pantai Tambak berfungsi untuk mencegah abrasi akibat gelombang pantai. Hutan mangrove yang terdapat disini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menimba ilmu tentang berbagai jenis pohon mangrove dan fungsinya sehingga cocok sebagai tempat rekreasi yang sarat akan ilmu pengetahuan. Fasilitas hutan mangrove ini juga cukup memadai.

Penginapan murah di sekitar lokasi

Oasis Hotel BelitungKredit gambar: Google Maps Nur Hasanah

1. Hotel Oasis

The Oasis Hotel adalah hotel yang ideal untuk bersantai setelah berlibur di Pantai Tambak. Lokasinya yang berada di lingkungan yang sama dengan pantai membuatnya sering dikunjungi wisatawan pantai. Selain lokasi, fasilitas yang tersedia di Oasis Hotel juga cukup memadai. Seperti ketersediaan kolam renang, parkir dan Wi-Fi gratis, serta hotel yang bersih.

2.Omah Andini

Hostel ini dikenal memiliki interior yang bersih dan lokasinya berdekatan dengan danau. Pelayanan yang diberikan oleh hostel ini sangat ramah sehingga wisatawan tidak akan kecewa selama menginap disini. Tidak diragukan lagi fasilitas yang ada sudah lengkap, seperti area parkir dan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC, restoran dan yang menarik adalah gymnya.

3. Hotel tamu

Hotel ini merupakan akomodasi yang paling dekat dengan pantai. Lokasinya yang dekat dengan pusat keramaian menjadikan Guest Hotel sebagai tempat peristirahatan yang ideal bagi para wisatawan pantai yang menyukai keramaian. Fasilitas tidak perlu ditanyakan lagi, berbagai fasilitas akan memanjakan pengunjung yang ada di sini, mulai dari Wi-Fi hingga area bersih.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tambak Belitung

Fasilitas Pantai Tambak BelitungKredit gambar: Google Maps andy faturachman

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Tambak Gorontalo dirasa kurang memadai, mengingat objek wisata ini masih tergolong baru dan letaknya yang agak jauh dari pusat kota. Selain fasilitas yang dirasa kurang memadai, pantai ini berhasil menyuguhkan panorama alam yang memukau siapa saja yang melihatnya. Untuk menunjang daya tariknya yang begitu beragam.

Fasilitas yang tersedia belum lengkap dan memadai. Hanya ada beberapa fasilitas yang akan menunjang liburan wisatawan, seperti warung makan. Beberapa warung makan sederhana di sini menyajikan makanan ringan dan minuman ringan dengan tambahan kopi dan mie. Untuk rasa makanan dan minuman di sini, wisatawan tidak perlu meragukan kelezatannya.

Lebih banyak warung makan di sekitar pantai akan ditambahkan saat tanggal merah tiba. Karena pada saat tanggal merah tersebut, jumlah pengunjung yang berkunjung ke pantai ini akan bertambah dan lebih banyak dari biasanya. Wisatawan dapat bersantap atau menyesap kopi yang sudah diseduh di warung makan sambil menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh pantai pasir putih ini.

Berikut adalah beberapa informasi tari tentang Pantai Tambak di Belitung. Meski lokasinya agak jauh dari keramaian karena berada di pedesaan, pantai ini tidak mau ketinggalan dengan menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dengan keanekaragaman biota laut dan hutan mangrove. Biaya masuk yang tidak ada atau gratis juga membuat pantai ini menjadi favorit. Tertarik untuk berlibur ke sini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button