Pada Indonesian Night di Daegu, Korea Selatan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan Songket Sumsel - WisataHits
wisatahits

Pada Indonesian Night di Daegu, Korea Selatan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan Songket Sumsel

Pada Indonesian Night di Daegu, Korea Selatan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan Songket Sumsel

Piknikdong.com – Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo mempromosikan kain songket yang berasal dari Sumatera Selatan pada acara Malam Indonesia di Daegu, Korea Selatan pada 14 Juni 2023.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela saat memberikan ucapan selamat di Indonesian Night mengatakan, kain songket yang ia promosikan merupakan produk UMKM binaan kantor perwakilan Bank Indonesia, di Provinsi Sumatera Selatan.

Wakil Menparekraf promosikan kain Songket dari Sumsel selama Wamenparekraf promosikan kain Songket asal Sumatera Selatan pada ‘Indonesian Night’ di Daegu, Korea Selatan, Foto: Kemenparekraf

Songket memiliki desain bintang merah muda yang melambangkan cinta dan kasih sayang.

“Dan mengapa ini begitu istimewa? Karena kain jenis ini memiliki aspek sejarah dan budaya serta ada cerita di baliknya, dimana setiap pola memiliki makna dan mewakili sebuah momen dalam sejarah.

Apalagi masyarakat yang membuat kain jenis ini didominasi oleh kaum wanita.

Jadi, dengan mendukung industri budaya ini, kami memberdayakan perempuan dan mempromosikan inklusivitas.”

kata Angela Wamenparekraf.

Angela juga menambahkan, kain tradisional yang ditampilkan di Indonesia Night merupakan contoh nyata bagaimana budaya dan kreativitas saling melengkapi dan menambah nilai.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenparekraf juga menjelaskan bahwa unsur budaya yang melekat pada industri kreatif akan menumbuhkan rasa toleransi dan ini sangat dibutuhkan.

“Kita membutuhkan pertukaran yang lebih terkontrol di seluruh industri kreatif, termasuk Indonesia.

Dan sangat menggembirakan melihat semangat kolaboratif ekonomi kreatif antara para pemimpin dari banyak tokoh dan semua pemangku kepentingan WCIF saat ini”

ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Indonesia Night adalah malam sosial yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul dan didukung oleh Bank Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Indonesia Night masih menjadi bagian dari 4th World Cultural Industry Forum 2023.

Tujuan diadakannya Indonesian Night adalah untuk memperingati 50 tahun hubungan Indonesia-Korea Selatan dan menampilkan budaya dan keragaman Indonesia di panggung dunia.

Dalam acara tersebut, delegasi Indonesia dan tokoh-tokoh penting dari Korea Selatan juga mendapatkan literatur tentang UMKM dari Bank Indonesia.

Indonesian Night juga menampilkan grup musik Linkrafin asal Jember, Jawa Timur.

Grup musik ini berhasil memukau para tamu dengan musikalitas para artisnya dengan membawakan lagu-lagu Indonesia dan diakhiri dengan lagu-lagu Korea.

Selain itu, ada juga penampilan dari Zayyan, warga asli Indonesia yang tergabung dalam boyband Xodiac asal Korea Selatan.

“Kami akan menunjukkan betapa beragamnya musik Indonesia, dengan musisi muda kontemporer kreatif asal Jawa Timur, Linkrafin dan tentunya Zayyan, anggota grup K-pop Xodiac asal Indonesia yang debut pada April lalu.

Jadi, ini akan menunjukkan kepada Anda keragaman, potensi, dan kumpulan bakat yang ditawarkan Indonesia untuk berkontribusi pada industri musik global.

ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button