Pantai Telawas, pantai berbatu yang eksotis di Lombok Tengah - WisataHits
wisatahits

Pantai Telawas, pantai berbatu yang eksotis di Lombok Tengah

Harga tiket: Rp5.000, Jam operasional: 07.00-16.30 WITA, Alamat: Mekarsari, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Periksa lokasi

Pulau Lombok yang terletak di sebelah barat Nusa Tenggara ini memang dikaruniai keindahan alam yang mampu memukau siapa saja. Banyak objek wisata yang membuat orang ingin selalu mengunjungi pulau eksotik ini, salah satunya Pantai Telawas di Lombok tengah.

Pantai ini letaknya tersembunyi di deretan pantai. Meski pantai ini dekat dengan lokasi Pantai Seulg Belanak, namun sebenarnya pantai ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Inilah mengapa pengunjung yang datang ke situs tersebut masih relatif sedikit.

Bagi anda yang sangat menyukai tempat wisata sepi yang jarang dikunjungi orang dan memiliki pemandangan yang bagus, pantai di Telawas ini bisa anda jadikan tujuan wisata. Berikut ini akan dibahas lebih detail mengenai objek wisata terdekat, fasilitas, hotel, dll. berhubungan dengan pantai.

Pantai Telawas tergolong objek wisata

Kegiatan Pantai TelawasKredit gambar: Instagram Jelajahi Nusantara

1. Pantai Eksotis

Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang eksotis. Dimana didominasi oleh bebatuan dengan berbagai ukuran dan bentuk. Pemandangan yang dimilikinya sangat indah. Anda dapat menemukan bukit-bukit karang yang tidak beraturan, tetapi terlihat begitu estetis ditutupi dengan tanaman hijau yang rimbun.

Sementara tempat wisata lain di Lombok cenderung menampilkan panorama yang datar dan tidak terputus, namun tidak demikian. Bentang alam milik pantai ini sangat kaya dan tidak biasa. Komposisi karangnya yang sangat unik membuat pemandangan di pantai menjadi indah.

2. Pasir putih yang indah

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya pemandangan pasir putih yang sangat indah. Hamparan pasir putihnya cukup landai, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk bersantai.

Pantai Telawas secara keseluruhan menyuguhkan pemandangan yang begitu maskulin. Cocok menjadi tempat berpetualang bagi Anda yang memang menginginkan kunjungan yang sedikit menggairahkan. Saat ingin menjelajahi kawasan pantai, Anda harus berhati-hati karena bentuk karangnya cukup tajam.

3. Memiliki spot foto yang menarik

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai TelawasKredit Gambar: Instagram Carlo Tscholl

Tak dipungkiri daya tarik yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini adalah banyaknya spot foto yang menarik. Bagi anda yang menyukai fotografi maka sangat cocok jika datang ke tempat ini.

4. Tur tiga-dalam-satu

Wisatawan yang ingin ke Pantai Telawas biasanya memiliki sebutan tiga dalam satu putaran. Memang saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan merasa lengkap jika mengunjungi pantai-pantai terdekat lainnya.

Dua pantai terdekat adalah Pantai Mawi dan Pantai Semeti. Saat berkunjung ke ketiga pantai yang berbeda tersebut tentunya akan memberikan banyak kesan, meskipun keduanya identik yaitu berupa pantai dan tebing bebatuan yang kokoh berdiri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TelawasKredit gambar: Google Maps Agung Rinjani

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Pantai Telawas, berikut akan diulas informasi mengenai rute dan lokasinya. Pantai ini sendiri berada di desa yang sama dengan pantai asselong Belanak yang merupakan salah satu pantai paling menarik di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jika Anda berada di kota Mataram, perjalanan menuju pantai jika menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 1,5 jam. Untuk jaraknya sendiri sekitar 55 km.

Namun, jika Anda berangkat dari bandara di sini, waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat, sekitar 46 menit. Karena jarak dari Bandara Internasional Lombok ke Pantai Telawas hanya sekitar 27 km. Untuk jalurnya sendiri, Anda bisa menggunakan jalur toselong pantai Belanak.

Anda yang berada di Mataram bisa melanjutkan perjalanan melalui bandara hingga akhirnya sampai di perempatan dekat Masjid Jami’ Penujak. Kemudian, Anda tinggal berbelok ke selatan menuju jalan toselong Mullet.

Nanti Anda tinggal mengikuti jalan sejauh 17 km atau jika menggunakan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 28 menit. Yang harus Anda lakukan adalah berbelok ke Jalan Mawun dan kemudian menuju ke Jalan Pantai Mawi.

