Pj Bupati berbicara tentang potensi laut Buleleng di Ocean20, rangkaian kepresidenan G20 Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Pj Bupati berbicara tentang potensi laut Buleleng di Ocean20, rangkaian kepresidenan G20 Indonesia

Senin, 14 November 2022 | 18:33 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Badung, InfoPublik – Plt Bupati Buleleng, Bali, Ketut Lihadnyana menjadi pembicara dalam event internasional Ocean20 (O20).Peluncuran Kemitraan Aksi Agenda Biru NasionalRangkaian kepresidenan G20 Indonesia tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut, Lihadnyana memaparkan potensi laut Buleleng dan kegiatan yang dilakukan untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Kegiatan O20 ini berlangsung pada Senin (14/11/2022) di Gedung Pertemuan Pecatu 2, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung.

Lihadnyana menjelaskan, Buleleng memiliki potensi bahari yang sangat besar. Karang laut terbaik terletak di Buleleng bagian barat, yaitu di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak. Buleleng juga memiliki atraksi lumba-lumba.

Kedua potensi tersebut saat ini sedang dimaksimalkan sebagai wisata bahari. Buleleng juga merupakan sentra perikanan budidaya untuk ikan kerapu, kakap dan lobster.

Selain itu, Buleleng merupakan penghasil ikan bandeng terbesar di dunia. Semua budaya ini berada di Buleleng bagian barat.

Tidak bisa dipungkiri karena Buleleng memiliki garis pantai terpanjang di Bali. Tentu ada nelayan yang tidak bisa lepas dari jebakan kemiskinan.

“Oleh karena itu, program kebijakan Kabupaten Buleleng lebih menekankan pada aspek self-determination. Kemudian untuk perlindungan lingkungan,” jelasnya.

Perlindungan air juga dilakukan di Kabupaten Buleleng. Dimulai dari Desa Bondalem Kecamatan Tejakula di wilayah timur hingga ujung barat di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak. Desa Bondalem memiliki terumbu karang yang sangat bagus.

Konservasi dimulai di sana, sehingga terjadi pergerakan ekonomi biru (ekonomi biru) di sana. Begitu juga di Desa Pemuteran.

“Jadi kalau melihat jadwal tahun 2008-2014 dan 2014 sampai sekarang, kita dorong untuk perlindungan lingkungan dan pembangunan ekonomi, baik di bidang perikanan maupun pariwisata,” kata Lihadnyana.

Dengan melihat profil dan potensi Kabupaten Buleleng, Lihadnyana bertujuan untuk mempromosikan hal tersebut. Bahwa Buleleng memiliki potensi kelautan yang luar biasa dan pertumbuhan ekonomi di bidang kelautan juga luar biasa.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan wisata baru yaitu penenggelaman eks KRI Ki Hajar Dewantara 364 di Buleleng Timur.

Kemudian digunakan sebagai tempat menyelam. Replika kapal juga sedang dibangun di darat. Dengan begitu, wisata bahari di Buleleng akan meningkat. Semua upaya ini untuk pengembangan ekonomi biru di Buleleng.

“Sehingga terjadi keseimbangan ekonomi antara Bali Utara dan Bali Selatan,” tambah pria yang juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali (MC Kabupaten Buleleng/dra/toeb).

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button