Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pulau Kalong, Pulau Eksotis dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Gunung Kidul

7Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pulau Kalong adalah salah satu tempat rekreasi utama di Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan wisata hits ini tidak diragukan lagi karena banyaknya pesona alam yang bertebaran di sekitarnya. Laut yang memiliki ombak cukup kencang ini indah dengan rona biru. Pasirnya sangat lembut dengan batu kapur.

Pemandangannya semakin indah karena terlihat seperti tebing yang cukup tinggi. Bahkan tebing ini sering dijadikan tempat tinggal kelelawar. Hal tersebut mampu merebut hati para wisatawan yang berkunjung. Di pantai juga terlihat berbagai tanaman yang menjulang tinggi dengan udara segar.

Destinasi menawan ini tentunya masih menyimpan berbagai biota laut. Pengunjung yang datang pasti akan senang melihat berbagai jenis satwa yang hidup di kawasan Pulau Kalong. Selain itu, ada banyak spot foto yang selalu menjadi sorotan para tamu.

Atraksi Pulau Kalong

Atraksi Pulau KalongKredit Gambar: Google Maps Ari

1. Hewan di sekitar

Pulau Kalong merupakan daerah yang unik karena daerah sekitarnya digunakan untuk habitat beberapa hewan. Tamu yang datang ke sana bisa melihat banyak kelelawar. Spesies ini sering bersembunyi di balik tebing yang selalu berada di area yang sama dengan pulau. Tak hanya itu, destinasi cantik ini juga kerap dihuni burung pipit.

2. Laut yang indah

Keindahan pulau ini semakin lengkap dengan air laut yang begitu jernih dan biru. Namun pengunjung hanya bisa melihat air laut dari dek karena ombaknya yang begitu tinggi. Ombak ini seolah menghantam bebatuan. Wisatawan yang senang bermain air seperti selancar sering membawa perlengkapan karena bisa menjajal ombak tinggi.

3. Tempat Instagram

Pulau Kalong memiliki spot foto yang instagenic di setiap sudutnya. Jembatan yang menjulang di atas air laut adalah salah satu tempat yang paling populer. Bahkan tebing-tebing yang menjadi habitat kelelawar ini sering digunakan untuk berfoto oleh sebagian orang. Selain itu, wisatawan juga bisa menjelajah untuk menemukan spot-spot instagenic di kawasan pasir tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau KalongKredit gambar: Google Maps Irfan dPriyanto

Pulau Kalong terletak di Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Berkendara bersama sanak saudara pasti menyenangkan, apalagi wilayah Jogja memiliki keindahan di segala sisi jalan. Pengunjung juga dapat menikmati perjalanan dengan menyewa travel atau angkutan umum. Yakinlah, kawasan pulau tetap strategis karena mudah dilintasi siapa saja.

Jika traveler datang dari luar kota, ia bisa memilih rute dari Jalan Semanu. Rute tersebut termasuk pusat kota Jogja yang kerap padat dengan sejumlah kendaraan roda dua dan empat. Lurus saja sampai menemukan Jalan Wedi Ombo. Setelah beberapa kilometer, lanjutkan ke Jalan Pantai Jungwok, terus lurus ke desa Pendowo.

Sebuah sudut kota yang memiliki keunikan tersendiri selalu memastikan wisatawan tidak bosan saat berwisata. Selain itu, Anda akan menemukan kereta gantung yang merupakan kendaraan menuju Pulau Kalong. Selain itu, sejumlah tamu kerap melintasi jembatan tersebut saat hendak menuju kawasan wisata. Itu membuat perjalanan semakin seru.

Biaya perjalanan ke Pulau Kalong

Biaya perjalanan ke Pulau KalongKredit gambar: Google Maps C. Sierra

Pulau Jogja yang indah ini cocok sebagai pilihan rekreasi bersama kerabat dekat. Di bagian depan ada petugas yang menawarkan tiket masuk dengan harga murah hanya Rp 6.000. Hal ini membuat setiap traveler senang dan ingin kembali lagi. Selain itu, tiket masuk berlaku setiap hari dan hampir tidak pernah mengalami kenaikan harga.

