3,6 juta wisatawan akan berlibur di kota Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

3,6 juta wisatawan akan berlibur di kota Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times – Hingga 90 persen wisatawan diperkirakan datang ke kota Yogyakarta saat liburan Natal dan akhir tahun. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan sekitar 3,6 juta atau lebih wisatawan akan memadati kota Yogyakarta saat liburan akhir tahun.

1. Diperkirakan 3,6 juta wisatawan piknik mengunjungi kota Yogyakarta

3,6 juta wisatawan akan berlibur di kota Yogyakarta Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Jumlah tersebut meningkat sekitar 40 persen dibandingkan dengan hari libur di penghujung tahun 2021. Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif mengatakan, diperlukan berbagai persiapan agar wisatawan merasa nyaman berada di Yogyakarta.

“Di DIY memperkirakan lebih dari empat juta wisatawan akan datang saat liburan akhir tahun, sekitar 90 persennya ke Yogyakarta,” kata Agus Arif, Kamis (22/12/2022).

2. Sekitar 70 persen wisatawan datang dengan kendaraan pribadi

3,6 juta wisatawan akan berlibur di kota Yogyakarta Titik nol kilometer Yogyakarta menerima penghalang tabrakan. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Persiapan yang dilakukan antara lain dengan mengatur arus lalu lintas sedemikian rupa agar tetap mengalir meski dipastikan padat kendaraan. Agus memperkirakan sekitar 70 persen wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi.

“Kepadatan di beberapa ruas jalan tidak bisa dihindari. Saya selalu bilang saat liburan panjang seperti ini, wisatawan bisa menikmati Yogyakarta dengan lebih perlahan,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Titik kepadatan potensial tersebut antara lain di sekitar objek wisata dan di pintu masuk Kota Yogyakarta, antara lain di kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Simpang Gondomanan, Simpang Tugu dan Simpang Jalan Affandi.

Baca Juga: 5 Jajanan Legendaris di Yogyakarta, Ada yang Gurih dan Menyegarkan

3. Membentuk 3 pos pengamanan

3,6 juta wisatawan akan berlibur di kota Yogyakarta Ilustrasi pos satpam (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Polda DIY mendirikan tiga posko pengamanan libur akhir tahun di Persimpangan Tugu, Teteg Malioboro dan Kilometer Nol, serta satu posko pelayanan di Kebun Binatang Gembira Loka.

“Kami telah memasang rambu-rambu di beberapa titik perlintasan untuk membantu wisatawan, dan khususnya di kawasan Malioboro, pembukaan dan penutupan akan dilakukan sesuai dengan kepadatan lalu lintas,” kata Kapolres Yogyakarta, Kompol Candra Lulus Widiantoro.

Baca Juga: 7 Keunggulan Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button