Pameran UMKM di Kudus, Jawa Tengah, menghadirkan pelaku ekonomi dari tiga kabupaten - WisataHits
Jawa Tengah

Pameran UMKM di Kudus, Jawa Tengah, menghadirkan pelaku ekonomi dari tiga kabupaten

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS – Pameran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar di Alun-alun Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dengan dukungan perusahaan swasta, akan menampilkan para pelaku ekonomi dari tiga kabupaten.

“Total ada 75 gerai penjualan UKM dari Kabupaten Kudus, Jepara dan Pati,” kata Ketua Panitia Mingguan “UMKM” Kudus Andre Herdiandi Kudus, Rabu (24/8/2022).

Produk UMKM yang dipamerkan pada 10-11 September 2022 mulai dari kerajinan tangan, termasuk yang dibuat oleh penyandang disabilitas, hingga kuliner jadul dan pariwisata dari ketiga kabupaten tersebut.

Ia mengungkapkan, acara tersebut dirancang seperti bazar kreatif yang digelar dalam rangka HUT ke-75 PT Sukun.

Dari puluhan gerai yang disediakan, antara lain 40 gerai pelaku UMKM yang disponsori oleh Kamar Dagang Industri (Kadin) Kudus, kemudian 10 UMKM yang disponsori oleh Kadin Pati, 10 UMKM yang disponsori oleh Kadin Jepara, dan 15 UMKM yang didukung oleh pabrik rokok.

Untuk mengunjungi pameran, kata dia, tidak ada tiket, sehingga pengunjung bisa mengunjungi kawasan Kudus UMKM Week dengan leluasa. Berbagai hiburan dan aktivitas menarik juga akan dihadirkan.

Diantaranya adalah pameran Kudus Fashion Week yang menampilkan puluhan model, dari puluhan hijab ternama hingga lomba seni Barongan Kudus.

Melalui kegiatan tersebut ia optimis akan banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang karena dikenal masyarakat luas. Selain itu, bertepatan dengan penyelenggaraan Tour De Muria 2022 yang menarik lebih dari 600 pembalap dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk menunjukkan produknya, kami optimis akan terjadi perputaran ekonomi yang besar di sana,” ujarnya.

Corporate Secretary PT Sukun Deka Hendratmanto mengatakan, seluruh jajaran berharap melalui kegiatan ini seluruh potensi daerah dapat ditingkatkan sehingga pelaku UMKM di Kabupaten Kudus, Jepara dan Pati dapat semakin berkembang.

Pengurus, lanjutnya, akan tetap berkomitmen untuk pengembangan UMKM, khususnya di Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

“Melalui kegiatan ini kami ingin maju bersama mereka, kami rasa potensi lokal di kudu, jepara dan pati sangat melimpah dan sangat menarik, sehingga sayang sekali jika hal ini tidak diperhatikan oleh khalayak luas. Jadi melalui kegiatan ini kami berharap semua orang bisa mengangkat dengan baik,” ujarnya.

Sumber: Antara

Source: republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button