Pameran keliling Museum Ranggawarsita di Klaten - WisataHits
Jawa Tengah

Pameran keliling Museum Ranggawarsita di Klaten

KLATEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menggelar pameran keliling di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita di Kabupaten Klaten. Museum Keliling bertajuk Museum Dolan Klaten dibuka secara resmi oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Gedung Sunan Pandanaran, Kamis (8/4/2022).
Selain Museum Ranggawarsita dalam pameran, ada Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jawa Tengah, Museum Samudra Raksa, Expo SMK, Kisah Tanah Jawa dan KKMU Klaten.
Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan Museum Dolan Klaten yang pertama kali menandai Museum Ranggawarsita di Jawa Tengah sekaligus merayakan HUT ke-218 pemerintahan Klaten.
“Mudah-mudahan bisa menambah hasanah anak-anak kita karena di sini (di museum) banyak replika museum di Provinsi Jawa Tengah. tersaji lengkap agar anak-anak kita bisa masuk TK, SD, SMP, SMA/SMK. Saya berharap karena ini akan berlangsung mulai (08/04/2022) saya akan meminta kepala dinas pendidikan untuk berkoordinasi dengan kepala sekolah apakah dia akan hadir di sini (museum),” jelasnya.
Dijelaskannya, museum merupakan pusat kemajuan budaya sekaligus ruang edukasi yang menyenangkan, apalagi jika masuk ke museum ini gratis.
“Semoga (Pameran Museum Mobil Ranggawarsita) dapat mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya dan UMKM. Harapan saya bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Klaten,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Biro Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah mengatakan pameran keliling Museum Dolan Klaten mengangkat tema museum dan menginspirasi masa depan saya.
Ia menjelaskan, kehadiran Museum Ranggawarsita merupakan salah satu inspirasi yang bisa meningkatkan museum-museum yang ada di Kabupaten Klaten.
“Kami berharap museum ini dapat menjadi salah satu objek, tidak hanya untuk pariwisata, tetapi juga untuk studi karakter di tanah air, khususnya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten, dan sumber belajar dari TK, SD , keinginan SMP dan SMA/SMK serta industri kreatif semakin meningkat,” ujarnya.
Direktur Museum Ranggawarsita Djoko Nugroho Witjaksono mengatakan, kehadiran pameran keliling di Museum Ranggawarsita ini mampu memperkenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita dan enam Situs Warisan Dunia di Jawa Tengah dengan Kota Klaten.
Ia menyebutkan enam situs warisan dunia yang representasinya berada di Jawa Tengah, antara lain Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan, Batik, Keris, dan Wayang.
“Kami persembahkan untuk masyarakat Klaten agar lebih bangga lagi menjadi warga Jateng,” pungkasnya.

(ttr/kominfo-klt)

baca: 7 kali

Source: klatenkab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button