Air Terjun Tanggedu, air terjun mirip Grand Canyon yang menawan di Sumba Timur - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tanggedu, air terjun mirip Grand Canyon yang menawan di Sumba Timur

Air Terjun Tanggedu, air terjun mirip Grand Canyon yang menawan di Sumba Timur

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur sering dibandingkan dengan Grand Canyon. Di kawasan air terjun ini terdapat tebing kemerahan dan kolam kebiruan yang sangat indah.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Ndapayami, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Sumba memiliki bentang alam yang bervariasi dan menawan. Ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati saat berlibur di pulau ini. Salah satunya Air Terjun Tanggedu. Diantara sekian banyak air terjun yang ada di Sumba, Tanggedu bisa dibilang salah satu air terjun terindah dan wajib dikunjungi.

Air terjun menawan ini tidak terlalu tinggi dan memiliki kolam air jernih berwarna biru kehijauan. Warnanya sangat menarik jika dipadukan dengan tebing putih kemerahan di sekitar air terjun ini. Beberapa orang menyebut Tanggedu sebagai Grand Canyon-nya Sumba karena tebing-tebing tersebut.

Air terjun yang indah ini juga merupakan pertemuan beberapa sungai. Dengan demikian, beberapa air terjun dapat ditemukan di sini. Selain itu Coban atau air terjun ini masih sangat alami karena belum sepenuhnya dikembangkan sebagai tujuan wisata. Jadi jangan heran kalau fasilitasnya juga kurang maksimal.

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Tanggedu

Atraksi di Air Terjun TanggeduKredit Gambar: Google Maps Florida Sitepu

Air Terjun Tanggedu terletak di tengah lembah dengan sabana hijau dan cuaca kering. Karenanya, keberadaan air terjun ini bisa diibaratkan seperti oasis di tengah padang pasir. Setiap hari air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan. Pada hari-hari biasa hanya ada beberapa wisatawan. Sedangkan di akhir pekan jumlahnya banyak. Apa yang membawa mereka ke sini?

✦ Beberapa air terjun di satu tempat

Banyaknya air terjun di kawasan ini menjadi salah satu magnet wisata Tanggedu. Di kanan dan kiri tebing, wisatawan bisa menemukan air terjun. Sebagian besar air terjun ini berukuran kecil dan tidak terlalu tinggi, sedangkan salah satunya memiliki mulut yang lebar. Dengan banyaknya air terjun, wisatawan bisa leluasa bermain air.

✦ Pemandangan menakjubkan

Semua air terjun yang ada di kawasan wisata ini mengalir menjadi sebuah cekungan memanjang yang membentuk sungai. Kolam ini diapit tebing tinggi dengan tangga di setiap sisinya. Bebatuan di sekitar air terjun yang indah ini ditata sedemikian rupa sehingga sebagian airnya diasingkan dalam sebuah kolam kecil seperti bak untuk berendam.

Selain itu, di atas tebing tumbuh banyak tumbuhan dan pepohonan. Air terjun, kolam, tebing, dan pepohonan di area ini menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Untuk menikmati pemandangan indah ini, wisatawan harus datang ke sini pada pagi dan sore hari. Jika terlambat, mereka takut tersesat dalam perjalanan pulang karena penerangan yang minim.

✦ Kolam air terjun yang relatif aman untuk berenang

Kolam Air Terjun Tanggedu relatif aman untuk berenang. Air terjun cantik ini sebenarnya cukup deras. Namun, karena kolam alaminya besar, pengunjung bisa mandi di area perairan yang jauh dari air terjun. Jadi, mandi di kolam ini benar-benar aman. Meski begitu, mereka tetap harus berhati-hati saat turun dari tebing menuju kolam.

✦ Trekking sambil menikmati savana dan hutan yang indah

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Tanggedu, wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Jalan ini agak sulit dan melelahkan. Namun, pemandangan sabana dan hutan asri yang mengelilinginya membuat pengalaman trekking ini lebih ringan dan berkesan.