Anggaran yang dibutuhkan untuk parkir di sana selama sehari juga dinilai terjangkau. Mobil yang menggunakan tempat parkir wisata bisa menyiapkan budget Rp 5.000, lalu bus yang sering datang saat hari libur harga parkirnya Rp 10.000, sedangkan sepeda motor tidak kalah murahnya dengan parkir kendaraan lain karena hanya butuh Rp 2000.

Di tempat lain Anda bisa melihat jembatan gantung. Wisatawan sering pergi ke jembatan untuk menikmati indahnya air laut dan berfoto potret. Biaya yang dibutuhkan untuk naik ke jembatan tersebut sekitar Rp 25.000. Kemudian, tamu yang ingin menjelajahi gastronomi di sekitar pasir bisa menyiapkan budget mulai dari Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kalong

Kegiatan menarik di Pulau KalongKredit Gambar: Google Maps Sayur Asem

1. Berselancar

Pulau Kalong memiliki ombak yang cukup kuat. Hal ini meningkatkan adrenalin sebagian orang saat melakukan aktivitas berselancar. Pada hari Sabtu atau Minggu banyak pengunjung yang datang untuk berselancar di perairan pulau ini. Anda bisa menikmati permainan air untuk mengisi waktu kunjungan.

2. Mengambil gambar

Destinasi alam ini telah mencatatkan beragam pilihan spot yang Instagramable. Hamparan pasir, jembatan, birunya air laut, hingga kereta gantung tentu menjadi objek foto yang menarik perhatian. Wisatawan dapat mengambil foto dari berbagai sudut. Selain itu, para tamu juga dapat membuat video pendek selama liburan.

3. Perkemahan

Pulau Kalong selalu asri dan begitu alami karena lingkungan wisatanya terlihat bersih. Berkemah adalah salah satu kegiatan favorit para pelancong ketika datang ke pulau itu. Biasanya, pengunjung juga menunggu waktu matahari terbit dan terbenam saat mendirikan tenda di sana. Suasana nyaman jauh dari keramaian akan membuat camping menjadi menyenangkan.

4. Bersantai

Pemandangan alam di sepanjang pulau memang kondusif untuk dinikmati sambil bersantai. Beberapa pelancong dalam tur yang sukses ini sering memilih untuk menginap di gazebo untuk merasakan angin sepoi-sepoi. Anda juga bisa bersantai di tepi pantai sambil memancing karena kawasan pulau ini memiliki banyak biota.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau KalongKredit Gambar: Google Maps Aurora Collections for Kids

Pulau Kalong memiliki berbagai fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan saat traveler berkunjung. Parkir untuk semua jenis kendaraan disediakan oleh agen dengan lahan yang cukup dan luas. Sebuah aula doa kecil ada di pulau itu untuk pengunjung yang ingin mencari tempat ibadah. Berbagai spot untuk mengabadikan momen pun sudah ada di sana.

Kawasan pulau pasti memiliki kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan. Perkemahan atau camping ground sudah terlihat di sekitar pasir. Wisatawan bisa menghabiskan akhir pekan dengan mendirikan tenda di kawasan Pulau Kalong. Tempat membeli oleh-oleh tidak begitu jauh dari destinasi menawan ini.

Kereta gantung terlihat di sana karena pengunjung harus naik kendaraan ini untuk sampai ke pulau. Kursi dan sejumlah gazebo tentu saja disediakan oleh pengelola. Pariwisata tidak menyediakan fasilitas persewaan bermain air. Selain itu, pulau ini belum menyediakan terlalu banyak restoran, biasanya pelanggan yang pergi ke sana sering membawa makan siang.

Pulau Kalong Jogja selalu menawan karena kawasannya yang begitu nyaman dan asri. Sejauh mata memandang, Anda akan dibuat takjub dengan pesona alam kawasan tersebut. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini bisa membawa kamera untuk mencari berbagai spot foto. Selain itu, Anda juga bisa membawa papan selancar jika ingin bermain bersama kerabat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button