Sesampainya di ujung jalan, Anda memiliki pilihan untuk menuju ke tiga pantai, yaitu Pantai Semeti, Pantai Mawi, dan Pantai Telawas.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai TewasKredit gambar: Instagram laeluahle_

Tentunya saat Anda memutuskan untuk berwisata ke pantai, Anda harus menyiapkan bekal yang cukup agar liburan Anda nyaman nantinya. Harga tiket masuk Wisata Pantai Telawas ini sangat terjangkau.

Anda hanya perlu membayar Rp 5000 untuk satu orang. Meski tarif yang ditawarkan tergolong murah, namun jangan salah, karena begitu memasuki kawasan pantai, Anda akan terkesima dengan pemandangan alam di sana.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Telawas

Kegiatan Pantai TelawasKredit Gambar: Instagram INI ADALAH TANO

1. Jelajahi Batu

Banyak aktivitas menarik yang bisa dinikmati setibanya di Pantai Telawas. Salah satu kegiatan tersebut adalah menjelajahi terumbu karang. Pantai indah ini sangat mirip dengan film Superman yaitu planet krypton. Anda akan melihat tebing-tebing yang sangat terjal dengan latar belakang gulungan ombak biru besar dan bukit-bukit hijau.

Bagi Anda yang sangat tidak menyukai tantangan, sebaiknya tidak perlu menjelajahi bebatuan ini. Karena memang untuk menjalani pengalaman yang lebih seru dan berkesan, di sini Anda harus sedikit nyali menjelajahi batu karang dan berdiri di atasnya.

Tentunya di sini Anda juga harus berhati-hati saat mencoba memanjat batu tersebut. Dan saat kondisi air laut sedang pasang, sebaiknya hindari dan jangan menginap di dekat pantai. Hal ini dilakukan untuk menjaga Anda tetap aman dan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Perburuan foto yang menarik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kawasan pantai ini memiliki banyak spot foto menarik yang bisa Anda abadikan. Pantai Telawas memiliki bukit karang dan panorama pantai yang sangat bagus dipadukan dengan ombak yang besar.

Selain itu, kawasan hijau dan perbukitan yang mengelilinginya sangat asri. Hal inilah yang membuat banyak pemburu foto datang mengunjungi pantai ini untuk mendapatkan beberapa foto yang menarik.

Bahkan beberapa wisatawan sengaja datang berkunjung untuk berfoto di area tebing tersebut. Karena pantai ini tidak terlalu ramai, maka Anda akan bebas berfoto di area manapun, misalnya di area tebing karang tanpa harus tahu terlebih dahulu.

3. Bersantai di tepi pantai

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan apa-apa, baik itu berfoto atau menjelajahi area bebatuan, Anda juga bisa bersantai. Seperti yang dijelaskan, Pantai Telawas juga memiliki area pasir putih yang cukup landai.

Di kawasan inilah Anda bisa bersantai dan menikmati panorama alam yang sangat indah. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan lagi, Anda bisa datang saat senja.

Duduk santai di atas pasir putih bersama pasangan, keluarga atau teman sambil menyaksikan matahari terbenam adalah sesuatu yang sangat romantis. Tentu saja, pengalaman ini akan membuat Anda tidak lupa saat berada di pantai ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai TelawasKredit gambar: Google Maps Faesal Ageng

1.OYO 1659

Hostel pertama yang bisa kamu datangi saat berwisata ke pantai Telawas adalah OYO 1659. Di hostel ini kamu bisa mendapatkan banyak fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain AC, restoran, resepsionis 24 jam, parkir yang luas dan wifi gratis.

2. Pondok Mangga

Hostel selanjutnya yang juga berada di dekat pantai adalah Mango lodge. Harga menginap di tempat ini cukup terjangkau. Peralatan yang ditawarkan juga cukup lengkap. Misalnya, kolam renang, bar, restoran, tempat parkir, AC, dll.

3. Hotel Segara Anak

Segara Anak Hotel menawarkan akomodasi yang nyaman bagi Anda yang ingin bermalam. Hostel ini juga dekat dengan pantai. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat bermalam adalah AC, tempat parkir yang luas, keamanan 24 jam, dll.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Kredit gambar: Google Maps Winda Harsanti

Pantai Telawas memang cukup tersembunyi. Memiliki kontur perbukitan karang dan jarak tempuh yang cukup jauh dari kawasan perkampungan. Saat melakukan pantai tidak sepenuhnya diberdayakan.

Fasilitas yang bisa ditemukan di pantai memang kurang memadai. Anda hanya akan menemukan fasilitas berupa toilet umum. Sedangkan untuk fasilitas lain seperti gazebo, mushola, dll belum dikembangkan.

Namun, meski fasilitasnya sangat terbatas, pemandangan yang ditawarkan Pantai Telawas tentu tidak akan membuat Anda kecewa saat memutuskan untuk ke sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button