✦ Tebing putih kemerahan dengan bentang alam yang unik

Deretan tebing di air terjun cantik ini memiliki daya tarik tersendiri. Warnanya putih kemerahan. Selain itu, reliefnya unik, bertingkat dan sebagian ditumbuhi tumbuhan. Kolam berwarna biru kehijauan di antara tebing membuat pemandangan dari tebing ini semakin menarik.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun TanggeduKredit Gambar: Google Maps Handi Eka Sapta

Alamat Air Terjun Tanggedu berada di Kabupaten Sumba Timur, NTT. Air terjun cantik ini terletak di Desa Ndapagami, Kecamatan Kanatang. Jarak tempuh dari kota Waingapu sekitar 46 km atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Akses menuju air terjun cukup baik dan bisa dilalui mobil.

Untuk menuju kawasan wisata menawan ini, wisatawan harus melewati desa Mondu dan desa adat Prainatang. Setelah sampai di tempat parkir, wisatawan harus berjalan kaki beberapa menit untuk mencapai air terjun. Perjalanan ini mungkin sedikit melelahkan, namun rasa lelah itu akan hilang saat wisatawan melihat keindahan air terjun.

Liburan di destinasi tipe mini memang murah, tapi liburan berkualitas. Kawasan wisata buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan cukup membayar tiket antara Rp2.000 hingga Rp10.000. Selain biaya tiket, wisatawan yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun TanggeduKredit gambar: Google Maps Koen Vanhollebeke

Wisatawan yang sedang berlibur di Air Terjun Tanggedu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Untuk dapat menikmati kegiatan tersebut secara maksimal, wisatawan harus dalam keadaan fit dan sehat. Ingat juga untuk membawa perbekalan karena area air terjun agak jauh dari warung atau toko.

1. Serunya bermain air

Sambil menikmati keindahan air terjun, wisatawan bisa duduk di atas tebing sambil bermain air. Beberapa bagian tebing atau bebatuan di kawasan ini tidak terlalu tinggi di atas permukaan air kolam. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah duduk dan bermain air di bebatuan air terjun yang menawan ini.

2. Berenang di Air Terjun Tanggedu

Kolam air terjun ini sangat sejuk, jernih dan bersih. Dengan demikian, kolam renang menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk berenang. Wisatawan yang bisa berenang harus mencoba berenang di kolam alami ini. Agar pengalaman ini semakin seru, mereka bisa melompat ke kolam ini dari tebing atau bebatuan di tepinya.

3. Mendaki

Air Terjun Tanggedu bahkan lebih megah dari atas tebing. Namun, untuk mendapatkan pemandangan indah ini, wisatawan harus menaiki tebing di area air terjun. Biasanya wisatawan mendaki tebing ini saat musim kemarau. Pada musim ini aliran air terjun cenderung rendah, sehingga tebing lebih mudah didaki.

4. Ambil gambar

Berlibur ke air terjun cantik ini belumlah sempurna jika tidak dilengkapi dengan foto-foto. Di kawasan air terjun ini, wisatawan bisa menemukan banyak spot foto. Mereka bisa selfie di depan air terjun, di atas tebing, saat bermain di kolam air terjun, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, wisatawan tidak boleh lupa membawa smartphone atau kamera.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di Air Terjun TanggeduKredit gambar: Google Maps Fit Ashari

Sebagai obyek wisata, Air Terjun Tanggedu masih sangat alami, dan segala aspeknya belum dikembangkan secara maksimal. Maka tak heran jika fasilitas wisata di sana masih sebatas fasilitas dasar, seperti warung sederhana, toilet, dan area parkir.

Belum lama berselang, masyarakat setempat membangun gazebo sederhana dan pos pengamatan di dekat air terjun. Wisatawan dapat menggunakan titik pandang ini untuk menikmati pemandangan dan mengambil foto serta menggunakan titik pandang untuk beristirahat. Masyarakat juga sudah memasang tali pengaman di anak tangga untuk turun ke air terjun.

Air Terjun Tanggedu bisa dibilang hidden gem untuk wisata di Pulau Sumba. Air terjun ini sangat indah dengan kolam alami berisi air berwarna kebiruan dan tebing bertingkat. Kawasan wisata ini masih sedikit didatangi wisatawan, apalagi pengembang. Jadi kondisinya masih sangat alami tapi minim fasilitas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button