Mari Desa Dolan Samin Sambongrejo desa wisata terbaik di Blora - WisataHits
Jawa Tengah

Mari Desa Dolan Samin Sambongrejo desa wisata terbaik di Blora

BLORA || Bratapos.com – Jika Anda menghabiskan akhir pekan di Blora, kini Anda tidak perlu bingung mencari tempat berlibur bersama keluarga atau teman. Tidak perlu jauh-jauh dari kota, di Blora kini sudah ada desa wisata yang layak dikunjungi bersama. Namanya Desa Wisata Sambongrejo di Kecamatan Sambong.

Tak hanya terkenal dengan kearifan lokal Kampung Samin, Desa Wisata Sambongrejo juga terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik di Kabupaten Blora pada Festival Desa Wisata Blora 2022.

Di tingkat Jawa Tengah, Sambongrejo juga berhasil masuk 10 besar desa wisata terbaik yang saat ini sedang melalui tahap evaluasi selanjutnya. Di sini wisatawan bisa mengikuti fam trip, belajar banyak tentang kearifan lokal Sedulur Sikep (Samin), belajar peternakan, membatik dan kuliner tradisional desa. Beberapa keluarga angkat bahkan disediakan.

Seperti rombongan turis yang mengikuti fam trip akhir pekan lalu. Sesampainya di gerbang Kampung Literasi Sedulur Sikep Samin Sambongrejo, wisatawan langsung disambut dengan musik tradisional blek gendang. Yang dimainkan oleh anak-anak muda dengan tembang jawa.

Selanjutnya rombongan mendapat welcome drink teh Cangkruk. Sejenis minuman tradisional khas Kampung Samin yang terbuat dari tanaman secang yang dicampur dengan jahe dan bahan lainnya.

Sebelum memasuki kawasan utama Kampung Samin, semua wisatawan diajari memakai tiket Samin atau ikat kepala (udeng). Mbah Pramugi Prawiro Widjojo, sebagai anak tertua dari Sedulur Sikep Sambongrejo, juga bergantian mengenakan ikat kepala pada para tamu.

“Ini melambangkan bahwa kami telah menyambut tamu wisatawan sebagai saudara kami di desa ini dan bersedia mengikuti rangkaian wisata budaya dan pendidikan di sini,” kata Mbah Pramugi.

Rombongan wisatawan diajak berjalan-jalan melewati jalanan desa yang tertata rapi dan bersih. Pendopo Agung Desa Samin dihiasi ornamen topi gunung.

Bangunan Pendopo Agung yang berbentuk seperti atap joglo merupakan tempat pertemuan utama Sedulur Sikep. Para wisatawan dipersilakan untuk duduk di lesehan dan mendengarkan cerita sejarah Sedulur Sikep (Samin) dengan segala pelajaran dari kehidupan dan tradisinya.

Sambil mendengarkan cerita Mbah Pramugi dan berdialog, disajikan jajanan pasar dan menu makan siang khas desa Samin yang disiapkan oleh tangan-tangan terampil ibu-ibu desa.

Dimulai dengan penganan berupa pita dibungkus daun ploso, gethuk, ubi rebus, pisang, kacang rebus dan aneka buah-buahan. Sedangkan menu makan siang yang disajikan terdiri dari dua jenis nasi. Ada nasi beras dan nasi jagung. Sebagai pelengkap, gunakan sayur lodeh tewel, sayur bubur, asam jawa, bothok, pelas, ikan asin goreng, tempe goreng, dan sambal ala kampung.

Semua secara tradisional disajikan dalam pot tanah liat. Piring makannya juga menggunakan piring tanah liat dengan alas terbuat dari daun pisang atau daun jati. Minuman air yang disajikan dengan kendi melengkapi kesegaran kuliner desa Samin ini.

Suara lembut musik lesung yang dimainkan oleh ibu-ibu Sedulur Sikep (Samin) menambah keceriaan suasana desa yang asri. Wisatawan bahkan dapat berlatih menembakkan mortir bersama dan memainkan lagu.

Tak perlu dikatakan, tanpa disadari, bagian-bagian tubuh mulai bergoyang mengikuti musik lesung. Banyak turis kemudian menari bersama.

Setelah perut kenyang, wisatawan masih bisa mengikuti kegiatan edukasi mengolah tempe khas daun jati. Sekaligus belajar membatik di rumah batik tempat pembuatan kain batik khas Sedulur Sikep Samin.

Jika memilih menginap, masih banyak lagi program edukasi yang bisa diikuti wisatawan. Seperti praktik berkebun di kebun jeruk dan kebun sawo organik, rumah kaca tomat dan melon. Beternak kambing etawa, penggemukan sapi, renang lele dan praktek olahan turunannya.

“Baru kali ini saya ke Blora dan mengikuti fam trip di Desa Wisata Sambongrejo. Ternyata Desa Samin Blora bagus banget. Kita bisa mempelajari budaya Sami secara lengkap untuk kuliner dan UKM. Padahal sebelumnya kita menganggap Samin itu primitif dan kuno. Beda, worth to visit,” kata Anton, pengunjung dari Grobogan.

Secara terpisah, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., saat dihubungi, Senin (21/11/2022), menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan dan promosi Desa Wisata Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

“Pemerintah Kabupaten siap mempromosikan dan mendukung pengembangan Desa Wisata Sambongrejo. Alhamdulillah saya bisa menembus 10 besar se-Jawa Tengah. Semoga bisa menginspirasi desa-desa lain di Blora yang sebenarnya punya banyak potensi juga. Dengan adanya desa wisata seperti ini tidak hanya mendorong kearifan lokal tetapi juga tumbuhnya industri kreatif masyarakat. Top Desa Wisata Sambongrejo,” kata bupati.

Pihaknya mengakui setiap kali ada tamu dari pusat maupun kunjungan dari luar daerah. Selalu diajak untuk mampir dan menikmati khasanah budaya dan kuliner Kampung Samin Sambongrejo. Berikut desa-desa unik lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Porabudpar Blora, Dr. Kunto Aji mengatakan hingga saat ini sudah ada 18 desa wisata di Kabupaten Blora. Namun tidak semuanya dapat tampil maksimal, sehingga perlu pembinaan secara terus menerus agar dapat berkembang bersama seperti Desa Wisata Sambongrejo.

Wartawan: Bambang

Penerbit: India

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button